Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cermati Kiat-Kiat Memulai Blog Agar Tumbuh Menjadi Bisnis Yang Menguntungkan

Kiat-kiat memulai blog untuk bisnis
Ilustrasi (istockphoto)

Sebagian dari kita, mungkin berpikir jika memulai sebuah blog adalah tentang tulisan. Nah, dari sini tulisan-tulisan ini akan disulap hingga dapat kamu jadikan sebuah bisnis yang menguntungkan loh! Yuk simak bagaimana cara mudah untuk memulai blog agar tumbuh menjadi sebuah bisnis untuk menghasilkan cuan!

Yang harus kamu ketahui, bahwa segala jenis bisnis selalu memulai dengan menciptakan sebuah blog untuk membangun audiens jangka panjang. Ini adalah cara mudahnya, oke? 

Tetapi untuk sebuah bisnis baru kebanyakan dari kita akan membangun audiens terlebih dahulu, dengan mengeluarkan konten-konten yang menarik perhatian dan dilakukan secara konsisten. Kemudian, langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk menghasilkan uang dari lalu lintas para audiens tersebut.

But! Ketika kamu ingin berpikir mengenai cara kreatif untuk menghasilkan uang sebagai seorang blogger di masa depan, maka kamu harus memiliki strategi tentang bagaimana kamu harus mengatur blog kamu untuk sukses. Terutama, agar mencapai rekomendasi teratas dari suatu web penelusuran sebut saja salah satunya adalah google.

Panduan tentang cara memulai blog agar tumbuh menjadi sebuah bisnis ini, tidak hanya ditujukan bagi kamu yang sudah memiliki blog atau yang sudah memiliki bisnis agar dapat dikembangkan menjadi sumber pendapatan. Tetapi, panduan ini juga ditujukan untuk kamu yang belum memulai bisnis dan ingin mulai masuk ke dalam permainan blogging.

Untuk mengawalinya, apa itu blog?

Blog adalah situs web yang terdiri dari konten-konten, biasanya konten ini berfokus pada topik tertentu dan selanjutnya dapat kamu tambahkan secara teratur. Tidak seperti publikasi dan artikel lain, blog cenderung menggunakan nada pribadi, yang membantu mereka terhubung lebih dalam dengan audiens mereka.

Untuk kamu yang masih ragu, berikut ini adalah beberapa alasan orang-orang memilih suatu blog. Pertama, mereka ingin berbagi pendapat dan minat terhadap suatu topik dengan orang lain. Kedua, berbagi informasi dengan orang lain tentang apa yang telah kamu ketahui. Ketiga, mengembangkan brand pribadi sebagai seorang ahli, dan masih banyak lagi.

Dan yang paling penting, ketahui kapan waktu yang tepat untuk memperbarui konten baru. Selalu ingat kamu tidak harus menerbitkannya secara bulanan, mingguan atau bahkan harian. Tetapi, yang paling penting selalu usahakan untuk memperbarui konten sekonsisten mungkin, jadi usahakan kamu mengatur waktu dan menjadwalkannya sekaligus.

Kamu juga harus bersabar, karena sangat jarang bagi seorang blogger yang dapat langsung melihat hasil dari sebuah blog yang ditulis. Jadi pastikan kamu tetap termotivasi dari awal hingga saat ini, serta selalu ingat mengapa kamu memulai untuk melakukannya.

Saat yang kamu tunggu telah tiba, berikut ini adalah cara mudah memulai sebuah blog!

Bagian tersulit mengenai blogging adalah tentang menemukan waktu dan ide, yang kamu butuhkan untuk melakukannya secara konsisten. Tetapi, untuk memulainya adalah hal yang cukup mudah.

Untuk memulai sebuah blog yang memiliki potensi untuk menjadi bisnis, maka kamu harus berpikir lebih seperti seorang pengusaha bukan hanya sekedar blogger. Ini dilakukan agar kamu dapat menjadikan blog yang kamu buat menjadi sebuah usaha yang menguntungkan.

