Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Meningkatkan DA PA Blog, Blogger Wajib Tahu Nih!

cara meningkatkan DA PA
Ilustrasi (istockphoto)

Dalam dunia blogger tentu Anda sudah akrab dengan istilah DA PA blog atau website. DA merupakan singkatan dari Domain Authority dan untuk PA sendiri adalah Page Authority, yang dimana kedua hal tersebut sangat penting dala sebuah website atau blog, karena digunakan sebagai indikator atau peralatan untuk melihat performa blog atau web secara menyeluruh.

DA PA dijadikan sebagai indikator yang ditujukan untuk memudahkan dalam mengetahui skor website oleh pengguna. Setelah mengetahui skor, Anda juga bisa meningkatkan DA PA blog dari website Anda, penasaran dengan bagaimana caranya. Berikut ini ada beberapa langkah mudah atau cara meningkatkan DA PA blog agar mudah dicari oleh pengguna. Cekidot!

Cara Meningkatkan DA PA Blog yang Harus Diketahui.

1. Lakukan Optimasi SEO On Page

Optimasi SEO On Page
Ilustrasi (istockphoto)

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat DA PA meningkat adalah dengan melakukan optimasi seo on page. Cara ini tergolong cara yang paling dasar dan sering digunakan oleh para blogger, entah itu pemula ataupun blogger veteran. Cara ini dipakai untuk mereka yang ingin membuat website menjadi lebih berkualitas dan mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Alasan tersebut sudah terbukti karena pada dasarnya sendiri teknik seo on page ini membuat google atau mesin pencari mudah dalam memahami website Anda. Tentunya tidak hanya bagian luarnnya saja, namun juga bisa memahami apa sebenranya isi konten Anda. untuk itu Anda perlu melakukan beberapa daftar list optimasi seo on page seperti berikut: 

  • Selalu update konten dengan kualitas baik serta pikirkan dari segi manfaat bagi para pembaca
  • Melakukan optimasi terhadap judul, keyword, meta-tags, meta-title dan deskripsi 
  • Selalu gunakan heading dengan benar
  • Pakailah keyword dengan sebaik dan senatural mungkin
  • Lakukan optimasi dengan menambahkan video dan juga foto pada blog Anda
  •  Tambahkan internal links 
  • Buatlah permalink yang simple

Itulah tips mudah dalam optimasi seo on page yang harus Anda lakukan dalam meningkatkan DA PA website Anda.

2.  Lakukan Juga Optimasi SEO Off Page

cara meningkatkan da pa blog
Ilustrasi (istockphoto)

Selain melakukan optimasi dari dalam dengan melakukan teknik seo on page, Anda juga bisa melakukan optimasi dari luar atau eksternal, yaitu dengan optimasi seo off page. Ada perbedaan dengan seo on page, jika seo on page meningkatkan dari dalam maka seo off page meningkatkan DA PA dari luar, dengan cara yang paling umum yaitu membangun link atau building link.

Cara yang umum dan sudah banyak dipakai oleh sebagian besar blogger yaitu menggunakan building link, salah satu namanya yaitu dikenal dengan istilah backlink. Secara umum pengertian backlink adalah sebuah link dari website lain yang jika diklik akan mengarah ke dalam web Anda. Cara ini sangat ampuh dalam meningkatkan DA PA sebuah blog, dan sampai sekarang masih menjadi cara Andalan para blogger.

3. Melakukan Optimasi Dengan Teknik SEO

Search Engine Optimization Concept Search Engine Optimization Concept SEO On Page stock pictures, royalty-free photos & images
Ilustrasi (istockphoto)

Cara berikutnya yang bisa Anda terapkan dalam meningkatkan DA PA sebuah blog adalah dengan memakasimalkan teknik seo. Cara ini termasuk cara paling ampuh dan terbukti dalam meningkatkan DA PA. Biasanya cara ini mengacu pada struktur sebuah website, jika sebuah website sudah rapi dari segi konten ataupun hal lainnya maka mesin pencari atau search engine akan mudah mengindeks.

