Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Jadi Penulis: 7 Langkah Kecil untuk Membantu Kamu Mencapai Goals yang Diinginkan

Rahasia jadi penulis
Ilustrasi (istockphoto)


Ssstt, ingin tahu rahasia menjadi penulis? Maka, persiapkan dirimu karena kita akan mengupas tuntas tentang bagaimana menjadi penulis. Ini adalah sebuah langkah kecil untuk membantu kamu mencapai goals yang kamu inginkan ketika telah memutuskan untuk menjadi penulis.

Tapi tunggu duls ges! Ketahui bahwa menjadi penulis berarti mengambil semuanya dalam satu langkah, satu kalimat dan pada satu waktu. Jadi, jika kamu ingin belajar bagaimana menjadi seorang penulis.

Maka kamu harus berani, ambil nafas panjang sejenak dan biarkan segalanya berhubungan  dengan penulis batinmu untuk mendapatkan sebuah inspirasi dan menorehkannya dalam tulisan. Karena kamu sudah tidak sabar, berikut ini adalah 7 langkah kecil untuk memulai menjadi penulis dengan arah yang benar. Yuk Simak!

Tips Jadi Penulis yang Konsisten

1. Jangan setengah-setengah, baca sekaligus semuanya!

Langkah pertama untuk menjadi penulis adalah dengan menjadi pembaca yang hebat. Baca baca baca dan baca. Baca hal-hal yang kamu tahu, kamu sukai dan hal-hal yang kamu tahu. Selanjutnya, minta rekomendasi dari teman atau forum-forum tentang buku bagus yang terakhir mereka baca, tanyakan juga pada pustakawan tentang buku apa yang populer akhir-akhir ini, lalu bacalah ketiganya.

Bacalah semua yang bisa kamu peroleh, karena apa yang kamu serap secara tidak sadar akan menjadi bagian dari tulisan kamu. Selain itu, semakin beragam yang kamu membaca, semakin khas torehan-torehan yang kamu peroleh ketika menulis.

Ketahui bahwa, seorang penulis adalah gabungan dari semua yang telah dia baca, jadi milikilah! Dan langkah selanjutnya adalah menyerap apa yang kamu baca. Kamu dapat menandai halaman yang secara khusus berbicara tentang diri kamu sendiri dan memberimu inspirasi dari inspirasi sang penulis.

2. Jangan hanya sekali, yuk tulis ulang!

Setelah kamu membaca semua sekaligus maka kamu dapat menulis ulang apa yang telah kamu aphami dari membaca bacaan tadi. Kemudian langkah selnajutnya, secara kiasan atau harfiah, kamu harus mengeditnya. Sehingga, di sinilah keterampilan itu akan datang secara perlahan tapi pasti. Dan akhirnya kamu berhasil! Kamu telah menulis, menulis dan menulis lagi, dan kamu telah mencapai goals kamu, kerja bagus!

3. Jangan ragu ‘coba lagi’, coba coba dan terus coba!

Pemula dalam segala hal membutuhkan waktu untuk bernapas dan mengapung. Jadi lanjutkan! Tulis satu kalimat, kemudian tulis lagi dan tulis lagi. Bahkan jika itu mengharuskanmu untuk menatap selembar layar kosong selama satu jam sebelum kamu dapat mulai menulis, maka Lakukanlah! Jangan ragu untuk memulainya, jangan ragu dengan coba lagi!

Tuliskan saja sesuatu tentang sembarang hal! Ketika kamu sudah menemukan topik maka kamu tidak akan dapat berhenti. Itu adalah hal bagus, dan pastikan bahwa kalimat terakhir yang kamu tulis telah benar dan mendukung kalimat-kalimat berikutnya. Dan akhirnya, tanpa sadar 15 menit telah berlalu dan kamu telah memperoleh lebih dari 100 kata, luar biasa!

