Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Tentang Cara Menjadi Penulis Freelance

Cara Menjadi Penulis Freelance
Ilustrasi: Istockphoto

Jika kamu menguasai kata-kata dan suka menulis, mungkin kamu sedang mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan sebagai  penulis. Penulis lepas (Penulis freelance) dapat mengambil berbagai proyek dari berbagai perusahaan yang berbeda. Hal ini tentu menjadikan penulis sebagai pekerjaan sampingan yang menarik, atau bahkan karir yang bervariasi dan fleksibel.

Banyak calon penulis memilih untuk fokus pada suatu hal tertentu berdasarkan minat dan keahlian, ada juga yang mengerjakan proyek di satu atau lebih jenis tulisan. Hal ini tentunya bisa membuat kamu mengerjakan apa saja sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Mulai dari menulis artikel untuk situs web, bisnis lokal, membuat dan menulis blog pribadi, bekerja sebagai marketing media sosial, hingga menulis untuk majalah online dan cetak.

Menjadi penulis lepas merupakan pilihan yang populer saat ini. Ada banyak orang mengambil proyek ini sebagai penghasilan tambahan, atau bahkan pindah ke karir dari menulis lepas menjadi penulis penuh waktu (Full time) untuk menikmati manfaat bekerja dari jarak jauh dan sesuai jadwal yang mereka buat sendiri.

Jika kamu tertarik untuk menjadi penulis lepas, tetapi tidak yakin bagaimana memulainya, kamu telah datang ke tempat yang tepat. Baca terus untuk semua yang perlu kamu ketahui tentang cara memulai menjadi penulis freelance, membangun portofolio, dan menghasilkan uang.

Cara memulai karir sebagai penulis freelance dengan 7 langkah mudah

Bagi kebanyakan orang yang mulai menulis, memilih topik sebagai fokus adalah hal yang masuk akal dan merupakan hal yang paling penting. Sebenarnya kamu tidak perlu mempelajari subjek yang kamu tulis atau memiliki kualifikasi tertentu. Sebab seringkali hanya dengan bersemangat mengerjakan suatu topik, dan memiliki gaya penulisan yang menarik, itu sudah cukup untuk mulai memenangkan pekerjaan.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang harus dilakukan agar kamu siap menjadi penulis freelance:

1. Pilih niche yang kamu minati dan kuasai

Memilih niche apa yang ingin kamu tulis adalah langkah pertama yang penting. Dengan memilih topik yang kamu sukai, maka kamu akan menemukan bahwa dirimu dapat menulis dengan baik tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk penelitian. Selain itu,  kamu akan lebih leluasa dalam menuangkan ide. Kamu dapat memilih salah satu topik populer berikut, atau memilih hobi dan minat berdasarkan favorit kamu sendiri:

  • Wisata atau Perjalanan
  • Kebugaran dan diet
  • Teknologi
  • Kesehatan dan kesejahteraan
  • Keluarga, hubungan dan pengasuhan
  • Yoga dan meditasi
  • Resep masakan dan nutrisi
  • Keuangan dan penganggaran
  • Kepemimpinan dan karir
  • Kerajinan, merajut atau hobi kreatif lainnya

2. Bangun situs web atau blog

Kehadiran di dunia maya atau terkenal dengan baik di dunia online sangat penting jika kamu ingin menjadi penulis freelance. Menulis di blog sendiri adalah cara sederhana untuk mencapai hal ini, dan memberi ruang untuk menulis, berbagi, dan mendapatkan umpan balik atas pekerjaan yang kamu target.

Kamu bisa memulainya dengan blog gratis dari Blogger atau Wordpress atau posting di media-media online yang kredibel dan sudah memiliki banyak pengunjung. Kalau penulis mulai menulis di situs lintashaba.com karena proses publikasi lumayan cepat dan banyak niche yang bisa dipilih. Atau kamu mungkin ingin membuat situs web  sendiri yang berfungsi sebagai ruang untuk blogging, resume dan portofolio online untuk dibagikan dengan calon pelanggan atau klien. Itu juga bisa dipertimbangkan untuk dilakukan.

3. Menulis contoh karya yang bagus

Sebelum kamu melangkah maju lebih jauh, kamu harus membuat contoh karya yang bisa menjadi portofolio. Banyak penulis menerbitkan secara online di blog mereka sendiri, atau sebagai penulis tamu untuk website dan majalah online lainnya. Bagikan karya tulis kamu pada keluarga dan teman pada tahap ini, untuk mulai mendapatkan umpan balik dan mengembangkan basis pembaca.

