Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Followers Dikit Bisa Dapat Endorse? Begini Cara Dapat Endorse di Instagram untuk Pemula

 

Cara dapat endorse
Desain Pribadi

Saat ini sosial media tak terkecuali Instagram memiliki pengaruh besar dalam hal pemasaran/periklanan, baik itu untuk produk maupun jasa. Oleh sebab itu, kini banyak brand atau pemilik usaha/bisnis tidak berpikir panjang untuk menggunakan jasa influencers untuk mengiklankan produk guna meningkatkan kesadaran merk.

Dalam hal memilih influencers, tentu tim terkait akan melihat terlebih dahulu bagaimana popularitas instagram kamu, dan apakah sudah sesuai dengan kriteria mereka. Nggak usah lama-lama lagi, langsung saja simak cara agar instagram kamu dilirik dan digaet brand-brand ternama.

Cara Dapat Endors di Instagram untuk Pemula

Buat kamu yang merasa punya followers masih sedikit, tapi pengen dapat endorse-an di instagram, nggak usah khawatir disimak aja yuk.

1. Be Yourself

Nggak usah muluk-muluk dulu, buat ngikutin gaya selebgram terkenal lainnya. Sebab syarat yang paling pertama dan utama adalah be yourself atau jadilah diri kamu sendiri. Semakin unik gaya kita, maka kemungkinan besar pula kesempatan mendapatkan endorsment dengan mudah. 

2. Aktif Berinteraksi dengan Followers

Nah, cara inilah yang paling penting jika kamu memiliki followers sedikit tapi ingin dapat endorse di instagram. Karena menurut pengalaman penulis pribadi, biasanya brand melihat Engangement rate (Er) atau tingkat interaksi dengan followers. Sebab ada yang followersnya sudah ratusan ribu namun like dan komen tidak sebanding dengan jumlah followers yang dimiliki.

Jadi sebisa mungkin bangunlah interaksi dengan teman-teman kamu di instagram. Seperti saling like, komen di postingan atau story dan lain sebagainya untuk meningkatkan Engangement rate instagram kamu.. 

3. Buat Bio dan Feed Ig Semenarik Mungkin

Penting banget ya kak? Woiya dong, buat bio dan feed menarik itu gimana dong? Hmm, kalau itu sesuai kan saja dengan passion kamu ya guys, yang penting feed rapi, senada dan enak dipandang, kalau memungkinkan foto yang diunggah high quality agar peluang mendapatkan endorse lebih besar.

4. Rutin Update Postingan

Ini juga penting banget ya guys, untuk mendapatkan enodrse, kamu harus update postingan secara berkala, entah itu berupa story, postingan foto/video/reels, agar akun instagram kamu terlihat aktif. Tapi nggak terus-terusan juga ya, sampai dibilang spam wkwk. Misal sehari satu postingan feed, atau dua hari sekali gitu disesuaikan saja.

5. Bangun Personal Branding

Hm, apalagi itu? Sederhananya yaitu kamu ingin dikenal seperti apa, sebagai apa sesuai dengan karakter atau konten yang kamu unggah? Ingin dikenal karena konten kah atau karakter kamu?

Contohnya, Tasya Farasya, dia dikenal sebagai beuaty influencer karena kontennya sangat cenderung ke seputar kecantikan. So, pemilik username ig tasyafarasya ini konsisten dalam memposting informasi tentang kecantikan. Jadilah dia dikenal sebagai beuaty influencer.

Ada juga keanuagl. Selebgram yang satu ini lebih dikenal karena karakternya. Dia dikenal dengan tingkah lakunya yang kocak, yang mana ucapannya yang suka nyablak dan marah-marah tapi kerap kali mengundang tawa.

Nah, kalau kamu sendiri pengen personal branding yang seperti apa nih? Apapun itu, tetaplah menjadi diri sendiri ya guys, tentukan passion kamu yang membuat kamu tetap nyaman agar lebih mudah menjalaninya dalam jangka panjang.

6. Bergabung dengan platform influncer

Belum juga ada tawaran langsung dari brand untuk endorse kamu di ig? Kamu bisa bergabung di beberapa platform yang menghubungkan brand dengan influencer untuk dapat endorse bagi pemula. Dari sana kita bisa mendapatkan endorse produk/jasa dari beragam brand.

Kalau penulis pribadi, awal mula dapat endorse itu dari platform lemon influencer. Waktu itu, followers cuma sedikit, sekitar 5000an saja, penulis lolos di endorse brand mukenah. Lalu juga pernah lolos endorse produk kecantikan. Nah, kalau kamu ingin bergabung di lemon influencer juga syaratnya gampang banget, followers minimal Cuma 1000 saja loh guys.

Selain lemon masih ada dong platform yang lain, di antaranya partipost, influence.id, sociabuzz, popstar, allstars, socomy dan mungkin ada masih banyak lagi. Jangan malas buat cari tahu ya guys!

7. Gabung dengan Management

Wah, bagaimana lagi caranya kak? Kamu tinggal ketik saja kata “Management” di pencarian instagram kamu. Nah, nanti akan banyak bermunculan banyak nama management, kamu klik saja salah satu atau satu persatu, cari tahu infonya management yang masih membuka registrasi untuk talent. Biasanya di bio mereka selalu ada info mengenai info join talent dan kualifikasinya.

Join talent di management biasanya cukup mudah, ada rules yang sudah ditentukan oleh pihak management itu sendiri. Biasanya kita bisa bergabung jika kita punya followers 500-1000 ke atas.

Nah, itulah dia cara mendapatkan endorse di instagram meskipun baru memiliki sedikit followers. Tetaplah konsisten dengan konten kamu. Jika sudah mulai dapat tawaran endorse tetap jaga interaksi dengan followers dan nggak boleh sombong ya:D

Jangan lupa follow instagram penulis (rahmariza97) untuk sharing dan seputar pertanyaan lainnya. Always open follback kok!

Thank You!

Post a Comment for "Followers Dikit Bisa Dapat Endorse? Begini Cara Dapat Endorse di Instagram untuk Pemula"