Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Skincare Bagi Remaja

 Skincare for skin

Manfaat skincare bagi remaja
Ilustrasi (istockphoto)

Permasalah kulit remaja, merupakan permasalahan yang tidak boleh diabaikan apalagi disepelekan. Faktanya, apabila permasalahan tersebut dibiarkan, kulit pun akan semakin sulit dipulihkan dan berpeluang besar mengalami kerusakan. Demikian, telah banyak para remaja yang mulai gesit mencari produk skincare, karena dinilai mampu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Nah, bagi kamu yang masih ingin tahu sejumlah manfaat skincare bagi remaja, kamu bisa membaca kelanjutan artikel ini. Namun sebelum itu, ada baiknya jika kamu juga tahu mengapa perlu menjaga dan memperhatikan kesehatan kulit.

Mengapa Remaja Perlu Menjaga dan Memperhatikan Kesehatan Kulit?

Dalam siaran langsung 'RE MEDIKA' di Radio Edukasi Kemdikbud (24/10/2019), dr. Maria Djapra mengungkapkan bahwa masa remaja merupakan masa yang paling banyak mengalami perubahan serta permasalahan, termasuk masalah kulit. Dokter Maria juga menegaskan bahwa setiap remaja perlu menjaga serta memperhatikan kesehatan kulit mereka, agar terhindar dari potensial besar terjadinya masalah-masalah kulit seperti berjerawat, flek hitam, kulit berminyak dan lain sebagainya.

Manfaat Menggunakan Skincare Secara Rutin Bagi Remaja

1. Menutrisi Kulit

Menjaga kulit remaja tidak boleh dilakukan dengan perawatan yang sembarang. Terutama di masa peralihan dari anak-anak menuju remaja, kulit akan lebih rentan mengalami perubahan serta lebih terasa sensitif terhadap kegiatan. Termasuk jenis olahraga yang banyak mengeluarkan keringat. Oleh sebab itu, remaja kini turut diperhatikan dan mulai diarahkan, agar mau menjaga serta memperhatikan kesehatan kulit mereka. Salah satunya dengan memakai skincare.

Penggunaan skincareyang dilakukan secara rutin dan teratur, telah memberi peluang baik dalam menutrisi kulit. Jadi apabila kulit sudah ternutrisi, maka ketahanan kulit dalam masa transisi pendewasaan kulit pun akan lebih kuat, dan tidak mudah mengalami permasalahan kulit.

2. Mempertahankan Kelembutan Kulit Wajah

Pada umumnya, seorang anak remaja akan dominan memiliki tekstur kulit yang lebih lembut. Akan tetapi, kelembutan kulit remaja tersebut tidaklah selalu bisa bertahan dengan lama, bahkan dapat terganggu akibat masalah-masalah kulit yang ada. Mencegah hal yang tidak diinginkan ini, para remaja layaknya mau membenahi diri dengan lebih merawat kulit diri sendiri. Seperti memakai skincare, yang tentunya berguna bagi kesehatan kulit, termasuk mempertahankan kelembutan kulit.

Tidak perlu ragu untuk mencoba. Skincare sendiri telah menjadi anjuran yang sangat direkomendasikan oleh medis kesehatan. Hanya saja, kamu yang adalah remaja, sekiranya cermat dalam memilih produk skincare yang ingin kamu pakaikan. 

Jangan mudah tertarik pada tawaran harga yang murah, karena hal itu bisa saja menjadi produk skincare tiruan yang dapat merusak wajah. Jangan pula percaya karena harga yang ditawarkan tinggi, karena mungkin saja hal itu pancingan agar kamu percaya dan segera membeli. Akan tetapi, cobalah untuk mencari sumber referensi yang baik, yang dapat membantu kamu dalam memberi sejumlah Informasi terkait produk skincare yang ori.

3. Menunda Munculnya Kerutan dan Garis Halus

Di masa ini, cukup terbilang banyak anak remaja yang masih berusia belasan tahun, namun wajah mereka tak lagi kencang lantaran munculnya garis-garis halus yang disertai dengan beberapa kerutan. Tanda-tanda ini pun disebabkan oleh karena wajah remaja mengalami keadaan penuaan dini, hingga kulit menjadi kendur dan tak lagi kencang seperti seharusnya.

Kondisi ini sebenarnya dipicu dari paparan sinar matahari yang masuk berlebihan pada kulit, ataupun pola hidup yang tidak baik. Pola hidup yang tidak baik tersebut bisa berupa makan tidak teratur, minum minuman beralkohol, serta keadaan diri yang gampang sekali merasa stres. Nah, menghindari terjadinya hal ini, alangkah baiknya jika para remaja mulai mengenakan produk skincare, yang memang berguna untuk menunda munculnya kerutan dan garis halus di wajah. Semakin kamu rutin menggunakan skincare, maka semakin besar kemungkinan, tanda-tanda penuaan dini tersebut berkurang.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Banyaknya remaja yang memiliki keluhan seputar kulit kusam, telah membuat banyak remaja kehilangan rasa percaya diri mereka, dan tak lagi berani untuk memperkenalkan diri pada sesama. Kebiasaan inipun akhirnya berdampak buruk bagi mental sang remaja, dan menjadi problema lanjutan yang sangat memperihatinkan.

Terjadinya permasalahan kulit kusam ini dapat terjadi akibat kurangnya perhatian akan kesehatan kulit. Sehingga, kulit tidak lagi berada di kondisi baik, dan perlahan mengalami permasalahan yang ditakuti. Kalau kamu termasuk sebagai remaja yang punya masalah seperti hal diatas, kamu bisa coba untuk memakai produk skincare yang kamu percaya. Sebab keberadaan produk skincare, telah diakui memiliki fungsi yang sangat maksimal dalam mencerahkan kulit.

5. Mengurangi Bintik dan Noda Hitam di Wajah

Bagi seorang remaja, memiliki kulit putih dan mulus, serta cerah bercahaya adalah impian besar yang senantiasa mereka dambakan. Sayangnya, ada saja beberapa remaja yang mengalami flek hitam, atau munculnya bintik dan noda hitam di wajah. Keadaan ini bisa saja dipengaruhi oleh pigmentasi yang berlebihan, ataupun paparan sinar matahari yang mengenai kulit dalam jumlah yang melewati batasan.

Demikian, wajah mulus pun mulai timbul corak kehitaman yang tampak ramai mengotori wajah. Untung saja keberadaan produk skincare yang meluas dipasaran, telah berguna mengurangi bintik atau noda hitam yang menggelisahkan. Alhasil, tidak hanya remaja, beberapa orangtua ikut menggunakan skincare untuk mengatasi masalah flek dan noda hitam di wajah mereka.

Itulah dia sejumlah manfaat skincare bagi remaja. Semoga artikel ini berguna dan memberi manfaat baik bagi kita semua ya teman-teman.

Post a Comment for "5 Manfaat Skincare Bagi Remaja"