1. Yuk pilih platform untuk Blog kamu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kamu harus menetapkan suatu tujuan atau alasan saat membangun sebuah blog. Setelah itu, kamu harus memilih suatu platform agar kamu dapat menerbitkan blog tersebut.

Sebagai rekomendasinya, kamu dapat memilih platform blog Wordpress yang memiliki plugin paling banyak dan paling penting platform ini sangat bersahabat dengan SEO.

Akan tetapi untuk rekomendasi platform lainnya, kamu dapat menggunakan Blogger, Tumbl dan masih banyak lagi.

2. Jadi lebih keren dengan punya nama domain sendiri!

Langkah selanjutnya adalah, kamu harus mempertimbangkan untuk membeli nama domain sendiri. Selain agar terlihat lebih keren, kamu juga akan memiliki kredibiltas website. Dan blog buatanmu juga akan lebih ramah dengan SEO.

Untuk nama domain, pastikan kamu membuatnya dengan tujuan agar lebih mudah diingat, diketik dan tentunya unik bagi semua orang. Dan ingat! Bahwa kamu tidak harus menyertakan nama lengkap kamu sebagai domain dari blog kamu. Karena melalui pengaturan platform, kamu juga bisa menampilkan wajah kamu dalam profil di blog buatanmu.

3. Supaya lebih indah, desain sendiri yuk!

Sebelum membuat postingan blog pertama, kamu harus mengatur desain blog kamu agar lebih eye catching. Jangan bingung dulu! Karena desainnya cukup mudah kok. Kamu bisa mendesainnya setelah kamu memilih template yang kamu sukai dan sesuai dengan isi konten kamu. Daaannn, templatenya kamu tinggal pilih-pilih dari platform yang kamu gunakan.

Sebenarnya, pada tahap ini telah banyak para calon blogger yang bingung  hingga terjebak dan pada akhirnya mundur untuk membuat blog. Jadi , luangkan waktu saat memilih tema ini ya! Karena hal itu dapat membuat perbedaan dunia dalam performa blog kamu, terus bersabar dan mencoba ya!

4. Akhirnya, yuk mulai cara lain agar blog kamu menghasilkan uang

Sebenarnya, ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang dari suatu blog yang kamu buat. Misalnya saja, dari yang banyak diketahui orang-orang yaitu dapat uang dari Google AdSense. Tetapi cara menghasilkan uang tidak hanya sesempit itu melalui blog.

Ada cara yang lebih baik lagi dan lebih cepat untuk menghasilkan uang dari blog, bahkan hasilnya bisa mencapai dua kali lipat dari pendapatanmu selama ini dari AdSense. Yaitu dengan menjual produk fisik yang sesuai dengan minat audiens, misalnya kaos. 

Selain itu, juga bisa menjual produk digital seperti resume, foto atau desain. Cara lainnya lagi, kamu juga bisa bergabung dengan program afiliasi untuk merek lain, contohnya Amazon untuk mendapatkan komisi setiap kamu menjual produk mereka.

5. Selain perbarui konten secara konsisten, buat orang lain membaca blog kamu secara konsisten juga!

Cara paling mudah untuk menjangkau audiens adalah, dengan mengumpulkan email secepatnya. Dengan cara ini, kamu tidak harus mempedulikan tentang platform yang kamu gunakan. Ketahui dengan mendapatkan pelanggan email baru, maka kamu akan mendapatkan pembaca berulang yang sangat potensial dan dapat kamu jangkau dengan mudah.

Bagaimana, bukankah kiat-kiat untuk memulai blog agar menjadi bisnis yang menguntungkan di atas sangatlah mudah dilakukan? Jadi, jangan membuang-buang waktu lagi, Yuk mulai dari sekarang!

Post a Comment for " Cermati Kiat-Kiat Memulai Blog Agar Tumbuh Menjadi Bisnis Yang Menguntungkan"