Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Memulai Nulis Artikel: Bikin Kamu Langsung Paham

Remote working from home. Freelancer workplace in kitchen with laptop, cup of coffee Remote working from home. Freelancer workplace in kitchen with laptop, cup of coffee, spectacles. Concept of distance learning, isolation, female business, shopping online. Close up of woman hands. writer stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (istockphoto)  

Artikel merupakan sebuah karya tulis pendek yang memiliki jumlah antara 300 sampai 1000 kata. Tema yang dibahas artikel bermacam-macam dengan tujuannya untuk mengutarakan pemikiran mengenai sesuatu yang nyata. Cara memulai nulis artikel pun sebenarnya tidaklah sulit asal ada niat di dalam diri.

Salah satu hal yang terpenting dalam menulis artikel ialah artikel tersebut jelas isi dan maksud penulisannya. Menulis artikel memang gampang-gampang susah, oleh karena itu, apabila ingin handal dalam menulis artikel kamu haruslah rajin untuk terus menulisnya berulang kali. Lalu bagaimana sih cara memulainya? Agar lebih terstruktur yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Tips Menjadi Seorang Penulis Freelance dan Manfaatnya Bagi Anda

10 Cara Memulai Nulis Artikel

1. Menentukan Tema Artikel

Cara untuk memulai nulis artikel yang pertama ialah kamu haruslah menentukan tema artikel yang akan kamu tulis. Dengan tema ini nantinya kamu dapat memiliki ide untuk mengembangkannya menjadi sebuah tulisan, selain itu kamu nantinya juga dapat dengan mudah menentukan topik judul yang akan kamu ambil. Apabila kamu kebingungan dalam menentukan tema ini kamu bisa memulainya dengan mencari sesuatu yang saat ini tengah booming.

2. Buat Kerangka Artikel

Cara memulai menulis artikel yang kedua. Setelah kamu menentukan tema yang akan kamu ambil, kamu bisa melakukan langkah selanjutnya, yaitu dengan membuat kerangka artikel. Tujuan dibuatnya kerangka artikel ini ialah agar kamu dimudahkan untuk menuliskan hal-hal apa saja ke dalam artikel tersebut. Jadi, tulisan artikel kamu menjadi lebih meluas dan topik yang kamu tulis di artikel jelas.

3. Beri Judul Artikel yang Jelas

Judul menjadi salah satu daya tarik pembaca. Apabila kamu memiliki judul yang sulit dicerna maksudnya, pasti pembaca sudah enggan untuk membacanya, hal ini berbanding terbalik dengan judul artikel yang menarik dan jelas, sehingga ketika pembaca pertama kali melihat judul tersebut pasti hatinya akan tergerak untuk membaca artikel tersebut. Selain itu, judul artikel yang jelas juga mempermudah pembaca dalam menemukan informasi yang ia butuhkan.

4. Tulis Kalimat Pengantar Artikel

Setelah 3 cara memulai nulis artikel tersebut, kita lanjut dengan membuat kalimat pengantar artikel. Ini biasanya terdapat di paragrap pertama artikel. Kalimat pengantar artikel ini kurang lebih sebanyak 100 sampai 200 kata dan berisi pembukaan, serta kalimat yang menggambarkan bahwa pembaca yang akan membaca artikelmu berada di artikel yang tepat. Biasanya kalimat pengantar artikel ini seperti, “Anda berada di dalam artikel yang tepat, “artikel ini cocok untuk kamu baca”, dan lain sebagainya.

5. Fokus Untuk Membuat Artikelmu Lebih Spesifik

Dalam menulis isi artikel kamu tidak boleh seenaknya sendiri, kamu harus menyesuaikan isi dengan judul artikel yang telah kamu buat. Oleh karena itu, ketika menulis artikel ini jangan menggunakan bahasa yang berbelit-belit, tetapi gunakan kalimat atau bahasa-bahasa yang terfokus, jelas, terarah, dan bahasa tersebut gampang diterima atau sesuai dengan sasaran pembaca.

