Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tak Banyak yang Tahu! Susu Bisa Jadi Perawatan Kecantikan Dengan Cara Sederhana Ini

 

Сloudless morning Сloudless morning milk for beauty stock pictures, royalty-free photos & images

Tahukah kamu bahwa segelas susu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bahkan kecantikan? Susu nggak cuma sebagai sumber kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang dan gigi, tetapi juga memiliki beberapa manfaat luar biasa bagi kecantikan. Keajaiban dari susu ini bisa membuat kulit bercahaya dan tampak lebih muda karena kandungan di dalamnya yang bisa  memperlambat tanda-tanda penuaan, garis-garis halus dan kerutan.

Susu berfungsi meningkatkan produksi kolagen, mengurangi jerawat serta meningkatkan elastisitas kulit. Jadi, dengan minum rutin segelas susu dan menjadikan susu sebagai perawatan kecantikan untuk mendapatkan kulit yang lebih glowingdan lembut akan lebih efektif. Nah, gimana sih cara memanfaat susu sebagai perawatan kecantikan. Berikut manfaat dan cara pengaplikasiannya, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1.  Susu sebagai pelembab

Susu akan membantu kamu mengatasi masalah kulit kering dan bersisik. Susu akan mengembalikan kelembaban kulit yang hilang. Selain lembab, kulit akan terasa lebih halus juga lho.

Untuk menggunakan susu sebagai pelembab, gunakan kapas dan celupkan ke dalam cangkir berisi susu. Kemudian oleskan kapas yang dibasahi susu ke seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit, lalu cuci dengan air dingin. 

Tips tambahannya, kamu juga dapat menggabungkan susu dan pisang yang sudah dihaluskan untuk hasil yang maksimal. Lakukan hal yang sama secara rutin untuk hasil yang lebih baik.

2.  Susu sebagai pembersih 

Susu adalah pembersih yang sangat baik dalam menghilangkan semua kotoran dan sel kulit mati. Dengan menggunakan pembersih susu maka kulit kamu akan tampak bersih dan bercahaya. Susu juga berguna untuk mencegah komedo dan jerawat sekaligus melembabkan kulit, sehingga lembut dan kenyal.  

Untuk menggunakan susu sebagai pembersih, cukup ambil kapas, basahkan dengan susu, lalu oleskan dengan gerakan memutar. Ulangi proses ini selama lima menit, lalu basuh dengan susu hangat. 

3.  Susu sebagai scrub

Susu dapat digunakan sebagai scrub pengelupasan kulit yang efektif, karena membantu menghilangkan pori-pori yang tersumbat. Senyawa alami AHA yang ditemukan dalam susu memang sudah lama digunakan dalam banyak produk kecantikan. 

Untuk menggunakan susu sebagai exfoliator yang lembut, cukup tambahkan  sedikit madu ke dalam sedikit susu dan pijatkan ke pada bagian mana yang kamu inginkan. Basuh scrub ini dan dapatkan kulit yang lembut dan bercahaya.

4.    Susu sebagai penghilang kerutan

Bagi kamu yang ingin menghilangkan garis-garis halus dan kerutan, gunakan susu dan kamu dapat menghilangkan kerutan, karena susu mengandung asam laktat, dan susu membantu proses pencerah kulit. 

Untuk menggunakan susu sebagai penghilang kerutan, campurkan susu dengan jumlah yang sama dengan teh hijau.

Celupkan kapas ke dalam larutan susu dan teh hijau, kemudian oleskan ke seluruh kulit kamu yang berwarna kecokelatan. Diamkan selama 15 menit. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda harus mengulang ini tiga kali seminggu sebelum mandi.

 5.   Susu sebagai spa

 

Jika kamu mengalami kulit kaki yang kasar, maka hanya perlu sedikit susu untuk mendapatkan kaki yang lembut dan bersih.

Cara  menggunakan susu untuk spa untuk kaki, tambahkan air ke air hangat dan rendam kaki kamu di dalamnya. Gosok bagian yang diinginkan dengan bantuan batu apung untuk menyingkirkan kulit mati. Keringkan kaki dengan handuk yang lembut.

6.  Susu sebagai obat kulit kering dan bibir pecah-pecah

Susu adalah kesatuan dari lemak, protein, dan air yang dapat menggantikan kembali faktor pelembap alami yang hilang pada tipe kulit kering, meningkatkan elastisitas kulit, dan menjadikan kulit bercahaya dan lembab.

Untuk menggunakannya, oleskan  susu di seluruh wajah dan leher, diamkan hingga sepuluh menit, kemudian bilas dengan air dingin. Kamu juga dapat mencampur dua sendok makan susu dengan satu sendok makan madu dan satu sendok makan jus lemon. Oleskan pada wajah dan bibir yang kering, biarkan hingga mengering selama 10 menit.

7.   Susu sebagai Anti-ageing

Susu dapat mengatasi masalah kulit keriput. Ini karena susu mengandung enzim, protein, mineral dan vitamin.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu cukup mencampurkan  pisang yang sudah dihaluskan dan beberapa sendok makan susu. Oleskan pada seluruh wajah dan diamkan hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air. Masker ini akan menyamarkan garis-garis wajah dan juga akan membuat wajah tampak lebih cerah.

8.  Susu sebagai pembersih kulit sensitif

Ketika kulit kamu iritasi, maka hentikanlah pemakaian produk perawatan kulit. Pijat kulit wajah kamu dengan susu dua kali sehari. Apabila kulit kamu tidak rawan berjerawat, lanjutkan dengan kapas basah dan tepuk perlahan.

Nah, itulah delapan manfaat susu yang berguna untuk perawatan kecantikan kamu. Susu memang telah lama ditambahkan dalam berbagai produk kecantikan. Jadi, tidak ada salahnya bukan bukan mencoba langsung susu alami, tanpa harus mencampurnya dengan bahan kimia lainnya.

Sumber Foto: istockphoto.com

 


Rahmariz
Rahmariz Menulis Untuk Kesenangan!

Post a Comment for "Tak Banyak yang Tahu! Susu Bisa Jadi Perawatan Kecantikan Dengan Cara Sederhana Ini"