Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Agar diterima Google Adsense

Google adsense
pinterest  

Salah satu dari banyak manfaat blogging adalah bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu caranya adalah dengan bekerja sama dengan program Google Adsense. Google adsense merupakan program periklanan yang dibuat oleh Google yang memungkinkan para blogging atau pemilik website untuk menghasilkan uang dari internet.

Saat ini google adsense juga merupakan pilihan pertama dan terbaik untuk memonetasi blog ataupun website. Akan tetapi bagi pemula maupun yang sudah tidak baru lagi di dunia blogging, mungkin mengalami beragam kesulitan saat mendaftarkan blog atau website ke Google adsense. Dari masalah tidak mengerti caranya hingga masalah ditolak beberapa kali.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan share tips dan trik mudah diterima adsense berdasarkan pengalaman penulis dalam mengajukan blog jurnalriza.com.

Cara mendaftarkan blog ke Google adsense

Kalau kamu belum tahu cara mendaftarkan blog atau website ke GA, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Klik https:///www.google.com/adsense/start 
  2. Setelah itu langsung saja klik mulai 
  3. Isi alamat situs yang ingin kamu daftarkan ke adsense (Contoh: www.jurnalriza.com) 
  4. Isi juga alamat email kamu
  5. Klik salah satu (ya/tidak) tentang pertanyaan apakah Anda ingin mengirimkan saran performa dan bantuan yang disesuaikan. Saran terbaiknya pilih ya. 
  6. Selanjutnya klik simpan dan lanjutkan 
  7. Setelah itu akan ada verifikasi kembali, pilih Negara dan klik setuju pernyataan-pernyatan di bawah (berisi persyaratan dan ketentuan google adsense). Kemudian klik buat akun.
Yipii, akun sudah jadi, selanjutnya adalah mengaktifkan akun agar situs segera ditinjau.

Setelah itu kita akan diarahkan ke dashbord google adsense, masukkan detail alamat pembayaran. Pastikan diisi sesuai dengan alamat tempat tinggal kamu ya. Setelah selesai dan sudah ok rasanya klik kirim.

Setelah itu, dapatkan kode adsense. Salin dan pasang kode tersebut di situs kamu sesuai intruksi dari google adsense. setelah itu, situs akan ditinjau selama beberapa hari atau beberapa minggu seperti yang tertera di beranda Adsense kamu. Harap bersabar dan fokus kembali ke konten yang berkualitas agar pelungan diterima google adsense semakin besar.

Tips tambahan jika kamu masih menggunakan domain blogspot untuk mendaftar Adsense:

Bagi kamu yang masih menggunakan domain blogspot (misalnya: namablogkamu.blogspot.com), kamu dapat menuju halaman dasar blog yaitu pada menu penghasilan. Sebelumnya ubah dulu bahasa blog ke bahasa inggris / English (United kingdom), lanjut lagi daftarkan situs kamu melalui blog di menu penghasilan atau earning.

Hal-hal yang harus diperhatikan agar mudah diterima Google Adsense

1.  Kualitas Konten

Ini adalah hal utama yang sudah seharusnya kamu persiapkan secara matang sebelum memutuskan mendaftar ke Google adsense. Menurut pengalaman penulis yang pernah dapat intruksi harus melakukan perbaikan pada situs,  karena alasan low value content alias konten berkualitas rendah, maka salahnya adalah konten kurang berkualitas. Hal itu terjadi karena penulis hanya memfokuskan target pengunjung dan mengabaikan kebermanfaatan konten bagi pembaca.

Meskipun konten kita bermanfaat, namun kita melakukan blog walking (BW) antar sesama blogger maupun yang tidak dan yang mengunjungi blog kita hanya sekadar klik, screenshoot (biasa yang dilakukan di grup blogger), lalu keluar, justru itulah yang jadi masalah untuk blog kita.

Bagaimana tidak? Google menganggap konten tidak menyajikan kebermanfaatan bagi pembaca. Disarankan selama pengajuan jangan bw dulu yups kalau cuma sekadar klik, kecuali jika benar-benar dibaca atau minimal scroll-scroll.

Buatlah konten yang menawarkan solusi dan menjawab pertanyaan pembaca, untuk jumlah kata lebih panjang lebih baik (berkisar 800-1000 kata lebih itu lebih baik), yang terpenting jelas poin-poin yang disampaikan. Jangan copy paste konten lain, buatlah original minimal 90 persen unik.