Pengindeksan sebuah website biasanya disebut dengan crawling yang memungkinkan situs Anda mudah dicari oleh pengguna di mesin pencari. Ada beberapa langkah untuk melakukan optimasi dengan teknik seo. Jika Anda penasaran dengan teknik seo apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan DA PA sebuah blog, berikut beberapa langkahnya:

  • Melakukan Pendaftaran Website ke GSC atau Google Search Console

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melakukan teknik seo, adalah dengan mendaftarkan website Anda ke sebuah tools milik google yaitu Google Search Console. Hal ini dilakukan untuk membuat website Anda terdaftar di mesin pencari dan akan secara mudah ditemukan oleh orang yang ingin mencari web Anda.

Nah untuk mendaftarnya saja cukup gampang yaitu dengan cara mencari tools GSC lalu masuk pada halaman tampilan GSC, kemudian masukkan alamat website Anda lalu Anda akan masuk ke dalam dashboard GSC. Setelah itu masukkan sitemap dengan format XML pada GSC untuk melakukan pengindeksan website Anda.

  • Membuat Sitemap Dengan Format XML

Jika sebelumnya membahas tentang pendaftaran pada GSC maka langkah selanjutnya adalah membuat sitemap XML. Jika ingin setiap konten pada website Anda dengan mudah diindeks dengan mesin pencari dan mudah ditemukan oleh pengguna. Caranya tidak sulit yaitu cukup dengan menuliskan sitemap.xml pada pengisian sitemap.

Jika Anda merasa artikel atau postingan Anda belum muncul di mesin pencari, bisa saja itu karena belum mendaftarkan website ke GSC ataupun belum mengirimkan sitemap.xml. Mungkin bagi pengguna blogger sudah banyak yang tahu, namun untuk pengguna website wordpress belum banyak yang tahu karena diperlukan sebuah plugin yaitu yoast seo atau google xml.

  • Perhatikan Masalah Plagiasi Atau Duplikat Konten

Salah satu alasan mengapa artikel tidak dapat terindeks pada mesin pencari, yaitu karena konten yang Anda buat tidak lolos plagiasi atau duplikasi konten, sehingga kesempatan untuk tampil dimesin pencari hampir tidak ada.

Jika Anda menemukan permasalahan ini, segeralah lakukan perbaikan pada konten atau postingan yang Anda buat. Jika sudah diperbaiki atau difix maka artikel akan bisa tampil dan dicari pada mesin pencari.

4.  Lakukan Pengoptimalan Tampilan Atau Teknik Mobile Friendly

cara meningkatkan  da pa blog
Ilustrasi (istockphoto)

Cara atau tips terakhir dalam meningkatkan DA PA sebuah website tentu tidak jauh-jauh dari segi tampilannya. Dimana sebuah website yang memiliki tampilan fleksibel dan nyaman, akan mudah naik skor DA PA-nya dan akan membuat rangking semakin naik.

Untuk itu buatlah tampilan blog Anda se-mobile friendly mungkin, untuk itu diperlukan ketelitian dalam memilih template yang akan Anda gunakan untuk website Anda.

Demikian ulasan mengenai cara meningkatkan DA PA blog atau sebuah website, dengan skor yang baik tentu kualitas dari sebuah blog akan diperhitungkan. Sehingga kemungkinan untuk menjadi situs bermanfaat dan berada di rangking atas pun akan segera tercapai. Semoga bermanfaat!

5 comments for "4 Cara Meningkatkan DA PA Blog, Blogger Wajib Tahu Nih!"

  1. Kk apakah dengan melaksanakan komentar di blog lain dan mencantumkan link ditempat yang sudah di sediakan di blog tersebut bisa membuat da pa naik?

    ReplyDelete
  2. Terus cara naikin DR PR apakah sama metodenya?

    ReplyDelete
  3. Terima kasih admin, tips nya bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Makasih ka infonya biar bisa dicoba dulu

    ReplyDelete
  5. Nice kak. Nanti bisa dicoba tips2 yang kakak sarankan

    ReplyDelete