6. Berikan Foto Penunjang

Suatu artikel akan lebih bagus dan menarik apabila ditambahi visualisasinya, sehingga pembaca artikelmu nanti akan dapat menerima dengan mudah artikel yang kamu tulis. Kamu bisa memilih foto atau gambar yang tidak terikat dengan hak cipta, apabila harus terikat kamu bisa menambahkan sumber foto atau gambar di artikelmu. Gambar atau foto tadi bisa berupa hasil jepretan kamera, infografis, atau animasi.

7. Coba untuk ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi)

Untuk kamu yang masih pemula cara memulai menulis artikel yang satu ini, hendaknya kamu terapkan dengan baik. Kamu harus mencari referensi sebanyak-banyaknya mengenai informasi atau konten yang akan kamu tulis.

Untuk mendapatkan referensi ini kamu bisa melakukannya dengan membaca buku, melakukan penelitian, dan masih banyak lagi. Setelah kamu mendapat referensi ini kamu bisa memodifikasi tema dan memperkaya artikel dengan riset agar artikel yang kamu tulis dinilai akurat.

Hasil penelitian yang dapat kamu masukkan dalam artikel di antaranya ialah mengenai statistik, kutipan-kutipan orang terkenal, penjelasan yang singkat, anekdot, kutipan dari seseorang atau kutipan yang ada dalam buku popular, referensi dari media film, televisi, atau radio, referensi ke tempat lokal, produk, alat, dan sumber daya yang bermanfaat.

8. Istirahat Sejenak

Lama waktu menulis artikel itu tidak tergolong cepat dan tidak juga tergolong lama, semuanya tergantung dari artikel yang ingin ditulis. Oleh karena itu, apabila ketika sedang menulis artikel kamu sudah merasa lelah, sebaiknya beristirahatlah dulu.  

Coba refreshingkan pikiran dengan tidur sebentar atau cukup dengan menutup mata sejenak sampai lelah yang kamu rasakan hilang. Kamu juga bisa menyicil artikelmu sedikit demi sedikit, jadi kalau hari ini kamu sudah lelah, kamu bisa melanjutkannya esok hari dan menyimak lagi cara memulai nulis artikel.

9. Teliti dan Revisi Kembali

Apabila kamu telah selesai menulis artikel, hendaknya artikel yang telah kamu buat itu kamu baca kembali. Kamu juga bisa meminta bantuan kepada saudara, teman, atau orang lain untuk membaca dan menilai artikel yang kamu buat tadi. Jangan takut untuk mendapat kritikan dan terima lah semua saran yang diberikan orang lain kepadamu jika saran tersebut benar dan bisa membuat artikelmu menjadi lebih baik lagi.

Dengan meneliti dan merevisinya kamu bisa mengurangi kesalahan pada artikel yang kamu tulis, mungkin masih banyak kata atau kalimat yang kurang tepat atau masih banyak terdapat salah penulisan atau typo.

10. Rajin Membaca Buku atau Artikel Lainnya

Seorang penulis juga harus membaca. Sebab, dengan membaca kamu bisa menambah perbendaharaan kata, kosakata, kata-kata asing, dan masih banyak lagi. Selain itu, dengan membaca artikel atau buku pengetahuan kamu mengenai penulisan artikel atau bacaan menjadi lebih luas, sehingga kamu bisa memperbaiki tulisanmu yang lain untuk kedepannya.

Itu tadi 10 cara nulis artikel yang bikin kamu langsung paham. Kegiatan menulis ini penting untuk dapat mengasah kreativitas, menambah perbendaharaan kata, dan dapat melatih untuk bisa mengemukaan pendapat. Selain itu, untuk kamu yang serius menggeluti bidang kepenulisan, kamu bisa loh mendapat pundi-pundi uang melalui tulisan yang kamu hasilkan.  

Baca Juga: 17 Media Online yang Membayar Tulisan Penulis

Post a Comment for "10 Cara Memulai Nulis Artikel: Bikin Kamu Langsung Paham"