4. Bak sebuah dongeng, selalu buat plot!

Menulis adalah hal yang sangat mudah, jadi mulai renungkan beberapa proses berpikir didalamnya, maka selanjutnya kamu akan menuju tulisan yang berkualitas. Tulisan yang berkualitas adalah menulis yang membutuhkan beberapa perencanaan agar kalimat-kalimat itu masuk akal ketika disusun bersama-sama.

Untuk membuatnya menjadi lebih jelas, terstruktur dan terarah. Cobalah untuk membuat peta tentang kemajuan cerita dari poin satu ke poin berikutnya. Fokuslah pada menulis satu bagian pada satu waktu, dan yang hebat adalah kamu dapat menetapkan tujuan untuk tulisan kamu berdasarkan bagian dan perkiraan jumlah kata masing-masingnya.

Misalnya, kamu ingin proses persiapan novel baru akan selesai dalam waktu satu bulan. Maka, hitung berapa banyak kata dalam sehari yang perlu kamu tulis untuk mencapai target tersebut, lalu coba patuhi jadwal kamu. Sesekali kamu juga dapat meningkatkan jumlah kata yang kamu tulis, sehingga novel kamu akan lebih cepat selesai dari tenggat waktu yang telah kamu jadwalkan.

5. Luapkan semangat untuk menulis!

Jangan takut, bersemangatlah! Karena kamu seorang penulis! Ingatlah bahwa setiap kata tambahan yang kamu tulis akan membuat kamu menjadi semakin dekat dengan goals kamu. Setiap kalimat tercipta dari kalimat telah kamu tulis. Jadi, pahami bahwa ini adalah hal yang menakjubkan yang bisa kamu wujudkan, saat kamu merasakan luapan energi dan merasa terispirasi maka selalu bersiaplah untuk menulis!

6. Jangan hanya janji palsu, tapi benar-benar lakukanlah!

Saat bangun tidur, jangan pernah buat jadwal tentang list to do! Tetapi buatlah jadwal yang benar-benar telah kamu lakukan. Agar lebih mudah dan tidak hanya menjadi wacana atau bahkan janji palsu, cobalah untuk melakukan sedikit kegiatan dalam satu hari.

Sisipkan juga waktu istirahat, TAPI jangan terlalu banyak beristirahat! Kamu juga bisa meluangkan beberapa waktu untuk mengalihkan perhatian dari layar komputer agar kamu kembali relax. Eits! Tapi jangan pernah kamu beranjak dari tempatmu menulis!

7. Jangan merombak jadwal menulis, cobalah untuk tetap mematuhinya!

Menjadi seorang penulis bukan hanya tentang mulai menulis, meskipun seringkali itu adalah langkah terbesar yang akan kamu ambil, ketahui bahwa menjadi penulis berarti terus menulis. Sehingg, tetapkan jadwal harian yang dapat kamu lakukan, misalnya satu hari selama 2-3 jam dan tentunya akan sangat penting bagi kamu untuk menaatinya.

Jadi, jika suatu hari kamu lupa menulis hanya karena kamu sedikit lelah dan lebih memilih maraton Netflix, lalu kamu menundanya hingga menjadi esok. Maka ketahui bahwa dalam sehari itu akan menjadi dua kali lipat, dan seterusnya. Cobalah untuk tetap berpegang teguh pada goals kamu sehingga kamu tidak akan merasa terjebak di dalamnya. Dan akhirnya, menulis akan terasa sangat menyenangkan ketika kamu memenuhi goals-mu.

Menjadi seorang penulis bukanlah tugas yang mustahil, dan tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk menghindar dari kegiatan menulis. Jadi mulailah menerapkan tentang 7 langkah kecil yang akan membantumu mencapai goals yang kamu inginkan sebagai penulis, Yuk Semangat!

Post a Comment for "Tips Jadi Penulis: 7 Langkah Kecil untuk Membantu Kamu Mencapai Goals yang Diinginkan"