Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tempat Wisata Terbaru di Kampar Dengan Spot Foto yang Instagramable


Puncak Kompe di Kampar Foto: wisato.id 

Kampar adalah salah satu kabupaten yang beribu kota Bangkinang dan merupakan salah satu kabupaten di provinsi Riau, Indonesia. Kabupaten dengan luas lebih kurang 211.289,28 km² ini dijuluki bumi sarimadu dan dikenal juga dengan julukan serambi mekkah di provinsi Riau. 

Selain itu di Kampar sebenarnya juga banyak menyuguhkan tempat wisata dengan spot foto yang instagramable, meski tidak setenar tempat wisata yang ada di Indonesia lainnya. Akan tetapi bagi kamu para traveller yang suka berfoto ria, harus memperhitungkan tempat-tampat wisata baru yang ada di kampar berikut ini. Yuk, langsung saja simak. 

1. Ulu Kasok – Raja Ampat Kampar 

Cr image: bisniswisata

Raja ampat mini di atas danau ini dikenal dengan nama ulu kasok di kalangan masyarakat kampar. Julukan raja ampat ini bukan tanpa alasan, ini karena beberapa spot foto di tempat ini seolah-olah membuat pengunjung seolah-olah di raja ampat aslinya,yakni di Papua. 

Tempat wisata instagramable ini berlokasi di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Bagi traveller yang berasal dari Pekanbaru jaraknya berkisar 90 Km atau 2,5 jam perjalanan. Ulu kasok menyuguhkan keindahan layaknya destinasi wisata populer raja ampat dengan gugusan pulau yang dikelilingi oleh air. 

Bedanya, jika pulau-pulau di Raja Ampat dikelilingi oleh laut, sedangkan di Ulu Kasok kamu akan menemukan pulau-pulau kecil yang dikelilingi air danau. Dari jauh, Ulu Kasok sangat mirip dengan Raja Ampat yang penuh pulau karang berbalut lautan biru. 

Merangkum dari berbagai sumber, destinasi wisata ini menyediakan banyak spot foto yang bisa kamu manfaatkan untuk postingan instagram. Tiket masuk ke puncak ulu kasok sangat ramah di kantong, hanya 10ribu saja kamu sudah bisa berswa foto sepuasnya. Terdapat juga jasa foto dengan biaya 20ribu dengan hasil yang bagus. 

 2. Sungai Gulamo – Green Canyon 

Foto: genpi


Salah satu wisata yang viral di Kampar, tempat ini mirip dengan Grand Canyon Colorado yang terletak di Arizano, Amerika Serikat. Destinasi alam yang memesona ini berada, di Riau, tepatnya Kabupaten Kampar, tepatnya di daerah kawasan PLTA Koto Panjang, tepatnya di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Panorama alam yang masih asri menarik minat para traveller untuk mengeksplor dan berswafoto di sini. Tak heran juga, pada Tahun 2019, sungai Gulamo menjadi salah satu nominasi dalam daftar Surga Tersembunyi oleh Anugerah Pesona Indonesia. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu akan diajak menyusuri sungai yang indah dengan sampan. 

Setelah menyusuri sungai, maka kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun, ikon wisata sungai Gulamo ini. Dari kota pekanbaru, Sungai Gulamo – Green canyoon dapat ditempuh sekitar 2 jam setengah. Buat kamu yang penasaran dengan pesona wisata yang penuh spot foto cantik ini, kamu cukup bayar harga tiket 10ribu saja lho. 

3. Desa Buluh Cina 

Foto: Riaumagz

Desa buluh cina terkenal dengan pemandangan alam yang indah. Bahkan destinasi wisata ini dikenal bahkan sampai ke negara tetangga. Desa ini menyuguhkan berbagai tempat-tempat wisata alam yang menarik untuk berswafoto atau sekadar melepas penat. 

Di sini beberapa danau yang indah, hutan-hutan yang masih sangat asri serta aneka flora dan fauna yang cukup beragam di dalamnya. Desa Buluh cina dipisahkan oleh Sungai Kampar yang posisinya membelah d itengah-tengah desa, yakni diantara Dusun I dan Dusun II dengan Dusun III dan IV. 

Bagi kamu pecinta hiking, camping dan sebagainya, cocok banget menjadikan desa ini sebagai lokasi melakukan kegiatan alam. Terdapat pemandu kegiatan yang berasal dari masyarakat tempatan ,sehingga mudah untuk melakukan Wisata Hutan Desa Buluh Cina.

4. Sungai Sonsang – Wisata Ompang 

Foto: Youtube/Marda Silviana

Destinasi wisata yang penuh dengan bungai eceng gondok ini telah disulap menjadi wisata pematang yang sangat instragramble. Wisata Ompang Sei Sonsang yang tengah booming di Kampar saat ini berlokasi di Kampar, tepatnya di belakang Kantor Bupati lama kota Bangkinang. 


Bagi kamu yang senang dengan spot foto cantik, wisata yang satu ini perlu kamu kunjungi, dengan hanya Membayar uang kebersihan dan parkir sebesar Rp. 5000 perkepala. 

5. Puncak Kompe

Foto: wisato

Wisata alam yang satu ini juga menawarkan spot foto yang menarik bagi kamu yang suka berswafoto ria. Spot foto kamu akan berlatar belakang gugusan pulau yang juga menyerupai Raja ampat. Lokasi puncak Kompe berada tepat di kecamatan XIII Koto Kampar, jalan lintas Riau – Sumatera Barat. Tarif masuk objek wisata puncak kompe tidaklah mahal, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya tiket sebesar 10ribu. 

Aksesibilitas di atas Puncak Kompe pun sudah cukup memadai, mulai tempat parkir kendaraan, toilet, mushola dan beberapa gazebo yang juga manyajikan berbagai kuliner. Nah, itulah dia tempat-tempat wisata baru yang ada di Kampar, Riau, Indonesia. Bagi kamu yang suka wisata sekaligus foto-foto, tempat-tempat layak banget untuk dikunjungi dan memuaskan kamu dengan keindahan alamnya. 

Demikianlah informasi mengenai wisata terbaru yang ada di Kamar. Bagi kamu yang suka berkunjung ke tempat wisata, nggak ada salahnya nih menambahkan ke daftar list wisata yang akan kamu kunjungi. Selamat berwisata ria.

Rahmariz
Rahmariz Menulis Untuk Kesenangan!

11 comments for "5 Tempat Wisata Terbaru di Kampar Dengan Spot Foto yang Instagramable"