Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan, Cocok Untuk Diet!

Beragaram manfaat beras merah yang baik untuk kesehatan tubuh.

Cr: istockphoto

Secara umum nasi sudah menjadi kebutuhan paling utama dan pokok yang tidak akan pernah bisa terpisahkan. Di Indonesia khususnya, rata-rata masyarakatnya menjadikan nasi sebagai konsumsi utama yang tidak tergantikan. Walaupun sudah banyak jenis atau macam-macam makanan yang beragam.

Ada 3 jenis beras yang menjadi konsumsi masyarakat Indonesia yaitu beras putih, merah ,dan hitam. Tentu dari ketiga jenisnya tersebut mempunyai manfaat yang berbeda-beda, khususnya beras merah. Berbagai manfaat beras merah bagi kesehatan, salah satunya untuk diet.Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak di bawah ini.

1.  Mengurangi Kadar Kolesterol

Manfaat pertama untuk diet dari konsumsi beras merah adalah mengurangi atau menurunkan kolesterol. Karena di dalam beras merah terdapat kandungan minyak yang bermanfaat, guna menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Selain itu menurut penelitian, bahwa bisa dikatakan orang yang secara rutin dan teratur mengonsumsi beras merah dengan cara menyampurkan dengan beras putih, maka lemak dalam tubuh perlahan akan menghilang serta mengakibatkan turunnya berat badan.

2.  Mempunyai Kandungan Serat yang Tinggi

Manfaat selanjutnya dari beras merah yaitu mempunyai kandungan serat yang tinggi, jadi sangat bagus dan cocok bila kamu sedang melakukan diet atau program penurunan berat badan. Selain serat tinggi beras merah juga memilki kandungan karbohidrat yang lengkap atau kompleks.

Tentu kandungan karbohidrat tersebut berbeda jauh dengan kandungan yang ada pada beras pada umumnya, yaitu beras putih. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa dengan kandungan serat yang tinggi pada beras merah, maka sistem pencernaan jadi semakin lancar.

3.  Membuat Tidak Mudah Lapar atau mengenyangkan

Menurut data dari penelitian bahwa dengan mengkonsumsi beras berah yang notabene memiliki kandungan karbohidrat terbilang sangat kompleks, maka akan membuat kamu tidak mudah lapar atau cepat kenyang walaupun hanya sedikit memakannya.

Saat kamu memakan nasi dari beras merah, maka perhitungan penurunan kalori dalam per-harinya mencapai 320 kalori. Dengan demikian maka sangat dianjurkan untuk membiasakan diri selama jam makan siang atau malam, bisa mengganti konsumsi beras putih dengan beras merah.

4.  Sebagai Sumber Nutrisi yang Utama dan Sangat Baik

Untuk manfaat beras merah yang keempat untuk dijadikan diet adalah sangat bagus dikonsumsi, karena sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Ada banyak kandungan yang sangat baik dan tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh jika mengkonsumsi beras jenis ini.

Kandungan yang terdapat pada beras merah yakni zat besi sebagai penghasil sumber energi, enzim, zinc, serta antioksidan sebagai pelindung tubuh yang mencegah terjadinya kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu ada b6 yang menjadi penyeimbang terhadap pembentukan hormone serotonin.

5.  Meminimalisir Terjadinya Gejala Obesitas

Untuk manfaat beras merah terakhir, yang digunakan sebagai sarana pelaksanaan program diet adalah mampu mencegah terjadinya obesitas. Secara umum obesitas bisa dikatakan sebagai keadaan dimana meningkatnya berat badan secara signifikan.

Demi mengatasi hal itu maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi beras merah secara rutin. Karena dengan adanya kandungan glutathione peroxidase, enzim, serta antioksidan pada beras merah, mampu membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik pada seorang yang terkena obesitas.

Sebenarnya masih banyak mengenai manfaat beras merah bagi kesehatan, khususnya untuk diet. Maka dari itu sering-seringlah mengkonsumsi beras merah secara teratur, karena sudah terbukti bahwa beras merah mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Sehingga kesehatan pun dapat terjaga serta terhindar bisa terhindar dari penyakit-penyakit tertentu.

Rahmariz
Rahmariz Menulis Untuk Kesenangan!

Post a Comment for "5 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan, Cocok Untuk Diet!"