Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips untuk Menghasilkan Lebih Banyak Uang Sebagai Penulis Freelance

Penulis Freelance
Ilustrasi (istockphoto)

Seperti bisnis baru lainnya, perlu waktu untuk menumbuhkan karier sebagai penulis freelance dan mengembangkan koneksi yang dibutuhkan untuk  mulai menghasilkan lebih banyak uang. Namun, begitu kamu bangun dan serius menjalankannya, itu bisa menjadi penghasilan kedua yang sangat bagus. Tidak menutup kemungkinan juga untuk pekerjaan penuh waktu (Full time) jika kamu menginginkannya.

Setelah kamu menerapkan panduan lengkap tentangcara menjadi penulis freelance, berikut adalah beberapa tips untuk menghasilkan lebih banyak uang sebagai penulis freelance, sekaligus membawa kamu ke tingkat berikutnya.

Sasaran yang tepat bagi kamu akan bergantung pada apakah kamu menulis untuk bersenang-senang, sebagai aliran pendapatan kedua untuk menambah pekerjaan full time kamu, atau sebagai karier masa depan.

Namun, menetapkan beberapa tujuan secara tertulis adalah cara terbaik untuk memastikan kamu tetap berada di jalur yang sesuai dengan kemauan kamu. Target kamu mungkin untuk menulis sejumlah artikel per minggu, untuk diterbitkan di website atau perusahaan tertentu, atau untuk mendapatkan jumlah bulanan yang tetap, misalnya.

Bekerja lepas bukan berarti tidak bertanggung jawab atas apa yang kamu kerjakan. Bebas di sini berarti kamu bertanggung jawab atas waktu dirimu sendiri. Ini adalah keuntungan yang luar biasa, tetapi juga bisa berarti bahwa kamu menghabiskan waktu lebih lama, dari yang kamu sadari untuk beberapa pekerjaan, atau kamu mengaburkan batas antara waktu kerja dan waktu senggang. 

Mengetahui bagaimana kamu menghabiskan waktu adalah, cara terbaik untuk memastikan bagaimana kamu bisa mengerjakan pekerjaan, semisal dari  berapa jumlah tulisan yang bisa kamu kerjakan setiap hari atau jamnya. Hal ini tentu dapat membantu kamu melihat cara untuk menghasilkan lebih banyak, dengan berfokus pada tulisan yang memberi bayaran terbaik per waktu yang kamu tentukan.

Tips menghasilkan lebih banyak uang dengan menulis :

1. Hindari menulis konten di jasa penyedia konten juga

Jasa atau penyedia konten memang juga menawarkan pekerjaan kepada penulis lepas, sering kali menulis blog dan materi pemasaran konten juga. Namun, mereka sering menawarkan tarif rendah kepada penulis, dan menyimpan sejumlah besar keuntungan dari tulisan untuk perusahaan mereka sendiri.

Dalam kebanyakan kasus, lebih baik menghindari perusahaan-perusahaan ini jika memungkinkan dan masih ada yang lain yang bisa dikerjakan. Alih-alih menulis di jasa, ciptakan kehadiran online kamu sendiri dengan blog atau situs web yang kamu bangun sendiri, jaringan dengan bisnis di pangsa pasar kamu, dan gaet langsung peluang menulis berbayar. 

Hal ini mungkin membutuhkan waktu sedikit lebih lama, daripada mendapatkan bayaran cepat dari pabrik konten, tetapi itu akhirnya akan dengan cepat menjadi lebih menguntungkan dan menghasilkan lebih banyak pundi-pundi.

2. Ambil proyek copywriting

Copywriter hingga saat ini masih sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan maupun perorangan. Aktivitas copywriting ialah semacam membuat konten pemasaran, yang bertujuan untuk membuat audiens tertarik dengan suatu produk ataupun jasa yang ditawarkan.

Dengan mempelajari suatu  produk atau jasa, menciptakan headline yang mampu memikat, tulisan yang berkualitas dan kalimat mengajak yang baik di akhir konten, kamu sudah bisa menjadi seorang copywriter.  Dengan copywriting ini, kamu juga bisa memulai untuk konten promosi kamu sebagai penulis freelance juga lho.  

Buat pembaca tertarik untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan di tulisan copywriting.

3. Menulis di Media yang Membayar Tinggi

Saat ini konten berkualitas begitu dihargai di beberapa media online ternama. Misalnya mengirimkan tulisan ke beberapa mediaonline yang membayar tulisan, seperti Remotivi, Kompas, Mojok.co, dan masih banyak lagi media yang membayar tulisan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung pada kebijakan media tersebut. Selain menambah penghasilan, menulis di media-media besar juga akan membuat karyamu dikenal orang, sehingga tawaran kerjaan sebagai penulis pun mulai berdatangan. 