Termasuk gambar, sebelum diputuskan diterima adsense, carilah gambar yang bebas hak cipta (copyrigth) atau hasil design atau redesign sendiri. Untuk platform penyedia gambar yang bebas copyright, bisa kamu dapatkan di beberapa situs seperti pixabay, istockphoto, shutterstock, unsplash, dan banyak lagi.

2.  Navigasi blog atau website harus jelas

Navigasi adalah petunjuk terkait isi blog yang memudahkan pengunjung menjelajahi setiap sudut situs, yakni rubrik dan halaman dasar blog kamu. Menu ini terdiri dari link yang menuju postingan, label dan halaman informasi dasar yang terdapat di blog.

Biasanya menu navigasi terletak di header blog adalah kategori tulisan atau rubrik seperti blog jurnalriza.com, terdapat rubrik sastra, gaya hidup dan hiburan, tips dan trik, makanan dan resep dan dunia penulis. Untuk halaman informasi dasar terdapat pada footer, ada sitemap, contact us, privacy policy dan about us, untuk contoh bisa lihat di bagian paling bawah blog ini.

Menu-menu tersebut harus jelas dan harus ada di blog kamu sebelum pengajuan google adsense. Untuk menu header yang biasanya berisi menu rubrik atau kategori tulisan sebaiknya jangan terlalu banyak dulu. Boleh banyak asal seimbang dengan jumlah tulisan sesuai kategorinya.

Jangan sampai di setiap rubrik hanya ada 1 hingga 3 artikel saja, karena bisa saja nanti kamu ditolak karena ketiadaan konten atau google tidak mengizinkan penayangan iklan pada situs yang masih tahap pembangunan. Jadi disarankan bahas satu niche dan buat satu rubrik saja dulu, setelah diterima google adsense baru deh bebas mau niche gado-gado.

3.  Jumlah Artikel

Nah, setelah memaksimal kualitas kualitas konten kamu juga harus perhatikan jumlah artikel yang sudah tayang di blog. Jangan terburu-buru mendaftar, pastikan ada 10-15 artikel (Jumlah paling sedikit yang disarankan) yang sudah aktif dan tayang di blog. Pastikan semua artikel tidak terdapat link mati atau broken link jika kamu menambahkan link internal maupun link eksternal ke dalam artikel, dan pastikan tidak ada yang plagiat dan untuk gambar pastikan bebas copyright.

4.  Jumlah pengunjung

Bagaimana dengan jumlah pengunjung? Banyak spekulasi yang beredar masalah jumlah pengunjung yang beredar terkait syarat diterima google adsense. Ada yang bilang harus 100 pengunjung minimal setiap harinya, ada yang bilang bisa kurang atau lebih dan sebagainya.

Berdasarkan pengalaman penulis dalam mengajukan blog jurnalriza.com jumlah pengunjung ternyata tidak begitu menjadi prioritas yang dilihat tim google adsense. Setelah ditolak dua kali karena alasan low value content, penulis memberhentikan kegiatan bw dan fokus pada kualitas konten.

Penulis waktu itu menulis artikel unik berjumlah 1000 kata setelah mengalami penolakan. Dengan jumlah pengunjung yang waktu itu hanya 5 sampai 20 per hari, situs ini berhasil diapprove google adsense. Itupun traffic dari facebook dan wa.

Jadi kalau saran penulis, sebaiknya jangan terlalu fokus dengan jumlah pengunjung. Memang harus tetap ada pengunjung untuk diterima tapi tidak sebanyak yang kita kira. Maka mulai saat ini fokuslah pada konten yang informatif dan berkualitas. Dengan konten yang memang berkualitas dan dicari orang, maka pengunjung blog akan datang dengan sendirinya.

Sebagai saran tambahan agar mudah diterima google adsense pastikan konten kamu orisinil, tidak SARA,tidak memuat konten porno, tidak mengandung kata-kata yang dilarang google. Memperbaiki struktur blog. Jika merasa ada yang tidak sesuai dengan tips di atas, segera melakukan perbaikan agar mudah diapprove google adsense.

Tips diterima adsense mudah ini alami berdasarkan pengalaman penulis, jika ada pendapat lain silakan share di komentar. Good luck, semoga para blogger google yang mengajukan atau dalam peninjauan segera mendapatkan surat cinta pertanda diterima dari GA.

Post a Comment for "Hal-hal yang Harus Diperhatikan Agar diterima Google Adsense"