Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Situs Blogging Gratis Terbaik untuk Membangun Blog


Situs Blogging Gratis
Ilustrasi (istockphoto)

Kamu ingin mulai membuat blog, tetapi masih ragu untuk membeli domain? Maka kamu tidak perlu khawatir lagi, karena sudah ada beberapa situs blogging yang menyediakan situs blog secara gratis, dan kabar baiknya meski gratis tetapi tetap dapat menjangkau lebih banyak audiens.

Oleh karena itu, berikut ini adalah 7 situs blogging gratis terbaik untuk membangun blog kamu sendiri secara gratis tanpa sepeser pun uang. Yuk simak ada apa aja!

Situs Blogging Gratis Terbaik 

1. Wix, ada template pilihan otomatis dari Wix AI!

>> www.wix.com

Yang pertama atau first adalah Wix, situs ini adalah salah satu pembuat situs web atau blog yang dapat kamu gunakan secara gratis. Menariknya situs ini dapat dikelola sepenuhnya dari front end dengan karakteristik utama dari situs ini adalah adanya opsi drag and drop.

Hal yang menyenangkan tentang Wix ini adalah bahwa ia memiliki hosting gratis, jadi kamu hanya perlu mengatur tata letak, memilih template, dan kamu sudah siap untuk memiliki blog sendiri.

Untuk meluncurkan blog Wix, kamu cukup mendaftarkan diri kamu dan kemudian menentukan pilihan kamu untuk penggunaan template. Untuk pilihannya ini ada dua macam yaitu desain otomatis dari Wix AI atau dengan menemukan template-mu sendiri berdasarkan kesukaanmu.

2. WordPress, pembuat situs blog sejuta umat!

>> www.wordpress.org

Nah, yang kedua adalah situs pembuat website WordPress.org, situs blogging gratis terbaik yang satu ini adalah rajanya situs pembuat blog secara gratis dan memiliki sejuta umat pengguna. Pada WordPress ini, kamu akan disediakan beberapa domain WordPress secara gratis, tetapi untuk memiliki pengalaman blogging terbaik, kami merekomendasikan agar kamu dapat membayar domain pilihanmu.

Mengapa demikian? Karena ketika kamu memiliki domain sendiri maka kamu akan memiliki kendali penuh untuk situs blog buatanmu sendiri. Mulai dari segi tampilan hingga fungsi untuk situs blogmu. Selain itu, kamu juga akan memiliki stus blog WordPress yang solid. Dan yang paling penting, kamu akan memiliki proses penyiapan blog yang semakin praktis dan kamu tidak perlu bingung lagi.

3. LinkedIn, sangat cocok untuk pemiliki bisnis dan professional!

>> www.linkedin.com

Situs blogging gratis selanjutnya adalah LinkedIn, tahukah kamu jika LinkedIn bukanlah pilihan pertama kebanyakan orang ketika mempertimbangkan situs blog gratis? Padahal situs ini memiliki nilai yang benar-benar layak untuk menjadikannya sbeagai situs pembuat blog terbaik.

LinkedIn memiliki hampir 30 juta pengguna bisnis yang aktif, jadi para audiens pada situs web ini adalah orang-orang yang professional dan pemilik bisnis. Sehingga situs blog ini sangat disarankan untuk kamu yang bekerja sebagai pemilik bisnis, melalui blog ini kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai salah satu sumber utama pemasaran kamu.

4. Weebly, alternatif lain untuk situs pembuat blog gratis!

>> www.weebly.com

Nah, selanjutnya adalah Weebly, situs ini adalah pembuat situs web atau blog yang dapat kamu gunakan tidak hanya untuk blog, tetapi juga untuk menjual produk atau memamerkan portofolio tentang diri kamu sendiri.

Situs pembuat blog Weebly ini hampir 11 12 degan situs web Wix yang menyediakan elemen drag and drop. Selain itu, dari galeri foto, tayangan slide dan elemen multimedia lainnya juga terlihat mirip antara keduanya.

Yang paling penting, Weebly ini dilengkapi dengan fitur analytic bawaan yang memberimu kesempatan untuk menggunakan domain khusus ciptaan kamu sendiri. Akan tetapi untuk mendapatkannya, seperti situs web lainnya kamu harus membayar terlebih dahulu. Dan selanjutnya, melalui Weebly ini kamu akan memiliki lebih banyak pelayanan.

5. Medium, sesuai untuk kamu yang hanya ingin menulis!

>> www.medium.com

Selanjutnya adalah situs blogging Medium, situs web ini merupakan situs multiguna yang menangani beragam topik. Ini memiliki arti bahwa kamu dapat menulis di mana saja dan siapa pun saja yang memiliki akun dapat menulis melalui situs Medium.

Dan yang paling menarik dan tentunya menguntungkan adalah, bahwa artikel yang kamu tulis akan di publish ke khalayak umum. Karena situs ini memiliki kunjungann hingga 60 juta audiens setiap bulannya dan dapat meningkat setiap tahunnya, hebat bukan?

Tetapi, melalui situs Medium ini kamu tidak benar-benar membangunnya sendiri, karena semua tulisan atau konten yang kamu buat berada di Medium. Jadi kamu tidak memiliki ruang buatanmu sendiri.

6. Blogger, kenalan dengan situs blog tertua!

>> www.blogger.com

Situs blogging gratis terbaik selanjutnya adalah Blogger, situs ini memiliki pengguna terbanyak kedua setelah WorPress loh! Blogger merupakan salah satu situs pembuat blog gratis tertua, meski demikian dilihat dari popularitasnya, Blogger kini kian menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk memula melalui Blogger, maka kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu akan menentukan salah satu template agar dapat memulai menampilkan konten-konten buatanmu. Berbeda dengan blog-blog lainnya yang terlihat minimalis hingga menawan, Blogger tidak memiliki kustomisasi desain template lebih lanjut dan hanya berfokus pada tulisan. Dan uniknya, Blogger hadir dengan ruang iklan yang dapat kamu tempatkan di dalam konten kamu. 

7. Tumblr, untuk kamu yang suka pendek-pendek!

>> www.tumblr.com

Situs blogging gratis yang terakhir adalah Tumblr, situs ini merupakan salah satu situs pembuat blog gratis yang memiliki cirri khasnya sendiri. Tumblr ini berfokus pada orientasi untuk konten multimedia atau media sosial, yang berbeda dengan situs web lainnya karena kebanyakan berfokus pada tujuan publish atau penerbitan.

Tumblr ini juga berisi konten yang pendek-pendek dan secara umum berisi gambar-gambar. Jadi situs ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki rencana yang mengarah pada bisnis. Tumblr ini sederhana dengan menawarkan opsi penyesuaian dasar dan memiliki lebih banyak getaran media sosial.

Ketahui bahwa Tumblr ini tidak dibuat untuk tujuan bisnis atau menghasilkan uang, tetapi melalui situs ini memungkinkan kamu menampilkan iklan di halaman kamu dengan mengintegrasikannya bersama Google Analytics.

Bagaimana, apakah kamu memahami situs blogging gratis terbaik di atas yang dapat kamu manfaatkan untuk membangun blog kamu secara gratis? Dan sudah adakah pilihan di dalam hatimu untuk membuatmu memulai menjadi blogger?

Post a Comment for "7 Situs Blogging Gratis Terbaik untuk Membangun Blog "