Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Makanan Hangat Khas Indonesia yang Cocok Dimakan Saat Musim Hujan

Rekomendasi makanan hangat khas Indonesia, cocok dimakan saat musim dingin tiba nih.

Rawon (Foto: pinterest.com)

Ketika musim hujan telah tiba, rasa-rasanya yang dibutuhkan hanyalah kasur, selimut tebal, baju panjang, dan tentunya yang tak kalah penting ialah makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Sambil menonton film atau membaca buku di rumah saat musim hujan, rasanya pasti sangat menyenangkan bila sambil makan-makanan yang hangat nan mengenyangkan. Berikut ini beberapa makanan hangat yang dapat kamu makan saat-saat musim hujan, Sobat:

1. Bakso 

pinterest


Siapa sih yang tidak tahu bakso? Makanan yang memiliki bola daging sebagai ciri khasnya ini menjadi makanan khas Indonesia yang hampir seluruh penjuru nusantara mengetahuinya. Bakso merupakan makanan yang begitu merakyat, pasalnya harga dari bakso sendiri begitu ramah dikantong dan sangat mudah untuk dicari. Jenis dari bakso sendiri bermacam-macam, ada bakso kuah, bakso mercon, bakso beranak, dan masih banyak kreasi bakso lainnya.

2. Soto 

cr: pinterest


Soto menjadi makanan hangat khas Indonesia yang cocok untuk dimakan saat musim hujan berikutnya. Makanan yang terbuat dari campuran sayuran, daging, dan beberapa bumbu rempah-rempah selalu sukses membuat badan terasa hangat acapkali memakannya. 

Apalagi soto ini dimakan bersama dengan teh hangat, pasti sangatlah nikmat. Sama seperti bakso, soto ini merupakan makanan yang memiliki beberapa jenis, di antaranya soto betawi, soto makassar, soto ayam, dan lain sebagainya.

3. Sayur Lodeh 

cr: pinterest


Makanan khas dari Jawa Tengah yang terbuat dari daun melinjo, kacang panjang, labu siam, sayuran lainnya, serta dicampur dengan kuah putih yang terbuat dari santan yang berpadu dengan bumbu khas dari sayur lodeh ini memang sangatlah cocok untuk disantap saat berada dalam keadaan yang dingin. Hidangan ini juga sangatlah cocok dimakan bersama dengan telur dadar, tahu goreng, dan tempe goreng.

4. Sop 

Cr: pinterest

Sop merupakan makanan berkuah yang memiliki rasa yang gurih dan sedap pada kuahnya. Sop sendiri memiliki jenis yang beragam, ada sop kambing, sop buntut, sop sayuran, dan jenis sop lainnya. Sop ini sangat cocok untuk kamu konsumsi saat hujan tiba, sebab selain lezat makanan ini juga mudah dibuat.  

5. Seblak 

cr: pinterest


Seblak kini menjadi salah satu makanan yang paling hits dikalangan anak muda. Selain memiliki ciri khas pada rasanya yang pedas, seblak sendiri juga sangat mudah untuk dikreasikan dengan beberapa bahan makanan lain dengan pembuatannya yang tidak ribet. 

Dengan beberapa bahan dapur seperti cabai, bawang merah, bawang putih, daun bawang, kencur dan bumbu dapur lainnya, kamu sudah bisa menghasilkan bumbu seblak yang enak.

6. Mie Godog Jogja 

cr: pinterest

Sudah bukan rahasia lagi jika mie godog atau mie rebus menjadi pilihan makanan yang dimakan saat musim hujan tiba. Salah satunya ialah mie godog jogja ini. Mie godog ini hampir seperti mie rebus pada umumnya yang di dalamnya terdapat telur yang berpadu dengan kuah kaldu ayam, serta taburan bawang goreng di atas mie yang membuat mie ini terasa semakin gurih.

7. Rawon 

Cr: pinterest

Kluwek merupakan bumbu khas yang ada di dalam rawon, bumbu ini memberikan cita rasa beserta tampilan yang khas pada rawon, yaitu warna hitam. Rawon sendiri merupakan makanan khas yang paling mudah ditemukan di daerah Jawa Timur yang biasa disajikan dengan irisan daging, tauge segar, dan telur rebus.

Itu tadi beberapa makanan hangat khas Indonesia yang bisa kamu makan ketika musim hujan tiba. Makanan-makanan tersebut sangatlah mudah untuk dibuat, kamu bisa melihat berbagai panduan resep di lintashaba.com, namun apabila kamu malas untuk membuatnya, kamu juga bisa memesannya lewat aplikasi order makanan atau langsung membelinya di rumah makan terdekatmu.

Rahmariz
Rahmariz Menulis Untuk Kesenangan!

Post a Comment for "7 Makanan Hangat Khas Indonesia yang Cocok Dimakan Saat Musim Hujan "