Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Makanan Khas Palembang Selain Pempek, Tak Kalah Enak Lho!

Pempek Palembang (cr: pinterest)

Pempek merupakan makanan yang sangat identik dengan kota Palembang, Sumatera Selatan. Hampir semua orang yang berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan, tidak akan melewatkan kuliner khas satu ini. Namun sebenarnya, Palembang memiliki cukup banyak makanan khas, tidak melulu pempek. 

Kamu yang akan berkunjung ke Palembang, wajib banget mencoba makanan-makanan ini. Penasaran apa saja makanan khas Palembang lainnya yang tak kalah lezat dari pempek? Berikut ini ulasannya untukmu: 

1. Kemplang 


Kemplang merupakan makanan khas sejenis kerupuk yang cukup populer di masyarakat. Bahan utama untuk membuat kemplang terdiri dari ikan, tepung kanji, dan garam. Adonan yang dibuat dari bahan-bahan tersebut akan direbus hingga matang kemudian diiris tipis-tipis. 

Selanjutnya adonan akan dikeringkan di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Jika sudah kering, kemplang bisa dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. 

2. Tekwan 


Tekwan merupakan makanan yang hampir mirip dengan pempek karena terbuat dari bahan utama yang sama. Tidak hanya bahannya saja yang sama, kedua makanan tersebut juga memiliki cara pembuatan yang sama. 

Perbedaannya ada pada penyajian dimana pempek disajikan dengan tuko dalam ukuran besar, sedangkan tekwan disajikan dengan kuah, bawang goreng, jamur kuping, daun bawang, dan bihun. Selain itu, tekwan juga disajikan dalam ukuran yang lebih kecil. 

3. Mie Celor 


Buat kamu pencinta mie, mie celor menjadi makanan khas Palembang yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke kota ini. Mie celor merupakan campuran dari mie kuning yang ditambahkan dengan kuah santan. 

Ketika menyantapnya, Kamu juga akan disuguhi berbagai macam pelengkap dan topping seperti udang, tauge, telur rebus, daun bawang, seledri, ayam suwir, serta bawang goreng. 

4. Celimpungan


Celimpungan terbuat dari bahan dasar berupa ikan dan tepung kanji yang juga menjadi bahan dasar pembuatan pempek. Bentuknya bulat pipih dengan diameter kurang lebih 10 cm. Hal paling khas dari Celimpungan adalah kuahnya yang lezat. Kuahnya tersebut terbuat dari santan kelapa dengan berbagai macam rempah seperti bawang merah, kunyit, bawang putih, cabai, dan garam.

5. Martabak Har

Martabak memang makanan populer yang hampir ada di semua daerah di Indonesia. Namun martabak dari kota Palembang ini memiliki keunikannya tersendiri. Jika pada umumnya martabak telur disajikan dengan kuah cuka, maka lain halnya dengan martabak Har yang disajikan dengan kari kental. Cita rasa gurih dari kari tersebut akan semakin membuat Kamu ingin segera menyantapnya.

6. Lenggang

Sama seperti tekwan, lenggang juga bisa dibilang mirip dengan pempek yang sangat khas di Palembang. Perbedaan antara lenggang dan pempek ada pada proses memasaknya. Lenggang memiliki cara memasak yang cukup unik yaitu dengan cara dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar. Sedangkan cara penyajiannya sama saja dengan pempek yang menggunakan sambal cuka.

7. Kue Lumpang

Makanan terakhir yang wajib Kamu coba saat berkunjung ke Palembang adalah kue lumpang. Kue yang terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka ini, bisa menjadi camilan penutup makanan-makanan di atas. Dinamakan kue lumpang karena pada bagian tengahnya cekung seperti lumpang. Tambahan parutan kelapa di atas kue membuatnya semakin lezat untuk disantap.

Demikian informasi mengenai 7 makanan khas Palembang yang wajib Kamu coba jika berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan ini. Berjalan-jalan ke kota lain tanpa menikmati kuliner khasnya memang terasa kurang, jadi Kamu harus memanfaatkan dengan baik momen di Palembang untuk menikmati semua kulinernya. Selamat mencoba ya!

Source image: pinterest.com

Rahmariz
Rahmariz Menulis Untuk Kesenangan!

1 comment for "7 Makanan Khas Palembang Selain Pempek, Tak Kalah Enak Lho!"

  1. sering nyemil kemplang, tapi baru tau kalo kemplang makanan khas palembang. hahahaha

    ReplyDelete