Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Kebiasaan yang Membuat Kamu Tetap Bugar

Ilustrasi (Foto: istockphoto)

Menjaga gaya hidup yang sehat dan tetap bugar tidaklah mudah. Untuk menerapkan gaya hidup sehat, kamu dituntut untuk lebih disiplin, beradaptasi dan kesabaran yang dibutuhkan untuk terus menjalaninya. Semakin bertambah usia, maka akan semakin sulit untuk tetap menjaga kebiasaan yang sehat. 

Hal-hal akan berubah seiring berjalannya waktu, jadi bersiaplah untuk beradaptasi dengan gaya hidup baru. Untuk itu terapkan 10 kebiasaan berikut ini untuk membuat kamu tetap bugar dan tidak mudah lelah. 

1. Tidur yang cukup

Jangan remehkan soal jam tidur. Kamu perlu mendapatkan tidur yang nyenyak selama 7-8 jam setiap malam. Tidur akan memulihkan tenaga kamu yang terkuras, baik itu karena olahraga, pekerjaan, stree dan lain-lain.

Tidur sangat penting untuk meningkatkan performa tubuh dan kesehatan mental. Dengan tidur yang cukup, maka kamu akan senantiasa mendapatkan tubuh yang bugar. 

2. Beraktivitas di pagi hari

Saat kamu bangun pagi, lakukan sesuatu yang menjadi rutinitas rutin di pagi hari. Sederhana saja seperti mandi, merapikan tempat tidur, membuat sarapan, makan sarapan yang bergizi. Setelah itu baru dilanjutkan dengan aktivitas lain seperti pergi bekerja atau sekolah. 

3. Kurangi gula

Seperti yang kamu tahu, gula sering dikaitkan dengan hal negatif. Jadi hentikan kebiasaan mengonsumsi gula secara berlebihan. Minum kopi atau teh dengan tambahan sedikit gula saja tanpa pemanis buatan. Pilihlah sepotong buah dari pada semangkuk eskrim. Mengonsumsi makanan dan minuman dengan gula boleh saja, asal tidak berlebihan dan terus-menerus.

4. Perhatikan makanan kamu

Banyak orang yang mengontrol makanannya untuk diet. Cara mudah untuk hidup sehat dan bugar adalah memperhatikan apa yang kita makan. U.S. News & World Report menyarankan untuk membuat pola makan yang sehat berbasis nabati. Tidak harus vegetarian atau vegan, tetapi mengonsumsi sayuran dan tidak terlalu sering makan daging, roti, dan lemak akan lebih baik.

5. Lebih sering memasak

Kamu harus rajin-rajin memasak makanan sendiri untuk kamu santap. Jangan bergantung pada makanan cepat saji, karena kamu tidak akan dapat mengontrol apa yang masuk dalam makanan kamu.

Cara terbaik untuk menjalani hidup sehat adalah dengan masak makanan sendiri. Menurut jurnal Public Health Nutrition, makan lebih banyak makanan yang dimasak di rumah meningkatkan kemungkinan kamu menjalani diet  berkualitas lebih tinggi. Kamu bahkan bisa menurunkan berat badan. Satu-satunya "aditif" dalam makanan yang kamu  siapkan adalah yang kamu tambahkan sendiri.

6.  Temukan cara untuk menghilangkan stres

Kamu harus bisa mengurangi dan mencari jalan keluar dari masalah yang kamu hadapi. Kamu bisa melakukan hobi kamu atau jalan-jalan untuk menghilangkan stress. Kebiasaan yang disarankan adalah olahraga seperti angkat beban atau lari untuk mengusir stres. Kamu juga bisa melakukan yoga atau meditasi untuk penghilang stress lainnya.

7.  Kurangi duduk, perbanyak bergerak

Jika pekerjaan kamu melibatkan banyak dan harus duduk 90 persen selama bekerja, ini dapat merusak kesehatan tanpa kamu sadari.

Menurut Mayo Clinic, duduk terlalu banyak meningkatkan risiko dan sejumlah kondisi, terutama penyakit jantung. Meskipun kamu berolahraga selama 30 menit setiap hari, menghabiskan delapan jam berikutnya atau lebih hanya duduk di meja berarti 30 menit kebugaran itu hampir tidak terhitung.

Idealnya, kamu harus berdiri dan berjalan beberapa langkah setidaknya setiap jam (lakukan beberapa menit!).

8. Minum air lebih banyak

Kurang minum air dapat menyebabkan kelelahan mental dan fisik. Penelitian juga menunjukkan minum lebih banyak air sepanjang hari, dapat membantu kamu  menurunkan berat badan. Banyak orang sering mengabaikan rasa lapar dan haus, dan akhirnya makan lebih dari yang mereka butuhkan karena mereka memilih makanan bukan segelas air. 

9. Habiskan waktu di luar ruangan

Pergi ke luar lebih baik untuk kesehatan kamu secara keseluruhan daripada yang kamu kira. Catatan Rodale's Organic Life menghabiskan waktu di luar ruangan dapat membantu meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres dan kecemasan, dan meningkatkan asupan vitamin D. Sedikit udara segar, bahkan selama 15 menit, dapat berdampak besar pada suasana hati kamu dan menjauhkan kamu dari stres dan kebisingan di dalam ruangan yang sempit.

Di tengah pandemi covid-19 tidak disarankan sering keluar rumah ya.  Sesekali saja keluar untuk mencari udara segar, tapi tetap hindari kerumunan dan pakai maskernya gaes, jangan lupa cuci tangan selalu. 

10. Belajar mencintai olahraga

Terakhir, kamu perlu berolahraga. Dan belajarlah untuk menyukainya. kamu mungkin seorang pelari, pengangkat, perenang, atau pejalan kaki. Terlepas dari itu, penting untuk mengembangkan kecintaan pada aktivitas fisik, dan menjadikannya hal yang utama dalam hidup kamu dalam berbagai aspek.

Apa pun itu, kamu pasti ingin "kecanduan" pada beberapa jenis aktivitas fisik. Dalam jangka panjang, kamu akan mempersiapkan diri kamu untuk sukses. Ajari diri kamu untuk memandang olahraga dan kebiasaan lainnya sebagai bagian sederhana dari harimu dan sesuatu yang Anda sukai daripada tugas yang harus diselesaikan.

Nah itulah 10 kebiasaan yang membuat kamu tetap bugar dan harus mulai kamu terapkan untuk hidup yang lebih sehat. Terlebih di masa pandemi yang menuntut kita untuk selalu sehat, jadi jaga gaya hidup sehat kamu dan mulailah terapkan kebiasaan di atas.

M

Rahmariz
Rahmariz Menulis Untuk Kesenangan!

1 comment for "10 Kebiasaan yang Membuat Kamu Tetap Bugar"