Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kulit Kentang Untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

Manfaat Kulit Kentang Untuk Kecantikan
Foto: istockphoto

Kentang merupakan salah satu tanaman umbi paling populer yang tersedia di seluruh dunia dan selalu sepanjang tahun. Kentang cukup mudah untuk tumbuh dan sangat kaya akan nutrisi. Tahukah kamu? Bahwa ternyata memakan kulit kentang (organik) dapat memberi kita lebih banyak serat, protein, mineral, vitamin dan phytochemical daripada hanya mengonsumsi kentang utuh.

Nggak Cuma buat kesehatan aja nih sob, kulit kentang juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan kecantikan lho. Apa aja sih manfaat kulit kentang untuk kesehatan? Mari kita simak ulasan berikut ini yang telah penulis rangkum dari berbagai sumber.

1. Perawatan kulit kepala

Kulit kentang dapat membantu kita dalam menjadikan rambut berkilau, mengatasi masalah ketombe dan juga membantu pertumbuhan rambut  lebih cepat.

Untuk mengolah kulit kentang sebagai perawatan rambut, lumatkan dengan blender atau tumbuk kulit kentang hingga jadi pasta. Setelah itu, oleskan pada kulit kepala dan pijat selama 5 menit. Biarkan selama 15 menit, sebelum kamu mencucinya dengan air hangat. Dengan metode ini, maka kulit kepala akan lebih sehat.

2. Perawatan kulit wajah

Kentang adalah sumber protein, karbohidrat kompleks, kalium, vitamin C, vitamin B-6, niasin, dan tiamin. Sementara itu, kulit kentang adalah obat terbaik untuk memutihkan kulit, menghilangkan lingkaran hitam, mengurangi minyak berlebih serta  mengobati jerawat dan komedo.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu! Susu Bisa Jadi Perawatan Kecantikan Dengan Cara Sederhana Ini

3. Apa manfaat kulit kentang bagi kulit?

Kulit kentang dan bahkan jus kentang dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda. Dengan mengolah kulit kentang menjadi masker wajah atau mengoles kulit kentang ke wajah, ini bisa membantu mengobati jerawat dan kondisi kulit lainnya seperti bintik-bintik gelap dan noda di wajah. Kulit kentang ini bisa bekerja dengan baik untuk memutihkan kulit.

Manfaat apa saja yang akan didapat dari kulit kentang untuk kecantikan kulit wajah?

1. Pengobatan kulit yang terbakar sinar matahari

Kentang dikenal sangat baik untuk merawat kulit yang terbakar matahari. Yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan irisan kentang dingin di daerah yang terbakar sinar. Atau kamu bisa juga mengoleskan pasta kulit kentang pada kulit yang terbakar sinar matahari tersebut.

2. Pencerah Kulit

Kentang adalah agen pencerah kulit alami. Oleskan kulit kentang mentah pada wajah dan bilas dengan air, setelah  mendiamkan 30 menit. Menggunakan bahan ini secara teratur akan membuat wajah terasa lebih halus, bersih dan cerah serta mengurangi pembengkakan pada wajah.

Kita juga bisa menggunakan campuran jus lemon dan kentang, untuk mencerahkan kulit secara alami. Ini berfungsi sebagai pemutih ringan untuk kulit dan memberikan hasil yang lumayan cepat.

3. Menghapus lingkaran hitam di bawah mata

Mengaplikasikan kulit kentang maupun kentang di bawah mata, dapat membantu menyingkirkan lingkaran hitam di bawah mata. 

Cara pengaplikasiannya yaitu, ambil kulit kentang bekas kupasan kentang mentah, kemudian letakkan di atas lingkaran hitam mata, biarkanselama sekitar 20 menit. Bilas mata dengan air  hangat, setelah itu beristirahatlah dengan cukup.

4. Mengatasi keriput pada wajah

Kentang bekerja efektif dengan baik dalam memperlambat tanda-tanda penuaan, terutama keriput. Antioksidan dalam sayuran seperti vitamin C, dapat membantu mengatasi masasah penuaan dini.

Menggunakan kulit kentang dan pasta kentang di wajah bisa membuat keajaiban. Kupas dan hancurkan kentang dan oleskan pasta pada kulit wajah. Diamkan selama sekitar 20 menit dan kemudian cuci dengan air dingin.


5. Menghilangkan Bintik-bintik Gelap


Kentang juga bisa membantu menghilangkan bintik-bintik hitam. Ini adalah bagaimana kita dapat menggunakannya dengan mengoles kulit kentang pada bagian yang gelap. Kita  juga bisa menggunakan kentang untuk menghilangkan noda dan jerawat. 


Cukup gunakan kulit kentang yang telah dihancurkan sebagai masker wajah, lalu bilas wajah hingga bersih. Metode ini juga bisa membantu mengatasi masalah jerawat.


Menggunakan kentang sebagai pembersih juga dapat membantu menghilangkan flek hitam dan kotoran lain pada kulit. Bahan ini bekerja dengan baik untuk kulit yang berminyak juga. Jika ingin memanfaat kulit kentang untuk wajah berminyak, kita membutuhkan mentimun dan kentang.


Caranya potong keduanya menjadi potongan-potongan sedang dan campur keduanya selama sekitar 20 detik. Tambahkan 1 sendok teh soda kue dan air ke dalam campuran ini. Gunakan sebagai scrub pembersih, pijat perlahan wajah, kemudian bilas.

 

6. Membantu mencerahkan kulit


Tahukah kamu bahwa kentang mengandung zat pencerah kulit alami? Inilah manfaat ajaib yang akan kita dapatkan dari sayuran yang satu ini. 

Caranya mudah saja, bersihkan dan parut kentang mentah dengan kulit-kulitnya, lalu oleskan masker sebagai masker di wajah. Bilas dengan air setelah 30 menit. Menggunakan ini secara teratur dapat membuat wajah tampak lebih bersih dan glowing.

Nah, itulah beberapa manfaat kulit kentang untuk kecantikan maupun
kentang itu sendiri yang bisa digunakan sebagai perawatan kulit wajah kita,
mulai sekarang jangan asal buang ya. Untuk menggunakan kulit kentang sebagai
bahan kecantikan, jangan lupa bersihkan terlebih dahulu.

2 comments for "Manfaat Kulit Kentang Untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui"