Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Meningkatkan Konsistensi Dalam Menulis

Tips Meningkatkan Konsistensi Dalam Menulis
Ilustrasi (istockphoto)

Dalam dunia tulis menulis konsistensi menjadi hal paling mendasar dan utama, meskipun mempunyai kemampuan menulis yang baik jika tidak dibarengi dengan konsisten maka juga akan percuma. Hal ini sering menjadi problem utama bagi para penulis, terutama bagi Anda yang mulai atau baru dalam dunia tulis menulis.

Nah, lantas bagaimanakah cara atau tips meningkatkan konsistensi menulis? Ada banyak jawaban terkait hal tersebut. Jika tertarik untuk menjadi penulis dengan tingkat konsistensi tinggi mulailah perbaiki diri mulai dari sekarang, mulai dari giat menulis hingga mencari banyak referensi. Inilah langkah-langkah mudah dalam menjaga konsistensi menulis, Antara lain adalah:

Tips Meningkatkan Konsistensi Dalam Menulis

1.  Pikirkan Sebuah Tema untuk Tulisan yang Akan Anda Buat Saat Pagi Hari Setelah Bangun Tidur

Tips pertama yang bisa membuat Anda tetap konsisten dalam menulis adalah dengan menerapkan kebiasaan dalam setiap pagi, yaitu setelah bangun tidur usakan untuk memikirkan sebuah tema yang akan Anda buat. Secara umum saat pagi hari merupakan saat yang tepat dalam menyusun sebuah rencana atau ide, karena pada saat itu pikiran masih sangat fresh.

Jadi akan mudah dan banyak sekali ide yang akan bermunculan, setelah itu seleksilah beberapa ide tadi menjadi satu buah ide yang menurut Anda sangat cocok. Pikirkanlah mengenai topik yang paling Anda sukai terlebih dahulu, tapi ada yang lebih penting lagi yaitu mengenai ide yang akan Anda tuangkan harus sesuai dengan kemampuan Anda atau relate, jadi akan lebih mudah dalam menulis.

2.  Jika Tidak Kunjung Menemukan Ide, Lakukanlah Beberapa Hal Untuk Membuat Pikiran Anda Tenang

Masalah kebuntuan dalam mencari sebuah ide tentu menjadi problem tersendiri, di lain sisi tidak adanya ide membuat Anda semakin tertekan dan bahkan jika dilanjutkan memaksa untuk mencari ide, malah akan membuat Anda semakin kebingungan. Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu melakukan beberapa hal untuk membuat pikiran menjadi tenang dan rileks kembali.

Beberapa cara tersebut bisa dimulai dengan membaca buku, jalan-jalan, menonton film atau drama, hingga mendengarkan musik. Anda bisa memilih beberapa cara di atas yang menurut Anda paling ampuh dalam membuat pikiran menjadi rileks. Jika pikran sudah tenang dan tidak dalam kondisi tertekan lagi maka ide-ide fantastis akan muncul dengan sendirinya.

3. Selalu Catat Setiap Apa yang Anda Pikirkan, Terutama Saat Mencari Sebuah Topik

Tips berikutnya untuk membuat Anda selalu konsisten dan mudah dalam menulis adalah dengan selalu membuat catatan tentang apa yang Anda pikirkan, meskipun itu hanya terlintas dibenak Anda. Karena tidak banyak yang tahu bahwa kemungkinan besar ide-ide besar lahir dari ketidaksengajaan, jadi sebisa mungkin untuk menulis serta mencatat apa yang Anda pikirkan.

Untuk bisa melakukan hal tersebut bukanlah hal yang mudah dan bisa disepelekan, karena pada dasarnya membuat catatan itu lebih sulit dibanding menulis karena sangat diperlukan ketelitian dan juga kecekatanan. Jika sudah bisa membuat sebuah catatan mengenai beberapa ide kecil atau topik, maka untuk langkah selanjutnya dalam menguraikan ide akan lebih mudah.

4.  Menentukan Plot Atau Alur Dalam Tulisan yang Akan Dibuat

Dalam dunia kepenulisan alur menjadi komponen paling penting, selain mempemudah Anda dalam menulis bisa juga menjaga konsistensi dalam setiap apa yang Anda buat. Dengan adanya plot atau alur yang terstruktur, maka Anda akan lebih giat lagi dalam menulis, sehingga Anda selalu berusaha untuk selalu menulis sesuai alur yang telah dibuat.

Banyak orang atau penulis menganggap bahwa pembuatan alur tidak ada hubungannya dengan konsistensi menulis, itu salah besar. Karena jika dilihat lebih dalam lagi dengan adanya sebuah alur atau plot, sebuah tanggung jawab untuk selalu menulis. Jadi mulai sekarang buatlah sebuah alur atau plot untuk karya yang akan dibuat.

5.  Sebelum Menulis Sebuah Topic, Usahakan Untuk Membuat Sebuah Narasi Atau Paragraf Awal

Dalam membuat Anda menjadi seorang penulis yang penuh konsistensi dalam pekerjaannya, tidak melulu tentang mencari ide saja, tetapi juga harus tahu bagaimana menulis atau mencurahkannya. Masalah ini sering kali menjadi penyebab utama mengapa penulis pemula bisa  menyerah untuk menulis, bahkan berpikir untuk berhenti.

Untuk mengatasi hal tersebut setiap mempunyai waktu luang atau senggang selalu tulis apa yang Anda pikirkan, ikuti saja alurnya. Jika sudah terbiasa maka untuk membuat paragraf pembuka pada setiap tulisan yang akan dibuat menjadi begitu mudah. Asal anda tahu bahwa paragraf utama dalam sebuah tulisan mempunyai peranan penting dalam menentukan kearah mana tulisan Anda nantinya.

6.  Selalu Mencari Referensi Entah Itu Dibuku Dari Karya Orang Lain Ataupun Media Sosial

Untuk lebih semangat lagi dalam menulis Anda juga harus memperbanyak referensi, memperbanyak referensi bukan semata-mata untuk menambah wawasan saja, tetapi bisa menjadi penyemangat untuk membuat Anda lebih konsisten lagi dalam menulis.

Untuk itu sempatkan membaca karya orang lain yang tentunya sealiran dengan Anda dalam topik yang ingin dibuat. Tapi Anda juga bisa mencari referensi lewat media sosial dengan cara mencari beberapa karya dari orang lai yang diposting dimedia sosial.

7.  Posting Tulisan Atau Karyamu di Platform Media Sosial

Untuk tips terakhir dalam membangun konsistensi dalam menulis adalah dengan memposting atau meyebarluaskan karya Anda lewat jejaring sosial. Anda bisa memposting langsung di blog pribadi atau bahkan memposting lewat blog-blog besar.

Jika Anda ingin lebih cepat lagi dalam menyebarluaskan tulisan, Anda bisa mempostingnya langsung lewat media sosial, karena terbukti pada saat ini media sosial merupakan alat yang tepat dalam mencari dan juga menshare informasi.

Demikian pembahasan mengenai beberapa tips meningkatkan konsistensi dalam menulis, semoga karya atau tulisan Anda cepat selesai dan dapat sukses. Dengan adanya beberapa tips di atas diharapkan akan memperbanyak referensi dan juga menambah semangat Anda dalam menulis. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "7 Tips Meningkatkan Konsistensi Dalam Menulis"