Saat kamu mulai mengirimkan penawaran untuk pekerjaan berbayar, maka kamu dapat menggunakan contoh pekerjaan yang pernah kamu buat sebagai resume untuk menunjukkan kemampuan atau skillmu.

4. Promosikan di berbagai tempat

Kamu telah menyusun portofolio dan mulai membangun pembaca dalam subjek yang kamu pilih sebelumnya. Nah, kini saatnya untuk mulai melakukan lebih banyak pekerjaan. Kamu akan menemukan bahwa artikel online, cetak dan dari outlet lain mungkin menawarkan satu proyek yang berbayar, peluang bagi penulis tamu, atau pekerjaan menulis yang sedang berlangsung lainnya.

Beberapa di antaranya mungkin tidak dibayar - atau mungkin hanya membayar sejumlah pembaca atau hadiah kecil-kecilan. Namun, bagi banyak penulis freelance baru, ini adalah cara yang terbaik untuk membangun portofolio lebih jauh dan menjangkau khalayak yang lebih luas. Jadi, cara ini sangat layak dipertimbangkan.

Kamu juga dapat mempromosikan perusahaan dan situs web yang kamu sukai, untuk menawarkan layanan. Berikut adalah beberapa cara hebat untuk memperkenalkan nama:

  • Kembangkan 'elevator pitch' yang pendek dan efektif, sehingga kamu selalu siap memberi tahu orang apa yang kamu lakukan. Kamu mungkin tidak pernah tahu siapa yang akan kamu temui yang mungkin saja membutuhkan seorang penulis.
  • Hubungi perusahaan yang kamu sukai dan tawarkan jasamu untuk menulis di websiteb mereka, atau membuat posting bersponsor tentang produk mereka untuk blog kamu sendiri.
  • Bergabunglah dengan grup jaringan online dan secara langsung, untuk membangun koneksi di antara penulis lepas lainnya. Sudah rahasia umum bahwa akan ada pekerjaan yang tersedia untuk dibagikan di komunitas ini.
  • Promosikan secara online dan cetak poster secara langsung, hingga hubungi editor dengan ide untuk artikel tertentu yang bisa kamu berikan.
  • Lihatlah situs pasar freelance seperti Linkedin, Sribulancer, Freelance kerja dan lain-lain. Seringkali ada peluang menulis di sini, meskipun itu mungkin bukan bayaran tertinggi bagi kamu. Pilih pekerjaan yang menarik dan gunakan itu sebagai batu loncatan untuk hal-hal yang lebih besar jika kamu perlu.
  • Jika kamu suka blog, baca dan komentari blog lain yang sama dengan niche kamu. Kamu akan segera mengenal penulis lain, dan mungkin menemukan peluang untuk berkolaborasi dan saling berbagi ide
  • Selalu perbarui LinkedIn dan halaman media sosial kamu yang lainnya. Sertakan tautan menuju laman karya yang kamu yang terbitkan agar dapat dilihat oleh pemberi kerja nantinya.

6. Periksa daftar pekerjaan menulis

Daftar pekerjaan spesialis menulis adalah sumber prospek yang sempurna, jika kamu mencari pekerjaan menulis yang lebih terkenal dan berbayar.  Komunitas penulis dapat berbagi ide dan informasi tentang situs, majalah, dan blog tempat kamu dapat terhubung. Jadi carilah informasi terkait daftar pekerjaan menulis di sana. Jangan hanya berdiam diri, karena sebagai pemula kamu sendirilah yang akan mencari pekerjaan meski judulnya freelance.

7. Kumpulkan testimonial dari klien

Saat kamu mulai membangun reputasi, mendapatkan testimoni dari klien sebelumnya akan sangat membantu mendatangkan pekerjaan selanjutnya. Mintalah ulasan beberapa kata tentang bagaimana bekerja dengan kamu, atau mintalah mereka memberikan tingkat kepuasan mereka terhadap hasil kerjamu. Baik melalui email setelah kamu menyelesaikan pekerjaan, atau menggunakan fungsi testimonial di LinkedIn atau situs penyedia pekerjaan. Publikasikan ulasan klien yang bagus di situs web atau blog kamu sehingga pelanggan baru dapat melihat keahlian kamu dan menjadi tertarik.

Itulah beberapa cara tentang menjadi penulis freelance yang dapat kamu coba terapkan agar bisa memulai menghasilkan uang dari kegiatan menulis kamu. Tak hanya uang, menjadi penulis lepas juga dapat membantu kamu dalam membangun personal branding, mengingat kehadiran dunia maya saat ingi juga sangat penting.

Post a Comment for "Panduan Lengkap Tentang Cara Menjadi Penulis Freelance"