Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menulis Blog Menghasilkan Uang? Bisa, Mari Kita Simak Caranya

Menulis Blog Menghasilkan Uang
Ilustrasi (istockphoto)

Kamu ngeblog hanya sekedar hobi? Saya juga dulu ngeblog Cuma sekadar hobi dan buat share pengalaman juga curhat, cukup lama juga waktu berjalan kalau dari aktivitas  blogging ternyata bisa dapat nambah pundi-pundi rupiah. Sedikit penyesalan saya, kenapa baru tahunya baru-baru ini saat kompetitor makin banyak, wkwk. Tapi nggak apa-apa tetap semangat dan be happy with blogging.

Coba kamu pikirkan lagi deh sobat bloggers, menulis blog menghasilkan uang benar-benar dapat direalisasikan jika ada niat dan mau lebih giat. Penulis mau share cara memulainya, temukan lingkup pasar dan ubah blog kamu menjadi penghasil uang tambahan mulai sekarang yuk.

Tidak peduli kamu berada di grup mana untuk menghasilkan uang dengan blog, entah itu blog sekadar hobi atau blog bisnis, semuanya bisa untuk nambah pundi-pundi. Ini bukan perihal cepat kaya, tetapi jika kamu melakukannya dengan benar sungguh-sunguh, kamu bisa menghasilkan uang dari menulis blog, untuk menghidupi diri sendiri bahkan keluarga dan banyak lagi manfaat lainnya, untuk sedekah misalnya. Mari selami dan lihat bagaimana kamu bisa menulis blog menghasilkan uang.

Apakah kamu hobi menulis dan punya bakat menulis? Terus belum paham caranya membuat blog. Memulai dengan blog mungkin akan tampak sulit, terutama jika kamu tidak memiliki banyak pengetahuan tentang teknologi. Nggak usah bingung, berikut adalah platform yang direkomendasikan untuk membangun blog dengan mudah.

Situs blog terbaik:

  • Blogger: Adalah layanan hosting blog gratis dari Google. Blogger sangat mudah digunakan bagi pemula maupun yang pro dan penulis menyarakan yang ini. Namun, opsi penyesuaian dan desainnya masih sangat terbatas, dan belum mempunyai banyak opsi jika kamu ingin menambahkan fitur baru. Tapi tenang saja, sekarang sudah banyak para pencipta template blogger yang membuat desain blog kita keren abis, contohnya yang paling rekomended adalah template-template dari mas sugeng.id. salah satunya Linkmagz. Kamu bisa cek di sini.
  •  WordPress.com - Ini adalah layanan hosting blog dasar gratis yang juga mudah digunakan. Tetapi kamu harus terbiasa dengan iklan dan branding WordPress, kecuali kamu membayar biaya bulanan.  
  • Medium – Platform yang satu ini lebih menekankan pada penulisan daripada desain, dan digunakan oleh banyak jurnalis, penulis, dan pakar. Ini adalah cara yang bagus untuk berbagi hal apapun dengan komunitas tertentu, tetapi kamu tidak akan bisa menjalankan iklan apapun dan sulit untuk membuat merek pribadi kamu sendiri.

Nah, silakan pilih salah satu situs blog di atas untuk memulai membangun blog jika belum ada punya situs. Setelah itu, tulis tulis dan konsistenlah dalam posting artikel yang berkualitas. Selanjutnya mari kita mulai menulis blog dan mendapatkan uang.

Cara mendapatkan uang dari blog:

1. Monetisasi blog dengan Iklan

Salah satu cara paling umum bagi blogger menghasilkan uang adalah dengan menempatkan iklan di situs blog tersebut. Ada dua jenis iklan yang populer:

  • Iklan BPK / PPC:  Penawaran biaya per klik / bayar per klik Iklan biasanya adalah iklan baner  yang kamu tempatkan di dalam konten atau sidebar. Setiap kali pengunjung mengklik iklan itu, maka kamu akan dibayar.
  • Iklan CPM: Iklan CPM atau cost per mill  artinya biaya per 1.000 tayangan, adalah iklan yang membayar kamu sejumlah uang berdasarkan berapa banyak orang yang melihat iklan yang tayang di blog.

Saat ini jaringan yang paling  populer untuk dimonetasi di blog adalah  Google AdSense. Dengan program ini, kamu tidak perlu berurusan langsung dengan pihak pengiklan, cukup menempatkan kode unik yang diberikan adsense di situs kamu, maka Google akan memilih iklan yang relevan dengan konten blog kamu, dan pengunjung kamu tentu mungkin tertarik mengeklik iklan tersebut dan kamu mendapatkan bayaran dari google adsense.

