Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bolu Kukus Pandan Anti Gagal

 Bolu Kukus Pandan Lembut dan enak

Resep Bolu Kukus Pandan Anti Gagal
Potongan Bolu Pandan (Foto: istockphoto)

Bolu kukus merupakan camilan tradisional Indonesia, yang biasa disajikan dalam berbagai acara sebagai makanan utama maupun hidangan penutup. Bolu kukus pandan memiliki ciri khas berwarna hijau karena pasta pandan dan aroma pandannya yang wangi.

Teksturnya yang lembut, empuk dan enak membuat kue yang satu ini menjadi kesukaan sebagian besar orang. Bagi kamu yang belum pernah dan sudah pernah mencoba buat namun gagal, karena bantet atau tidak sesuai keinginan, berikut ini ada panduan resep bolu kukus pandan anti gagal, silakan diikuti petunjuknya.

Baca Juga: Resep Martabak Manis Teflon Simple dan Enak Banget! 

Resep Bolu Kukus Pandan

Bahan-bahan:

  • Telur 4 butir 
  • Gula pasir 200 gram 
  • Bahan pelembut, 1 Sdm SP 
  • Tepung terigu (Segitiga biru) 150 gram 
  • Susu kental manis 1 sachet (Opsional) 
  • Santan kelapa 150 ml 
  • Minyak sayur 
  • Susu bubuk (Opsional) 
  • Pasta pandan secukupnya 
  • Topping: Mentea,keju parut, meises (Sesuai selera kamu)

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung dan susu bubuk, lalu diayak, setelah itu sisihkan. 
  2. Siapkan loyang ukuran sedang, lalu oleskan mentega merata, alasi dengan kertas roti, sisihkan.
  3. Panaskan kukusan menggunakan api sedang, sisihkan. 
  4. Kocok dengan mixer gula, telur beserta SP dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan tampak putih kental. 
  5. Kecilkan tingkat kecepatan mixer ke yang paling rendah, lalu tambahkan tepung terigu yang sudah diayak dan disisihkan tadi, aduk dengan mixer sampai tercampur rata. 
  6. Kemudian masukkan minyak, aduk balik dengan spatula. Tahap ini kamu bisa menggunakan dengan mixer berkecepatan paling rendah. 
  7. Matikan mixer, tambahkan pasta pandan. Aduk balik dengan spatula. Setelah itu, tuangkan ke dalam loyang yang sudah disiapkan tadi. (Catatan: kukusan sudah harus panas dan mendidih airnya saat loyang dimasukkan, harus dipanaskan dahulu supaya bolunya mengembang dan mekar dengan sempurna). 
  8. Jangan lupa juga beri alas tutup dengan serbet bersih. Kukus selama lebih kurang 30 menit. 
  9. Setelah diangkat segera keluarkan bolunya dari loyang. Biarkan agak hangat, lalu poles dengan mentega, taburi keju parut atau meises, pokoknya sesuai selera kamu ya. Potong-potong dan sajikan deh.

Nggak begitu sulit kan ya bun? Terus alau nggak pakai mixerbisa? Bisa aja bun, hanya saja ini membutuhkan tenaga ekstra untuk mengocoknya pakai kocokan  atau wisk ukuran agak besar, dan nggak boleh berhenti berhenti ngocoknya. Kalau nggak pakai mixer pengadukannya dengan sendok nasi, sampai rata. Masukkan SKM dan santan mixer lagi sampai rata.

Begitulah panduan resep bolu kukus pandan yang bisa dipraktekkan. Dipahami pelan-pelan langkah-langkah dan tipsnya, jangan terburu-buru ya bun, hehehe. Semoga berhasil.

Baca Juga: 5 Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan, Cocok Untuk Diet!

Post a Comment for "Resep Bolu Kukus Pandan Anti Gagal"