Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang Bagi Penulis

Aplikasi menulis
Ilustrasi (istockphoto)

Serba canggihnya perkembangan teknologi saat ini memudah orang-orang untuk menyelasaikan apapun dengan mudah. Termasuk bagi para penggiat literasi. Jika dulu orang-orang mengirimkan karyanya lewat email dan versi cetak untuk dilirik media-media, maka saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa membantu penulis untuk mengirimkan karya dari mana pun berada, dengan modal smartphone dan kuota internet saja.

Terlebih saat ini banyak yang punya hobi menulis dan ingin menghasilkan uang dari hobinya. Nah, untuk itu berikut ini ada beberapa aplikasi menulis cerita yang bisa menghasil uang, yang penulis rangkum dari berbagai sumber dan penulis rekomendasikan kepada para penulis yang ingin menghasilkan rupiah dari karyanya. Cek this out!

8 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang

1. Whattpad

Siapa yang tidak kenal platform yang populer sejak lama ini? Sejak tulisan ini dipublikasikan aplikasi bagi para menulis dan pembaca ini sudah mencapai hingga lebih 100 juta lebih unduhan di play store. Di wattpad kita memang bebas jadi penulis tanpa syarat apapun, mau pemula sekalipun. Pembaca pun begitu, cerita dapat diakses secara gratis dan disimpan kemudian untuk dibaca offline pun bisa.

Kalau begitu bagaimana dong cara menghasilkan uang nulis di aplikasi whattpad? Saat ini ada program Whattpad Paid stories yang memungkinkan bagi para pembaca untuk memberi dukungan lebih kepada penulis yang menjadi favorit mereka. Penulis sekarang sudah dapat menerima uang dari cerita mereka melalui program ini.

Adanya keuntungan dari program whattpad premium ini adalah, pembaca dapat membaca tanpa gangguan dan bebas iklan, ada bonus koin di tiap paket pembelian, dapat mengatur tema Whattpad sesuai dengan selera dan tentunya dapat memberi dukungan penuh pada penulis.

Untuk sekarang ini, program Paid Stories hanya tersedia untuk penulis yang diundang secara langsung oleh pihak Wattpad. Tapi tenang saja, masih banyak jalan menuju roma. Dengan aktif menulis cerita yang menarik dan mendatangkan banyak pembaca, maka kemungkinan besar naskah kamu akan dilirik penerbit yang suka hunting naskah penulis ke whattpad.

Tips menghasilkan uang dari aplikasi whattpad

  • Konsisten menulis (Kamu bebas menuangkan isi pikiran apapun di aplikasi ini, buatlah semenarik mungkin). 
  • Berinteraksi dengan pembaca (Minta pendapat pembaca sebagai apreasi terhadap pembaca dan menunjang perbaikan karyamu ke depan). 
  • Promosikan Cerita (Dengan mendatangkan banyak audiens yang suka dengan karyamu, maka kemungkinan besar dilirik oleh penerbit di luar sana. Sudah banyak penulis yang terkenal dan bermula dari whattpad, bahkan tak sedikit karya penulis whattpad yang sudah dibukukan dan best seller hingga difilmkan, sekarang giliran kamu yuk).

2. KBM App

Aplikasi yang belum lama rilis ini dipelopori oleh Bunda Asma Nadia, Kang Tendi Murti, Kang Eka Prayoga dan beberapa jajaran lainnya. Bagi yang sudah bergabung dengan grup facebook Komunitas Bisa Menulis (KBM) sebelumnya pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini.

Aplikasi KBM merupakan aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang karena penulis sendiri mendapatkan royalti, koin, menjual e-book, cetak buku, hingga dmenjadi ropshipper buku. Tak hanya penulis, pembaca aktif  pun bisa meraih kesempatan dapat reward berupa koin, yang bisa digunakan untuk mengakses fitur-fitur keren.

Bagaimana caranya menghasilkan uang dengan menulis? Kamu bisa memulainya dengan meningkatkan jumlah followers, tentunya dibarengi dengan menyuguhkan karya-karya yang menarik. Semakin banyak pengikut, maka semakin banyak pula pendapatan kamu. Jika tulisan kamu bagus dan menarik minat baca yang banyak, maka kesempatan mendapatkan koin-koin dari penggemar akan semakin besar dan bisa kamu cairkan menjadi rupiah.

Aplikasi menulis yang satu ini rekomended banget buat kamu yang hobi menulis dan membaca. Pada platform ini karya-karya penulis memang dikenal berkualitas tinggi dan banyak cerita-cerita menarik. Terlebih jika suka menulis, bakal dapat cuan plus manfaat yang banyak.

3. Joylada

Joylada adalah aplikasi menulis cerita yang bisa menghasil uang, baik bagi penulis yang sudah pro maupun penulis yang masih pemula. Aplikasi yang berasal dari Thailand ini udah mencapai 5 juta lebih unduhan di play store. Cara daftarnya mudah saja yaitu, kamu bisa mendaftar menggunakan email atau facebook setelah itu langsung bisa menulis dan baca deh.

