Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Banyak Manfaat, Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Blog

Alasan kenapa harus punya blog
Foto: istockphoto

 Alasan Kenapa Harus Punya Blog - Blog merupakan platform yang memuat postingan pada halaman web. Blog biasanya berisi konten pribadi dalam bentuk artikel, foto maupun vidio ataupun ketiganya.  Singkatnya blog itu adalah salah satu situs yang isinya mengandung pemikiran penulis dan mempunyai krolonogis urutan postingan, dari konten terlama ke konten terbaru.

Seseorang yang melakukan aktivitas blogging disebut blogger. Sedangkan blogging merupakan aktivitas menulis dan mengelola blog. Menjadi blogger menyenangkan namun tidak mudah bagi sebagian orang. Ada juga beberapa yang menganggap blogging itu buang-buang waktu dan tidaklah penting. Tetapi dengan ngeblog kita dapat mengekspresikan perasaan, berbagi ide dan pengalaman, cerita dan pengetahuan kepada semua orang di dunia.

Baca Juga: Tips Mengatasi URL Blog yang Diblokir Facebook

Selain itu, ada banyak lagi manfaat yang didapat dari aktivitas blogging. Apa saja itu? Mari kita simak alasan kenapa harus punya blog berikut ini.

1. Personal Branding

Siapa sangka ternyata ngeblog dapat membantu kamu membangun kredibilitas personal. Jika dilakukan dengan benar dan menyanyikan konten yang berkualitas, tentu blogging dapat menghubungkan kamu dengan orang banyak. Ini merupakan suatu cara memposisikan diri sebagai pemikir utama.

Kamu ingin dikenal sebagai apa? Catat! Personal branding menceritakan kisah dan kesan yang diperoleh dari reputasi. Kamu bisa mengkombinasikan pengalaman, keterampilan, dan kepribadian dalam satu paket dengan blogging.

Ketika kamu konsisten membangun branding dengan aktivitas blogging, kamu bisa lebih mudah dikenal dan dipercaya, apalagi jika kamu selalu menyuguhkan konten yang memang banyak dicari dan dibutuhkan orang.

2. Meningkatkan kemampuan bercerita

Saat ini bercerita sudah menjadi bagian yang amat penting di bidang pemasaran. Dengan ngeblog kamu sudah pasti bercerita, ntah itu dengan gambar, kata-kata maupun video. Alasan  kenapa harus punya blog yaitu dengan ini kamu dapat meningkatkan kemampuan bercerita dengan lebih baik. Kamu bisa mengasah kemampuan itu dengan aktivitas blogging.

3. Manfaat berbagi

Berbagi sama dengan peduli. Blog bisa menjadi tempat berbagi yang paling menyenangkan. Dengan kamu berbagi informasi dan pengalaman, orang lain mungkin akan tertarik dengan apa yang kamu tulis dan belajar dari tulisan kamu. Secara tidak langsung, kamu telah menebarkan manfaat bagi banyak orang.

4.  Merawat ingatan

Setiap hari bahkan setiap saat, kita menerima atau mendapatkan informasi dari berbagai tempat dan hal. Setiap kepala berbeda cara dalam menyerap informasi. Nah, dengan aktif di blog, kamu bisa menyusun dan menulis informasi yang didapat. Selain bisa berbagi, hal ini berguna untuk ke depannya, barangkali suatu saat kamu sendiri membutuhkan informasi itu lagi.

5. Menghasilkan uang

Lho, bisa ya? Wooiya jelas bisa banget. Caranya gimana? Dengan konsisten ngeblog dan menghadirkan konten-konten yang disukai banyak orang, otomatis kamu bisa mendatangkan pengunjung atau visitor rutin untuk blog kamu. Setelah memiliki pengunjung rutin setiap harinya, kamu bisa memonetisasi blog kamu dengan iklan google. Dengan monetisasi iklan tentu kamu akan dibayar langsung oleh google.

