Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjadi Seorang Penulis Freelance dan Manfaatnya Bagi Anda

Seseorang Sedang Menulis (Foto: istockphoto.com)

Jika Anda tertarik untuk mempelajari cara menjadi seorang Penulis lepas atau Freelance Writer, maka postingan kali ini cocok  untuk Anda. Dengan menjadi penulis lepas, Anda dapat bekerja untuk diri Anda sendiri pada waktu dan pengaturan yang Anda pilih. Apa yang bisa lebih baik dan menyenangkan dari semua ini? Jelas tanpa tekanan dan paksaan. 

Anda tidak harus lulusan bahasa Inggris atau dengan syarat khusus yang susah untuk menjadi seorang penulis freelance. Perusahaan dari suatu industri dan bidang akan membutuhkan tenaga profesional, yang dapat mengkomunikasikan tentang masalah produk dan layanan di bidang pekerjaan mereka. Seringkali, orang terbaik untuk pekerjaan itu bukanlah orang-orang yang bekerja di industri itu sendiri melainkan seorang penulis.

Seorang penulis membutuhkan kualitas tertentu untuk menjadi seorang freelance. Sebagian besar keterampilan dapat diperoleh dengan bantuan internet, bersama dengan pengetahuan ilmu-ilmu terkait. Selain itu, penulis juga harus efisien dalam bahasa dan tata bahasanya.

Jika Anda ingin membangun karir freelance dari rumah, berikut adalah tiga langkah yang dapat diambil siapapun, saat mereka memulai perjalanan menuju kesuksesan sebagai seorang penulis  freelance.

Langkah 1: Pahami Diri Anda Sendiri

Salah satu tantangan untuk menjadi seorang penulis baru adalah mencari tahu, apa yang harus mereka tulis. Jika Anda dapat menentukan minat bidang keahlian atau minat Anda, maka akan jauh lebih mudah untuk menemukan pekerjaan menulis Anda dimulai dari membuat tema. 

3 Langkah menjadi Penulis freelance

Langkah 2: Siapkan Referensi

Kegiatan menulis selalu berkaitan dengan kegiatan membaca. Semakin banyak informasi atau referensi yang dibaca, maka semakin banyak pula pengetahuan yang didapat seorang penulis.

Selain itu, dari pengetahuan tersebut Anda juga dapat sekaligus berlatih mengolah kata. Referensi dapat berasal dari buku, internet dan dari seorang narasumber. Dengan membaca maka Anda memiliki lebih banyak bahan untuk dijadikan sebagai sumber menulis.

Langkah 3: Melatih Skill Menulis

Kemampuan skill menulis tidak didapat hanya dengan satu malam saja. Dengan menulis setiap hari Anda dapat meningkatkan kemampuan menulis Anda. 

Untuk para penulis baru, jika masih merasa kesulitan untuk menemukan kalimat pertama, maka Anda dapat mengambil atau mengembangkan dari salah satu kalimat yang telah Anda buat sebelumnya dari kalimat acak. Dengan cara ini, Anda juga dapat melatih kemampuan kreativitas Anda. 

Manfaat Menjadi Penulis Freelance

Menjadi seorang penulis freelance dapat membantu Anda dalam perkembangan karir yang baik. Selain itu, dilihat dari fasilitasnya Anda dapat bekerja di tempat yang Anda inginkan seperti dirumah, kafe atau dimana saja. Selama Anda dapat merasa nyaman ketika membuat tulisan. Dengan menjadi seorang penulis freelance Anda dapat menghasilkan uang secara fleksibel. 

Fleksibel yang dimaksud tidak hanya mencakup masalah uang dan skala. Artinya Anda dapat memilih keberagaman proyek yang Anda inginkan sehingga dapat menghindari rutinitas yang membosankan dan dapat menghambat cara berpikir. Dari aktivitas ini Anda dapat meningkatkan cara berpikir kritis Anda.

Selain itu manfaat menjadi seorang penulis freelance adalah bahwa Anda dapat dengan bebas untuk mengatakan tidak untuk bekerja. Artinya Anda bebas memilih kapan Anda dapat mengontrol, dan mengambil pekerjaan apa yang Anda lakukan dan tidak untuk dilakukan. Serta Anda dapat memilih waktu kapan Anda harus mengambil lembur atau tidak. Selain itu, Anda juga dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang yang Anda cintai.

Freelance mungkin bukan untuk orang yang kurang motivasi diri. Melainkan menjadi pilihan pertama dan kedua bagi beberapa orang. Jika Anda tidak pergi mencari pekerjaan maka akan sangat kecil kemungkinan pekerjaan itu akan datang kepada Anda. 

Bagi kebanyakan orang, freelance tidak memberikan pekerjaan rutin di awal. Jadi, jika Anda merasa stres karena tidak memiliki penghasilan tetap, maka ada baiknya jika Anda dapat mencari opsi atau pilihan lain dengan mencari pekerjaan lain, yang mampu membantu Anda untuk dapat memenuhi kebutuhan.

Rahmariz
Rahmariz Menulis Untuk Kesenangan!

2 comments for "Tips Menjadi Seorang Penulis Freelance dan Manfaatnya Bagi Anda"

  1. informasi nya sangat bermanfaat sekali, terutama untuk saya yang ingin menjadi penulis

    ReplyDelete