Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak yuk! 6 Tips Dapat Beasiswa yang Kamu Impikan

buku terbuka tentang tumpukan buku di perpustakaan di sekolah, universitas, perguruan tinggi. - scholarship potret stok, foto, & gambar bebas royalti
Ilustrasi (istockphoto)

Tips Dapat Beasiswa - Akhir-akhir ini di tengah merebaknya pandemi covid-19 dunia pendidikan mengalami perlambatan mobilitas. Namun bagi sahabat-sahabat semua yang sudah tamat SMA, tentu opsi lanjut ke perguruan tinggi menjadi momok tersendiri. Biaya yang tergolong mahal dan metode belajar yang baru membuat kita berpikir panjang untuk bisa lanjut studi atau sudah cukup tamatan SMA saja.

Apalagi kalau kita tidak mau dan tidak tahu bagaimana mencari beasiswa, maka sudah barang tentu kita akan menjadi lebih malas buat lanjut kuliah. Ingat ya sahabat, kuliah itu bukan sekadar untuk mencari kerja saja, jadi buang jauh- jauh pikiran demikian. Kuliah bukan sekadar kata “Kalau kuliah bisa langsung mudah dapat kerja. Kuliah itu untuk membangun skill dan keterampilan.

Setelah kita memiliki skill, jika ada peluang untuk mengisi kekosongan pekerjaan kita jadi mudah. Ingat ya jadilah seorang yang kompeten dan profesional. Nah, ini buat sahabat-sahabat yang punya mimpi besar buat kuliah penulis punya beberapa tips dan trik untuk bisa memperoleh beasiswa yang kamu impikan.

Tips Dapat Beasiswa yang Kamu Impikan

1. Harus unya niat dan tekad yang kuat dulu

Hal pertama yang kamu harus siapkan untuk bisa lulus beasiswa adalah tekat yang kuat dan tidak pantang menyerah. Bukan rahasia lagi kalau mengurus administrasi beasiswa itu butuh perjuangan banget. Terkadang kita dituntut bolak-balik urus surat ini itu buat melengkapi seluruh berkas-berkas yang diminta.

Tidak jarang juga situasi di lapangan nggak semudah yang kita bayangkan. Ada saja kendala yang kita temui. Maka dari itu tekad yang kuat menjadi modal utama untuk kita bisa selalu sabar dan semangat buat mendapatkan beasiswa.

2. Selalu up to date

Tips dapat beasiswa sekarang enting nih buat sahabat semua buat mantengin terus info-info terkini terutama seputar beasiswa. Buat sahabat-sahabat zaman milenial nih pasti udah nggak asing dengan yang namanya sosmed dan browsing. So, manfaatkan sosmed buat browsing nyari  informasi tentang beasiswa. Sekedar info nih ya, Handphone kalian jika sering dibuat searching beasiswa, maka secara otomatis notif-notif yang muncul di beranda kalian adalah seputar beasiswa saja. Terbantu kan teman-teman nggak perlu nyari-nyari notifikasi akan secara otomatis bermunculan. Begitulah hebat nya teknologi inforamasi zaman sekarang. Apa yang kita sering cari itu lah yang sering muncul.

3. Berusaha dan berdoa

Ingat ya sahabat semua, beasiswa itu bukan peluang yang mudah namun juga nggak terlalu sulit jika mau berusaha dan berdoa. Dan kalian harus yakin bahwa kalian adalah salah satunya. Biasanya nih ya setelah mengikuti tahapan seleksi berkas-berkas kalian akan diuji pengetahuannya.

Hal ini dilakukakan sebagai panduan bahwa kamu benar-benar layak buat nerima beasiswa dan mampu menyelesaikan studi tepat waktu. Fyi nih sahabat semua beasiswa itu kita harus punya target bauat selesai kuliah tepat waktu. Jadi nggak ada ceritanya buat molor dan males-malesan dalam belajar.

Risikonya kalau nilai turun bisa-bisa beasiwa kalian akan diberhentikan. Rugi banget kan jika kalian udah dipercaya buat nerima beasiswa tapi di tengah-tengah perjalanan dicabut. Shock banget nggak tuh, bisa – bisa semua yang kamu rencananin gagal dan yang paling parahnya kalau orang tua kamu nggak mampu bantu lanjutkan uang semester kalian bisa gagal kuliah.

4. Carilah informasi sebanyak mungkin

Nah, bagi sahabat semua yang nggak bisa atau tidak memungkin buat update beasiswa lewat medsos dan browsing, penulis mau bagi solusi nih. Pokoknya kalian jangan khawatir ya, asal ada kemauan di situ pasti ada jalan. Ibarat pepatah “ kalau mau seribu daya, kalau enggan seribu dalih”.