Cara mendapatkan rupiah di sini yaitu, klik di halaman akun tulisan “pencapaian”,kemudian kamu akan dialihkan ke browser internet, lalu klik “Daftar untuk pembayaran”, isi semua yang harus diisi di form yang tersedia. Pendapatan kamu bisa dilihat di menu “Pencapaian”, semakin banyak yang membaca cerita kamu, maka semakin banyak pula pundi-pundi rupiah yang masuk. Tak hanya jumlah baca, tapi like dan komentar pun bisa menambah pendapatan kamu di aplikasi Joylada.

4. Novelme

Melansir dari website resmi Novelme, aplikasi ini menjanjikan uang yang tidak sedikit bagi yang konsisten menulis di Novelme. Ada beberapa tipe penulis yang bisa menghasilkan cuan dari aplikasi ini. Kamu bisa melihat di poster berikut.

aplikasi menulis novelme
poster Novelme

Aplikasi penghasil uang dengan cara menulis ini benar-benar menjamin akan membayar penulisnya. Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi selengkap-lengkapnya kamu bisa mengakses langsung laman https://www.novelme.com/benefit/writeforlife/.

5. Webtoon

Webtoon dikenal juga sebagai webcomics. Aplikasi komik daring yang diluncurkan oleh perusahaan Korea Selatan lewat layanan aplikasi pesan LINE ini sudah pasti tidak asing lagi bagi para pencinta komik. Bagi kamu yang ingin mengakses Webtoon, kamu  bisa menggunakan perangkat android, IOS (IPhone, IPad, IPod Touch) hingga di browser web PC.

Bagi kamu yang ingin menghasilkan uang dari Webtoon, Kamu harus mengikuti layanan Webtoon Challenge dan kontes RISING STAR terlebih dahulu. Rising Star ialah program dari LINE Webtoon yang akan memberikan hadiah sebesar Rp. 5 juta kepada kreator terbaik. Wah sangat fantastis ya? Hal ini tentu bertujuan supaya para kreator semangat terus dalam berkarya dengan cara membuat komik di webtoon.

Ada beberapa syarat agar kamu bisa gabung di Rising Star Webtoon, yaitu: Telah menerbitkan karya di Webtoon Challenge, update komik harus lebih dari 3 kali selama 3 bulan terakhir, jumlah view minimal 50 ribu orang, jumlah favorit minimal 3 ribu. informasi selengkapnya dapat kamu akses di http://www.webtoons.com/id/terms.

6. Noveltoon

Noveltoon adalah platform menulis online yang bisa menghasilkan uang dan penggunanya pun sudah mecapai jutaan. Jika tulisanmu menarik dan lolos tahap review, pembaca pun akan berdatangan karena pembaca Noveltoon memang sangat banyak.

Jika karyamu berhasil menembus 30 ribu kata, kamu bisa mengajukan ceritamu untuk dikontrak dan menghasilkan uang jutaan per bulannya. Selain itu, ada juga penghasilan tambahan dari jumlah view. Jadi, buatlah cerita semenarik mungkin dan bangun audiens kamu untuk menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah.

7. Storial.co

“Nggak Cuma nulis doang, tapi bisa dapat uang”, tagline yang terdapat di poster yang tayang di website storial.co sudah menjelaskan banget ya, kalau menulis di aplikasi ini bisa mendapatkan rupiah.

Kirim tulisan ke storial.co, dengan begitu kamu sudah bisa menghasilan uang dari karyamu, karena Storial punya program royalti! Lewat program Storial Premium Chapters, kamu sudah bisa memasarkan karyamu, ditambah lagi mendapatkan royalti dari setiap bab yang kamu tulis.

Storial premium chapters merupakan cerita yang dipilih tim editor yang memiliki bab berbayar dan sudah melewati proses moderasi oleh Tim Editor Storial. Nah, untuk menjadikan karya kamu menjadi premium di Storial, terlebih dahulu kamu perlu membuat cerita semenarik mungkin dan mengajukan naskahmu ke tim editor Storial untuk ditinjau dan dinilai. Buat info yang lebih lengkap, bisa kunjungi ke https://blog.storial.co/2020/03/28/nulis-di-storial-bisa-dapat-cuan/ ya.

8. Dreame

Apabila kamu punya hobi nulis cerita dan pengen sekalian menghasilkan uang dari cerita-cerita yang kamu tulis, entah itu seputar pengalaman hingga curhat sekalipun, kisah cinta, cerpen,  cerbung, novel dan lain sebagainya, coba saja posting di Dreame. Terdapat ribuan penulis dan jutaan pembaca di seluruh dunia yang menggunakan aplikasi Dreame. Bagi kamu yang tertarik, unduh aplikasinya di app store dan mulai menulis untuk menghasilkan uang dari aplikasi menulis Dreami.

Demikian infomasi mengenai aplikasi menulis cerita yang menghasil uang. Tunggu apalagi, yuk hasilkan uang dari hobi kamu dengan menulis di berbagai aplikasi menulis di atas. Tak hanya sekadar uang, kamu juga akan mendapat beragam manfaat jika berani mempublikasikan karyamu, salah satunya ialah bisa dikenal dan berbagi cerita untuk dinikmati orang banyak.

6 comments for "8 Aplikasi Menulis Cerita yang Menghasilkan Uang Bagi Penulis"