Nggak Cuma itu aja jalan menghasilkan uang dari blog, ada lagi. Kamu juga bisa menyediakan ruang iklan untuk pihak yang ingin memasang iklan berbayar ke situs blog kamu. Semakin terkenal blog kamu, semakin banyak pula peminat yang mau memasang iklan dan tentunya kamulah yang memasang tarif.

Selanjutnya, kamu juga bisa memasang jasa kamu sendiri maupun berjualan diblog. Inilah manfaat dari personal branding tadi, jika kamu sudah dikenal dan menarik perhatian pengunjung dengan konten, tentunya banyak cuan yang datang, karena orang-orang juga akan tertarik dengan jasa dan produk yang kamu jual.

6. Meningkatkan skill menulis

Hal menarik yang bisa didapatkan dari blog mengasah kemampuan menulis. Apapun itu termasuk menulis harus dibiasakan agar skill semakin mumpuni. Seorang blogger tidak mesti harus seorang penulishandal, penulis pemula pun bisa memanfaatkan platform blogger untuk melatih kemampuan menulisnya.

Baca Juga: 10 Langkah Mudah Menjadi Penulis Untuk Pemula

Mungkin awalnya tidak akan begitu mudah, dengan sering melakukan aktivitas menulis maka semua akan terasa jauh lebih mudah. Kata-kata akan mengalir lancar, apabila kamu sudah terbiasa. Kalau masih bingung tentang inspirasi konten, kamu bisa memulai dengan berbagi pengalaman atau kisah menarik yang kamu punya.

7. Meningkatkan kepercayaan diri

Pada saat memulai aktivitas blogging mungkin kita akan merasa minder, karena merasa tidak sepiawai penulis yang telah lama berkecimpung di dunia blogging. Namun seiring berjalannya waktu, semakin sering kamu menulis, maka tulisan kamu pun akan semakin bagus. Hal itu tentu akan membuat kamu jadi lebih percaya diri dalam membagikan postingan blog kamu.

Tidak perlu patah semangat jika ada yang mengkritik tulisan kamu, kamu bisa menjadikannya sebagai cambukan untuk meningkatkan kualitas tulisan yang lebih baik lagi. Jangan down, kamu dapat mengambil manfaat dari krtitikan itu dengan semangat belajar lagi. Kuncinya adalah tetap percaya diri.

8. Membangun relasi

Di zaman serba digital ini, membangun relasi tidaklah sesulit yang kamu pikirkan. Dengan aktif di dunia blog, kamu tentu banyak berinteraksi dengan orang baru. Mulai dari pengunjung setia blog kamu, hingga teman-teman blogger lainnya. Biasanya dengan adanya forum diskusi antar blogger maupun pengunjung, kamu dapat bertukar ide dan membangun relasi dengan baik.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membangun relasi dengan perusahaan-perusahaan di luar sana, yang membutuhkan influencer untuk jasa maupun produknya. Jika konten kamu bagus dan dianggap bisa memasarkan jasa atau produk, tidak menutup kemungkinan untuk kamu jadi influencer dan bisa cuan dari sini.

Demikian alasan kenapa harus punya blog, semoga ulasan tadi bisa menjadi referensi  dan menjadi bahan pertimbangan bagi kamu semua. Salam blogger.

Rahmariz
Rahmariz Menulis Untuk Kesenangan!

7 comments for "Banyak Manfaat, Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Blog"

  1. Artikel yg menarik..

    https://www.nmutty.com/

    ReplyDelete
  2. Keren artikelnya, jangan lupa berkunjung ke www.daewinindonesia.com/blog yaa banyak informasi tentang skincare ❤️

    ReplyDelete
  3. Semuanya bener semua mbak👍 tpi yang paling penting sh bermanfaat,, jujur ane ngeblog awalnya untuk menghindari hal² negatif dan Alhamdulillah sekarang blog juga dah bisa ngasilin uang meskipun hanya untuk jajan 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas, share2 tips biar dpt jajan juga hehe.

      Delete
    2. Menginspirasi saya, terima kasih

      Delete