Ada banyak sekali program iklan untuk publisher serupa yang tersedia jika kamu terlalu sulit menembus AdSense, seperti Mgid, Adnow, Adstera, Infolinks, Media.net, dan ada lain-lain sebagainya.

2. Buka Jasa Iklan Pribadi

Jika trafik blog kamu cukup mumpuni, cara ini adalah yang terbaik untuk mendatangkan uang. Bekerja dengan jaringan periklanan bukanlah satu-satunya jalan dalam hal memonetasi blog. Jika kamu mendapatkan trafik yang cukup banyak, pengiklan mungkin akan datang langsung kepadamu dan meminta kamu untuk menempatkan iklan mereka di situs milikmu. Kamu juga dapat menghubungi target pengiklan sendiri dan menawarkan jasa.

Perbedaan terbesar dari opsi yang disebutkan di atas adalah tidak ada lagi perantara, yang artinya kamu dapat menetapkan tarif iklan berdasarkan harga dan ketentuan yang kamu buat sendiri.

Memasang jasa iklan pribadi bisa dalam bentuk baner, tombol, atau tautan yang menuju pada pengiklan. Kamu bahkan dapat menghasilkan uang dengan menulis postingan bersponsor, dimana kamu menulis blog atau memberikan ulasan tentang produk atau layanan pengiklan.

Pilihan lainnya adalah menulis postingan atau serial yang dijamin pengiklan, di mana kamu dapat menulis tentang topik apapun, tetapi pengiklan membayar untuk penyebutan "Konten bersponsor" di konten milikmu.

Cara  menghasilkan uang dengan cara ini dapat bervariasi. Misalnya, kamu mungkin mengenakan biaya satu kali untuk tautan dalam sebuah pos. Jika kamu menghosting iklan baner, kamu mungkin menagih pengiklan setiap bulannya.

Untuk memaksimalkan pendapatan, kamu juga dapat memilih untuk menjual ruang sponsor di buletin email, podcast dan juga video.

3. Menempatkan Tautan Afiliasi di Konten

Pemasaran afiliasi juga merupakan cara hebat lainnya untuk menghasilkan uang dari blog kamu. Begini sistem afiliasi:

  1. Seorang pengiklan memiliki produk yang ingin dia jual. Setelah dia setuju kamu ikut program afiliasinya, dia akan memberi kamu komisi dari setiap penjualan jika pembeli datang dari situs kamu.
  2. Dia akan memberi kamu tautan unik guna melacak kode afiliasi kamu. Dengan begitu, dia tahu saat pembeli menggunakan tautan dari situs kamu untuk melakukan pembelian.
  3. Kamu menyertakan link afiliasi situs milikmu. Kamu dapat memasang ini langsung di konten atau melalui iklan baner. Jika pembaca mengklik tautan unik ini dan membeli produk yang kamu rekomendasikan, kamu tentunya akan mendapatkan komisi dari apa yang dia beli.

Kamu dapat memanfaatkan pemasaran afiliasi melalui jaringan, atau kamu dapat membuat kemitraan pribadi dengan pengiklan dan bisnis dengan program afiliasi.

4. Jual Produk Digital

Jika kamu lebih suka tidak mengiklankan produk orang lain di situs, atau mungkin kamu mencari pilihan pendapatan lain, maka pertimbangkan untuk menjual produk  digital juga. Misalnya, eBook, Kursus / Bimbel online, Gambar, video, atau musik yang dibutuhkan orang untuk konten, Aplikasi, plugin, atau template blog.

Ingatlah, jika kamu akan memilih salah satu jalan ini, pastikan kamu membuatnya relevan dan berguna bagi pembaca blog kamu. Terkadang blogger kerap salah dengan berasumsi bahwa mereka sedang mengembangkan produk yang dibutuhkan pembacanya. Maka sebelum itu, perlu untuk kamu dengarkan pembaca terlebih dahulu, lalu baru buat produk digital apa yang akan memenuhi kebutuhan mereka.

5. Gunakan blog sebagai Alat Pemasaran Konten Web Bisnis

Kamu bisa juga untuk menjual produk  fisik di blog kamu dan menghasilkan uang dengan cara itu. Alih-alih menganggapnya sebagai menghasilkan uang dari blog, pertimbangkanlah blog kamu sebagai alat pemasaran konten,  yang akan mengarahkan pengunjung ke situs web bisnis milikmu.

Kemungkinannya praktis tidak terbatas dalam hal mengembangkan blog bisnis. Kamu bisa menjual produk buatan sendiri, jual buku, produk manufaktur, dan masih banyak lagi. Atau bisnis lain yang memungkinkan untuk kamu memulai blog untuk lebih memanjakan pelanggan setia. Ada banyak pebisnis online sukses dengan cara ini di masa ini.

