Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Martabak Manis Teflon Simple dan Enak Banget!

 Martabak manis manisnya gurih sedap

Resep Martabak Manis Teflon
Martabak manis (Foto: istockphoto)

Martabak manis adalah sejenis kue tebal bertekstur lembut dengan aneka toping yang menggugah selera. penganan manis ini kerap kali disantap sebagai kudapan di malam hari.

Membuat martabak manis pun tidaklah sulit, dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan kita sudah bisa membuatnya sendiri di rumah dengan alat  masak teflon. 

Baca Juga: 7 Makanan Hangat Khas Indonesia yang Cocok Dimakan Saat Musim Hujan

Bagaimana sih cara membuat martabak manis teflon? Jangan kuatir gagal atau belum ya gaes, berikut ini panduan cara dan resep martabak manis teflon simple dan enak banget yang harus kamu coba.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Tepung terigu (Segitiga biru): 150 gram 
  • Gula: 4 sdm 
  • Susu bubuk: 3 sdm 
  • Air: 180 ml 
  • Telur: 1 butir 
  • Mentega cair: 2 sdm 
  • Ragi instan: ½  sdt aja (Rek. Ragi saf instan, boleh juga merk apa aja) 
  • Baking powder: ¼ sdt 
  • Baking soda: ¼ sdt 
  • Toping : Keju, meises (Atau sesuai selera kamu saja)

Cara membuat martabak manis teflon:

  1. Ayak tepungnya terlebih dahulu lebih bagus ya. Lalu campur tepung dengan susu bubuk, baking powder, baking soda, ragi instan, gula dan air. Aduk menggunakan whisk sampai rata, lalu tutup denan serbet  selama satu jam ya. 
  2. Sementara itu, kocok lepas telur. 
  3. Kemudian setelah adonan tadi telah didiamkan satu jam, tambahkan mentega cair dan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk hingga merata.  
  4. Panaskan teflon terlebih dahulu dengan api kecil, tunggu sampai teflon benar-benar panas. Supaya warna kulit martabak manis teflon nanti merata.
  5. Setelah itu, masukkan baking soda ke adonan tadi dan aduk rata. Kemudian langsung tuangkan adonannya ke teflon, ½ dulu ya untuk teflon ukuran 20 cm. Goyang-goyangkan teflonnya  untuk menghasilkan lapisan pinggir martabaknya. 
  6. Setelah muncul pori-porinya, beri taburan gula pasir di atasnya. Lalu tutup teflonnya agar martabak kering. 
  7. Setelah atasnya kering, keluarkan martabak dari teflon. Kemudian olesi dengan mentega, lalu beri toping yang kamu suka ya, lebih enak di mix. Taburi kacang, meises, parutan keju dan coklat batang. Mungkin akan lebih sedap jika kamu suka. 
  8.   Dilipat dan potong sesuai selera, sajikan dan santap selagi hangat. 

Bagaimana? Tidaklah sulit bukan, dengan mengikuti panduan dan resep martabak manis teflon di atas kamu sudah bisa buat kudapan sederhana yang tak kalah enak dengan yang biasa dijual di pasaran. Selamat mencoba, yups!

Baca Juga: 7 Makanan Khas Palembang Selain Pempek, Tak Kalah Enak Lho!

Post a Comment for "Resep Martabak Manis Teflon Simple dan Enak Banget!"