Biasanya tawaran –tawaran beasiswa itu banyak dari beberapa instansi pemerintah dan non-pemerintah. Buat sahabat – sahabat sekalian nih, pokoknya jangan malu deh buat nanya sana sini. Jangan duduk dirumah rebahan saja kalau mau beasiswa. Ayo gerak dan bersosial di luar.  

Ayok kaum rebahan bangkit, jangan mageran terus ya. Biasanya ada beberapa intansi yang menawarkan beasiwa, seperti Pemda Kabupaten Kota dan Provinsi. Untuk mendukung program pemberdayaan SDM unggul bisanya Pemda setempat akan menawarkan program beasiswa yang nantinya dapat mengisi kekosongan SDM unggul di wilayah kerja masing-masing. Untung banget loh, udah kuliah dibiayain, pas tamatnya bisa langsung direkrut jadi pegawai. Nikmat mana lagi yang hendak kita dustakan, teman.

Selain Pemda nih ya, Badan amal zakat nasional (Baznas) juga sering nawarin beasiswa buat para siswa. Eits jangan jangan minder dulu, sebab beasiswa Baznas itu nggak melulu buat orang miskin saja tapi buat kamu yang punya prestasi bakal dapat alokasi tu. Jadi jangan minder duluan ya, mending kamu jadi siswa segudang prestasi biar banyak yang ngelirik kamu untuk diberikan beasiswa.

5. Jadilah siwa dengan segudang prestasi di Sekolah

Penting nih buat sahabat semua yang pengen tahu tips dapat beasiswa kuliah. Kamu harus mempersiapkan semuanya sejak dini, minial dari kelas 1 SMA. Ushakan kalian masuk dalam tiga besar dalam setiap penilaian raport semester. Ini poin penting yang nggak boleh kamu lewatkan. Kemudian aktif lah dalam organisasi internal sekolah.

Emang bener banget ya kalau pengalaman organisasi itu penting banget, semakin banyak pengalaman kamu di bidang organisasi, maka peluang kamu diterima beasiwa pun semakin besar.

Pokoknya jangan males kalau disuruh gabung OSIS dan sebagainya itu. Sekarang mungkin kamu nggak bakalan sadar tapi nanti pas udah tamat baru kamu rasain manfaatnya. Kemudian saat SMA usahakan ikuti minimal satu kegiatan ekstra kulikuler yang kamu sukai, syukur-syukur kamu bisa ikut lomba.

Jika kamu punya banyak sertifikat dan medali perlombaan apalagi sampai tingkat nasional, yakin deh bakal banyak banget yang nawarin kamu beasiswa. Intinya kamu nggak usa ribet nyari, beasiwa yang datang sendiri.

6. Pelajari bahasa asing

Bahasa asing? Hmm kalau dengar ini bikin kening kamu berkerut nggak sih? Salah satu poin penting juga nih buat kamu yang mau dapat bwasiswa, bahasa asing adalha salah satu syarat juga buat kamu bisa lancar lolos beasiswa yang kamu impikan. Meskipun kamu sedang mencari beasiswa dalam negeri kamu tetep harus menguasai salah satu bahasa asing.

Beberapa bahasa asing yang popouler dalam dunia pendidikan seperti Inggris, Arab, Perancis, Mandarin, Jepang, Herman dan Yunani. Emang apa sih gunanya tau salah satu dari beberpa bahasa di atas.

Biasnya nih ya sahabat semua, kebanyakan referensi buku dan jurnal kuliah itu ditulis dengan bahasa di atas. Jadi kalau kamu nggak bisa dari semua bahasa di atas kamu bakal kewalahan dalam membuat tugas-tugas kuliah. Jadi minimal satu bahasa saja yang kamu mengerti, buat modal kamu menempuh pendidikan selama kuliah.

Nah sekian dulu ya beberapa tips dapat beasiswa yang kamu impikan, intinya semangat terus dan jadilah sosok bermental baja. Penulis yakin semua dari kita adalah istimewa. Jangan merasa diri nggak berguna, tapi teruslah berusaha membangun dan mengembangkan potensi diri. Ingatlah satu ungkapan ini: “kamu adalah apa yang kamu pikirkan”

 

                                                                    DKS-Alumnus Bidikmisi Kemenag RI

Post a Comment for "Simak yuk! 6 Tips Dapat Beasiswa yang Kamu Impikan"