4. Menulis lebih dari satu proyek

Nih buat kamu yang udah expert dalam menulis dan pintar-pintar atur waktu, kamu bisa buat artikel atau karya tulisan lainnya dalam jumlah yang banyak sesuai target kamu, agar semakin banyak pula pundi-pundi yang kamu dapatkan. 

Dikarenakan kamu statusnya adalah penulis freelance, kamu bisa banget nih untuk ambil job apa saja sesuai kemampuanmu tapi ya. Misalnya mengambil job di perusahaan atau perorangan, ditambah lagi dengan mengambil job di tempat lain, nulis di media online untuk meningkatkan kehadiran online kamu. Dengan begitu jam terbang yang kamu miliki pun akan semakin banyak, dan bermanfaat juga untuk mengasah terus kemampuan menulis. Tapi perlu diingat ya, jangan terlalu memaksakan diri, dan tetap lakukan dengan cinta.

5. Kembangkan bisnis baru sambil jalan

Jika kamu menulis untuk mendapatkan penghasilan, kamu harus terus melakukan promosi ke klien baru untuk memenangkan lebih banyak pekerjaan. Cara yang baik untuk melakukan ini adalah dengan menyisihkan sejumlah waktu tetap setiap minggu atau bulannya, untuk mencari prospek baru, membangun jaringan, mencari klien dan mengembangkan ide bisnis baru. Perlakukan ini sebagai bagian penting dari minggu kerja kamu, untuk memastikan kamu  memiliki alur kerja yang berkelanjutan secara konsisten.

Ketika kamu pertama kali mulai menulis, kamu mungkin memilih untuk mengenakan biaya yang relatif rendah, untuk pekerjaan saat kamu membangun keterampilan dan portofolio kamu. Namun, kamu harus terus  meninjau harga dan menaikkannya dari waktu ke waktu, tentunya harus sesuai dengan kualitas yang kamu berikan untuk memastikan kamu terus mengembangkan bisnis ini.

Bertanyalah kepada teman-teman di circle yang sama, atau gunakan jaringan online, untuk mengetahui harga pasar yang mereka tetapkan, dan untuk memastikan kamu melakukan promosi pada level yang tepat.

6. Tumbuhkan basis klien global

Penulis freelance dapat memilih bekerja untuk pemberi kerja yang berbasis di mana saja di dunia ini. Jangan merasa terkekang oleh lokasi negara dimana tempat kamu tinggal, karena kamu mungkin bisa mengembangkan basis klien sampai ke luar negeri.

Mulai mencari di negara-negara berbahasa Inggris adalah pilihan termudah. Coba Inggris, Australia, As Irlandia atau Selandia Baru. Sudah merupakan hal yang umum bagi perusahaan di Eropa dan sekitarnya yang membutuhkan blog berbahasa Inggris, salinan situs web, dan lainnya. Negara-negara seperti ini dapat juga membantu kamu untuk menjangkau pelanggan yang berbasis di negara-negara di mana bahasa Inggris juga bukan bahasa utamanya. Biasanya di negara-negara luar, lebih menghargai dengan jumlah yang fantastis.

Dengan membuat akun multi-mata uang cerdas untuk mempermudah transaksi, kamu dapat menagih klien dalam mata uang asal mereka, sehingga mudah bagi mereka untuk membayar kamu dengan cepat. Bekerja sama dengan pelanggan internasional tidak jauh berbeda dengan bekerja dengan pelanggan di Indonesia.

Saat kamu menerima lebih banyak klien, kamu akan menjadi lebih baik dalam membuat dan mengejar faktur, serta mengelola uang kamu sebagai penulis freelance. Jika kamu bekerja dengan klien yang berbasis di luar negeri, ada baiknya untuk memiliki akun yang memudahkan pembayaran dalam mata uang asing, sehingga kamu dapat menagih klien dalam mata uang negara mereka untuk kemudahan transaksi.

7. Upgrade terus kemampuan menulis

Bila sudah banyak diiringi dengan banyak berlatih dan jam terbang yang banyak jangan pernah puas., Dengan gaya penulisan yang enak dibaca, kini saatnya mulai melakukan hal yang lebih untuk kualitas karya yang lebih bagus. Belajarlah tentang SEO, riset materi yang dibutuhkan banyak orang dan lain sebagainya. Tayangkan terus hasil karyamu di blog pribadi ataupun portofolio online guna memikat klien.

Demikianlah beberapa tips untuk penulis freelance yang ingin menghasilkan uang lebih banyak dari kegiatan menulis. So, tunggu apalagi! Yuk, kembangkan bakat dan hobi menulismu. Jangan lupa untuk terus membaca dan upgrade terus kualitas tulisanmu ya.

Post a Comment for "7 Tips untuk Menghasilkan Lebih Banyak Uang Sebagai Penulis Freelance"