Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Renovasi Rumah Minimalis Agar Terlihat Lapang

 

Tips Renovasi Rumah Minimalis Agar Terlihat Lapang
Foto: istockphoto

Tips Renovasi Rumah Minimalis- Memiliki rumah minimalis atau kecil bukan berarti Anda tidak bisa membuatnya terlihat lebih mewah, megah, lapang serta nyaman untuk ditempati. Asalkan Anda bisa cermat dan  tahu bagaimana cara menata interior rumah kecil dengan tepat, pasti akan terlihat lapang.

Nah, untuk membuat rumah minimalis terlihat lapang, Anda tidak harus membayar desainer mahal untuk mengerjakannya. Anda bisa mengerjakannya sendiri dengan mengikuti 5 tips renovasi rumah minimalis berikut ini:

1. Mengatur kembali pencahayaan tiap ruang

Pertama buatlah rumah minimalis Anda terang! Trik ini merupakan cara mudah dan ramah biaya untuk membuat ruangan di rumah Anda terlihat lebih mewah dan kesan ruang yang tampak lapang, cukup dengan menambahkan lampu yang menarik dan ekspresif.

Condongkan pencahayaan ke bagian-bagian dengan bentuk menarik, detail desain, fokuslah pada pencahayaan yang menarik perhatian. Ini akan membuat kesan lapang di sebuah ruangan. Atur pencahayaan di berbagai ketinggian dan ukuran bohlam untuk menciptakan efek dramatis serta menghilangkan bayangan yang tidak menarik.

Disarankan bola lampu LED, karena hemat biaya dan hemat energi serta tahan lama, sehingga menghilangkan upaya untuk mengganti bohlam di rumah Anda lebih sering. Perlu diingat juga, jika Anda juga perlu tidak lupa mematikan lampu saat tidak menggunakannya atau sedang bepergian.

2. Menambahkan tanaman hidup

Tips renovasi rumah minimalis selanjutnya adalah menambahkan tananam hidup adalah cara yang mudah dan murah, guna menciptakan warna dan tekstur secara alami di rumah Anda. Dengan menambahkan vas dekoratif yang diisi dengan bunga atau dedaunan hijau, berarti Anda sudah menambahkan tingkat keramahan dan kenyamanan pada ruangan.

3. Memilih warna cat dinding yang cerah

Anda pasti sudah sangat sering mengupgrade warna-warna cat rumah yang cerah yang bisa membuat ruangan atau rumah kecil terkesan lebih luas dan lapang. Cara klasik ini ampuh untuk menyulap ruangan Anda terlihat lebih lapang.

Para ahli arsitektur dan desain interior merekomendasikan cat berwarna putih dan warna cerah lainnya, untuk diaplikasikan pada ruangan kecil agar menciptakan ilusi ruang yang luas.

Dengan warna cerah, rumah kecil akan terasa lapang, segar dan terang. Hindari pengaplikasian warna gelap, karena akan membuat rumah tampak semakin sempit. Hal ini disebabkan karena warna gelap yang bersifat menyerap sumber pencahayaan yang masuk, bukan memantulkannya. Alhasil rumah terlihat suram. Jadi tips renovasi rumah minimalis dengan memilih cat cerah sangat direkomendasikan untuk rumah Anda.

4. Mendesain interior dan furniture yang praktis dan multifungsi

Untuk membuat rumah Anda terlihat lapang sekaligus lebih mewah, minimalisirlah penggunaan perabot dan furniture yang tidak begitu diperlukan. Ketika mendekorasi rumah Anda dengan furniture dan aksesoris, pilihlah  jenis furniture minimalis yang praktis dan mulfifungsi. Anda bisa menggunakan meja berlaci atau kabinet yang dapat difungsikan sebagai lemari bersamaan. Furniture multifungsi juga dapat dipesan secara custom di penyedia furniture.

Cara terbaik untuk mendesain interior adalah bertanya pada diri sendiri, apa tujuan setiap benda dan perabot yang ada di rumah Anda. Jika Anda memiliki kursi tak terpakai  atau tidak digunakan sebagai tempat duduk, mungkin sudah waktunya untuk menyingkirkannya.

5. Meminimalkan dinding pemisah

Ruang tamu dan ruang keluarga bisa dipisahkan dengan furniture yang berkesan ringan seperti bufet atau partisi moveable yang rendah. Hindari penggunaan pembatas ruang yang besar dan memblokade cahaya, karena akan membuat ruangan tersebut tampak sesak. Atau bisa juga dengan dinding masif dari kayu triplek yang memisahkan ruangan dengan dinding tipis dan tidak memakan banyak ruang.

Demikianlah 5 tips renovasi rumah minimalis agar terlihat lapang. Terpenting tatalah ruangan serapi mungkin, hindari meletakkan barang secara sembarangan. Semakin rapi dan bersih rumah Anda, maka akan semakin nyaman ditinggali.

3 comments for "5 Tips Renovasi Rumah Minimalis Agar Terlihat Lapang"