Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Bikin Ayam Krispi Ala Kentaki KFC

 

Cara Bikin Ayam Krispi Ala Kentaki KFC
Foto: istockphoto

Ayam adalah salah satu menu makanan yang paling banyak disukai orang. Ada banyak ide untuk mengolah ayam untuk menjadi sajian yang lezat. Salah satunya adalah ayam krispi. Ayam dengan rasa yang renyah ini biasanya banyak ditemukan di gerai KFC maupun restoran.

Meskipun begitu, jika kamu mau membuatnya sendiri caranya terbilang sangat mudah lho. Kamu juga bisa bikin ayam krispi ala kentaki KFC sendiri di rumah. Penasaran gimana caranya, simak saja ulasan berikut ini.

Bahan :

  • Ayam 1 kg (Potong-potong sesuai keinginan) 
  • Terigu protein sedang 1 kg 
  • Tepung bumbu 2 sdm   
  • Penyedap rasa 1 saset 
  • Air bersih untuk celupan 
  • Bumbu Marinasi 1 sdm

Alat yang dibutuhkan:

  • 1 baskom ukuran sedang sebagai wadah tepung 
  • Saringan atau ayakan tepung 
  • Wadah untuk air celupan 
  • Alat pengorengan dan pencapit

Disarankan untuk praktek pertama cukup 1 potong daging terlebih dahulu ya, jangan langsung banyak-banyak. (Tapi untuk terigu dan minyak disarankan harus banyak, kalau tidak habis, bisa sisihkan buat besok lagi.

Cara Bikin Ayam Krispi Ala Kentaki KFC

1. Siapkan ayam yg sudah dipotong-potong sesuai selera, lalu kita masukan 1 sdm bumbu marinasi untuk per 1 kg ayam ,campur sampai merata di seluruh bagian ayam.

2. Setelah merata tercampur, kita diamkan selama 30 menit, akan lebih bagus lagi 1 malam disimpan di kulkas supaya bumbunya lebih meresap ya, bun.

3. Kita campurkan terigu dengan tepung bumbu 2sdm/1 kg terigu dan bisa ditambahkan penyedap rasa, kemudian aduk sampai rata.

4. Setelah kita mendiamkan ayam yg sudah dikasih bumbu marinasi, saatnya kita melakukan penepungan.

5. Untuk pemula, cukup masukan 1 potong daging ke terigu yang sudah dicampur dengan tepung bumbu, lalu lumuri ayam dengan tepung terigu, usahakan saat penepungan tangan kita kering ya, bun.

6. Setelah ayam terkubur tepung, kita lakukan peremasan, lakukan dengan pelan saja.

7. Kemudian masukan ke air pencelupan. Ingat tangan kita tidak boleh basah, jadi pakailah pencapit untuk mengambil ayam yang kita masukan di air.

8. Kita tiriskan lalu masukan ke terigu lagi, lakukan seperti langkah tadi, sebenarnya cukup dua kali penepungan sudah jadi, namun supaya hasilnya lebih krenyes boleh juga lakukan penepungan tiga kal dan maximal cuma tiga kali saja.

9. Saat dipenepungan terahir kita harus langsung masukan ayam ke dalam minyak yang sudah panas, soalnya kalau tidak langsng digoreng nanti tepungnya bisa mengeras dan akan bantet hasilnya.

10. Goreng dengan api sedang, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu panas ya . Ini sangat penting karna bisa juga mempengaruhi tingkat kekrispian ayam.

11. Goreng ayam sampai lebih kurang 15menit sampai warnanya coklat keemasan. (Perlu diingat masukan ayam ketika minyak sudah benar2 panas ya).

12. Setelah semua siap, sajikan dan makan dengan sambal agar rasanya lebih mantap.

Tips tambahan:

Kalau masih bersisa tepungnya, sisa tepung tadi bisa kita ayak ya, supaya bisa dipakai lagi, karna jika tidak diayak, nanti di saat mau membuat lagi hasilnya kurang maksimal. Dan sisa ayakan yang menggumpal bisa digunakan untuk membuat campuran bakwan. Dan yang halus bisa disimpan di dalam wadah tertutup.

Catatan:

Jangan mencoba ngirit terigu/minyak kalo mau hasil maksimal ya, bun hehehe.

Nah mudah bukan cara bikin ayam krispi ala kentaki KFC ini. Coba dan buktikan sendiri hasilnya. Krenyes dan lezat banget lho. Cocok buat hidangan makan maupun sekadar camilan. So, pasti banyak yang suka. Dengan buat sendiri maka kita pun akan lebih puas makannya.

Post a Comment for "Cara Bikin Ayam Krispi Ala Kentaki KFC"