Misalnya, kamu membuka jasa servis  hp dan menjual kembali hp bekas di luar rumah. Kamu dapat menggunakan blog, untuk menarik pengunjung ke situs web tempat kamu mendaftarkan ponsel kamu saat ini untuk dijual atau pada jasa yang ditawarkan.

Konsep ini juga bisa diterapkan pada layanan pada semua jenis industri. Misalnya, jika kamu menawarkan layanan perbaikan elektronik dan produk non fisik, kamu masih dapat menggunakan konsep blog yang sama, untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendatangkan lebih banyak klien.

6. Gunakan untuk Membangun Kredibilitas 

Blogging untuk membangun kredibilitas dapat menghasilkan banyak peluang menghasilkan uang. Misalnya, kamu memulai blog di industri keuangan. Orang-orang mulai membaca konten situs kamu, dan blog kamu menjadi sangat populer. Dengan begitu kamu telah menjadi sosok yang diakui di industri keuangan.

Begitu kamu memiliki otoritas itu, orang mungkin akan datang ke kamu untuk ikut menulis buku tentang manajemen uang, atau kamu dapat meminta bayaran untuk jadi pembicara di konferensi atau menjalankan pelatihan keuangan karyawan.

Ini tentu saja bukan bentuk langsung menghasilkan uang dari blog, tetapi telah berhasil untuk para blogger terkenal, dan ini tentunya juga dapat berhasil untuk kamu jika mau. Jika kamu mencari aliran pendapatan langsung, blog populer menjadi influencer  dengan menjual merek dan konten mereka.

Hal terbesar yang perlu diingat adalah bahwa menghasilkan uang dari blog, tidak mungkin dilakukan dengan hanya membuat situs dan membiarkannya begitu saja. Mentalitas “jika kamu membangunnya, mereka akan datang” tidak akan berhasil sampai di sini, jadi pastikan kamu bersedia meluangkan waktu.

Kebanyakan blogger tidak melihat adanya pendapatan selama beberapa bulan, terkadang bertahun-tahun setelah memulai aktivitas blogging. Sebelum kamu terjun terlalu jauh ke dalam blogging, maka terapkanlah beberapa tips-tips berikut ini.

Tips memulai blog agar bisa menghasilkan uang dengan optimal

1. Buat Konten Berkualitas

menulis blog menghasilkan uang
Ilustrasi (Istockphoto)
 
Kamu tidak akan menghasilkan uang dari blog kamu jika orang tidak membacanya. Dalam artian kamu harus mencari audiens dulu dengan konten yang dibutuhkan orang banyak. Lagi pula, pembaca kamu adalah sumber yang akan menghasilkan uang bagi kamu, baik mereka mengklik iklan atau membeli produk kamu. Jadi selalu utamakan pembaca dulu  yups.

2. Jangan Habiskan Waktu Secara Eksklusif di Blog

Mengembangkan blog yang sukses memiliki hubungan dengan membangun hubungan. Hal itu bisa mencakup hubungan dengan sponsor, mitra afiliasi, atau blogger lain yang akan mengarahkan lalu lintas ke blog kamu. Pastikan sebagian waktu kamu dihabiskan di forum dan blog lain atau apa saja yang cocok untuk kamu, untuk membangun hubungan ini dan blog kamu.

3. Jangan Takut Bereksperimen

Tidak semua tips dan jalan penghasilan ini akan berhasil bagi kamu. Jangan takut untuk mengubah metode, guna melihat mana yang terbaik untuk kamu dan juga pembaca blog.

Menghasilkan uang dari blog sangat membutuhkan ketekunan, tetapi bisa terbayar jika kamu memulai dari awal dengan sungguh-sungguh. Ingatlah bahwa kamu tidak harus menggunakan semua cara menghasilkan uang ini sekaligus. Pertimbangkan apa yang dilakukan orang lain di industri kamu, dan mulai dari sana.

Seiring berjalannya waktu, maka kamu  akan mempelajari apa yang berhasil bagi kamu dan apa yang tidak berhasil. Jika kamu ingin menghasilkan uang dari menulis di blog kamu, opsi mana nih yang akan kamu gunakan sobat bloggers?

2 comments for "Menulis Blog Menghasilkan Uang? Bisa, Mari Kita Simak Caranya"

  1. https://pojokngobrol.blogspot.com/2021/02/5-games-ps5-terbaik-yang-paling.html?m=1 kunjungi juga

    ReplyDelete