Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi URL Blog yang Diblokir Facebook

 

Ilustrasi (Foto: istockphoto.com)

Aktivitas blogging merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Terlebih di era digital sekarang ini, kita bisa membagikan ke sosial media mana saja, karya yang telah dipublikasikan di blog. Tapi pernahkah kamu kesal ketika mendapati url/link blog kamu tidak dapat dibagikan ke facebook?

Ketika memposting sebuah url biasanya muncul tulisan “Ada masalah. Anda mungkin sudah mengirim hal yang sama. Jika tidak, harap coba mengirim lagi nanti.”  Atau “ Anda tidak bisa membagikan tautan ini” Nah, hal tersebut terjadi karena tautan kamu telah diblokir oleh facebook. Tetapi tenang, jangan panik dulu ada tips mengatasi url blog yang diblokir facebook.

Sebelum itu, kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja penyebab url blog diblokir facebook. Pihak facebook sendiri biasanya tidak memberi tahu detail mengapa memblokir sebuah link blog/website. Namu,  kemungkinannya disebabkan oleh beberapa hal, sebagai berikut.

1. Dianggap Spam

Coba ingat kembali. Mungkin kamu membagikan url blog kamu terlalu sering, sehingga facebook menganggap kamu telah melanggar standar komunitasnya, yaitu tentang spam. Jika dirasa kamu tidak mengeshare terlalu sering, kemungkinan telah ada yang melaporkan domain atau url kamu sebagai spam ke facebook . Jahat banget sih memang-__-

2. Situs kamu dianggap phising atau mengandung malware

Facebook tidak mengizinkan situs phising atau malware demi keamanan pengguna. Tautan phising ialah yang jika klik akan banyak mengalihkan ke halaman lain dan membahayakan perangkat pengguna. Coba cek kembali, mungkin di blog/website  kamu terdapat iklan pop up yang kamu pasang bukan dari situs Adsense terpercaya.

Biasanya pop up mengalihkan orang ke halaman yang tidak jelas. Atau malware yang menyebabkan kerusakan pada perangkat pengguna, contohnya virus.

Setelah mengetahui penyebab dan alasan mengapa url blog kamu  diblokir facebook, kini saatnya kamu mengetahui tips mengatasi url blog yang diblokir facebook. 

1. Mengajukan banding ke facebook

Cara yang pertama ini merupakan bentuk protes kita kepada facebook.  Kamu perlu menjelaskan mengapa seharusnya tautan kamu tidak diblokir dan dicabut pemblokirannya. Caranya kamu harus mengunjungi pusat bantuan – blokir facebook.

Di form yang tersedia kamu bisa menjelaskan deskripsi singkat  dan jelas tentang blog/website kamu. Mintalah tim facebook untuk meninjau kembali url kamu. Isi secara lengkap dan gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.  Jelaskan bahwa blog kamu aman dan dibuat untuk berbagi informasi. Jika dirasa sudah cukup klik kirim.

2. Mengganti url/alamat blog, disarankan menggunakan domain TLD

Jika langkah pertama tidak mendapatkan respon atau tidak berhasil, kamu bisa saja mengubah alamat blog. Tapi cara ini akan berakibat pada artikel dan url kamu yang sudah terindex di google sebelumnya. Dengan mengganti alamat blog otomatis alamat baru dan artikelnya perlu diindex ulang dari awal lagi. Lebih disarankan untuk kamu menggantikan dengan top level domain ( TLD), supaya lebih aman dan ini akan lebih mudah diingat serta disukai pengunjung.

Cara mengubah url blog:

  • Buka blog kamu 
  • Klik setelan     
  • Cari alamat blog, klik dan ketik alamat baru, simpan. 
  • Jika ingin menggantinya ke domain TLD, kamu bisa membeli dan konsultasikan pada penyedia domain terpercaya. 

3. Bagikan link blog kamu melalui search google saja

Tidak perlu panik, jika kamu ingin sekadar blogwalking atau saling kunjung blog dengan teman blogger lainnya. Kamu tetap bisa membagikan situs ke facebook dengan metode search google saja. Caranya seperti ini.

  1. Masuk ke halaman pencarian google, ketik site:jurnalriza.com. (Ganti jurnalriza dengan alamat blog kamu). 
  2. Jika sudah muncul blog kamu di halaman google, tinggal copy saja linknya (Linknya gini: https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=site%3Ajurnalriza.com). Setelah itu, orang-orang akan bisa menemukan blog kamu di halaman google. Dan kamu bisa deh share link tadi  ke facebook tanpa khawatir diblok.

2.     Demikian informasi mengenai tips mengatasi url blog yang diblokir facebook, semoga bisa jadi pedoman untuk kita semua. Sebagai saran, sebaiknya kamu tidak masif atau terlalu sering membagikan tautan/link blog kamu ke facebook, apalagi dalam satu akun facebook.

Disarankan juga bagi kamu yang suka membagikan link untuk membagikan tautan yang sudah dipersingkat, kamu bisa memperpendek link blog di bitly, shortlink dan lain-lain untuk mencegah pemblokiran  url blog.

Rahmariz
Rahmariz Menulis Untuk Kesenangan!

6 comments for "Tips Mengatasi URL Blog yang Diblokir Facebook"

  1. Spam ke hatimu boleh gakk 😄😍😍😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahha ntar ada malwarenya lagi 😂😂😆

      Delete
  2. Dulu saya sempet pengen nyoba banding kak cuman kok ganemu-nemu cara yg legit. Jadinya yaudah deh gausah share ke fb lagi 😅

    ReplyDelete
  3. https://pojokngobrol.blogspot.com/2021/02/5-games-ps5-terbaik-yang-paling.html?m=1 kunjungi juga

    ReplyDelete
  4. You know hartomy? Thats website just copied other blogger article

    Please google report this site

    Asshole

    ReplyDelete