Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jarang Diketahui Orang, Ternyata Ini 7 Manfaat Olahraga Pagi

Manfaaat Olahraga pagi
Foto: istockphoto.com

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa olahraga mempunyai manfaat baik untuk tubuh. Beberapa orang membagi waktunya di sore atau malam hari untuk bisa berolahraga sepulang kerja.

Tetapi, tahukah kamu bahwa olah raga pagi mempunyai manfaat yang lebih baik untuk mengawali hari? Jika kamu masih ragu, berikut ini 7 manfaat olah raga pagi yang bisa kamu peroleh.

1. Meningkatkan mood

Jika kamu bangun dengan perasaan yang tidak enak, kemungkinan besar mood atau suasana hati kamu akan ikut terpengaruh. Olahraga pagi bisa membentuk suasana hati kamu kembali baik.

Saat kamu berolahraga, otak akan menghasilkan hormon serotonin. Serotonin akan membuat otak merasa bahagia. Ini yang kemudian membentuk suasana hati kita.

Selain itu, otak juga melepaskan neurotransmiter dan hormon lain termasuk endorfin, dopamin, norepinefrin. Dopamin pada dasarnya dikaitkan dengan apapun yang membuat kita merasa baik. 

2. Memiliki lebih banyak energi dan waspada

Manfaat olahra pagi lainnya berdampak pada sistem saraf pusat untuk meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Olahraga teratur dengan intensitas rendah seperti jogging atau jalan-jalan santai dapat meningkatkan energi hingga 20 persen.

Olahraga pagi bisa menjadi suplemen energi karena meningkatkan aliran darah dan membantu memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan otot. Jadi, manfaat olahraga bisa menggantikan ketergantungan kamu pada minuman energi seperti kafein. 

3. Membantu peningkatan percaya diri

Salah satu manfaat okahraga pagi dalam jangka panjang adalah meningkatkan rasa percaya diri. Jika rutin olahraga pagi secara teratur, kamu bakal terlihat lebih sehat dan bugar.

Kepercayaan diri yang baik akan sangat membantu meningkatkan produktivitas dan kehidupan sosial. Interaksi kamu ke orang lain tidak canggung.

4. Membantu menghilangkan lemak

Saat berolahraga, tubuh menggunakan energi sebagai bahan bakar. Sumber bahan bakar di dalam tubuh ini dapat disimpan sebagai karbohidrat, protein, atau lemak.

Ini ada hubungannya dengan oksidasi yang merupakan proses penggunaan bahan bakar tubuh. Sebuah studi menunjukkan, tingkat oksidasi lemak atau pembakaran lemak bahan bakar terbentuk dari orang yang berolahraga sebelum sarapan. Membakar lemak tubuh bakal membantu penurunan berat badan kamu.

5. Mengurangi risiko diabetes

Manfaat olahraga pagi lainnya terutama sebelum sarapan adalah meningkatkan resistensi insulin yang berkaitan dengan pengurangan risiko penyakit diabetes.

Ketika kamu mengonsumsi makanan berkarbohidrat, saluran pencernaan tubuh memecahnya menjadi gula yang masuk ke dalam darah. Ini meningkatkan kadar gula dalam darah kita. Sementara orang yang berolahraga tanpa sarapan akan membantu peningkatan sensitivitas insulin.

6. Olahraga menjadi rutin

Sebuah studi dikutip dari Health Psychology menemukan bahwa olahraga pagi akan membantu kamu lebih teratur dalam melakukan olahraga.

Pagi hari adalah waktu di mana kebanyakan orang terbiasa teratur. Sebagai contoh, kamu pastinya rutin bangun antara jam 5-6 pagi. Ini sudah menajdi kebiasaan yang tanpa kamu sadari ternyata berbeda saat sore hari. Kamu mungkin mempunyai rencana lain yang mendadak dilakukan saat pulang kerja atau pulang sekolah.

Akhirnya, waktu olahraga sore atau malam kamu sudah terganggu. Dengan olahraga pagi, kamu setidaknya tidak perlu khawatir apabila ada hambatan di siang hari.

7. Mengurangi stres

Pekerjaan yang menumpuk dan tekanan lainnya menjadi beban yang memicu stress. Secara umum, olahraga akan meningkatkan kesehatan mental.

Dengan olahraga pagi, kamu bisa melepas endorfin dari otak untuk mengurangi beban sepanjang hari yang akan dilewati. Selain itu, kamu akan menjadi aktif. Karena itu, cobalah untuk meluangkan waktu untuk olahraga pagi.

Itulah 7 manfaat olah raga pagi hari. Pagi adalah awal dari semua kegiatan yang akan menentukan kesuksesanmu. Karena itu manfaatkan waktu kamu sebaik mungkin untuk membantu semangat di pagi hari.

Rahmariz
Rahmariz Menulis Untuk Kesenangan!

2 comments for "Jarang Diketahui Orang, Ternyata Ini 7 Manfaat Olahraga Pagi"