Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nggak Perlu Bingung! Inilah 7 Jenis Skincare Serta Penjelasan Singkatnya

 

Jenis Skincare
Ilustrasi (istockphoto)

Produk skincare adalah produk andalan setiap orang, dalam mewujudkan kulit sehat dan menawan. Hadirnya produk skincare cukup menghebohkan banyak orang, lantaran beragamnya jenis-jenis skincare yang dipasarkan. Nah, maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas jenis skincare, serta manfaatnya bagi kulit.

Jenis-jenis Skincare

1. Face Wash

Face wash merupakan produk berbahan dasar air yang digunakan untuk membersihkan wajah. Produk ini umumnya akan berbentuk gel, busa, maupun batangan. Tergantung bagaimana produk face wash diformulasikan. Dikatakan sebagai salah satu jenis skincare, fash wash memang memiliki fungsi untuk merawat kulit. Inilah alasan mengapa, para dokter di medis kesehatan juga turut menganjurkan setiap orang, agar memilih face wash yang tepat demi perawatan dan kesehatan kulit.

Bukan sekedar membersihkan wajah dari kotoran, debu ataupun polusi, face wash juga berfungsi untuk membersihkan pori-pori sekaligus minyak di wajah. Hal inilah yang menyebabkan mengapa face wash sangat disarankan bagi mereka yang punya masalah kulit berminyak. Memiliki fungsi untuk menyapu minyak, pemakaian face wash dianjurkan hanya dua kali saja dalam satu hari. Karena jika terlampau sering, dikhawatirkan kulit akan kehilangan minyak, hingga menyebabkan timbulnya masalah baru pada kulit, seperti halnya kulit kering.

 2. Face Cleanser

Hampir menyerupai face wash, face cleanser merupakan suatu terobosan lain yang bisa digunakan sebagai alternatif menghilangkan minyak serta kotoran di wajah. Bedanya, face cleanser dibuat dengan kadar busa yang lebih sedikit, sedangkan face wash dibuat dengan busa yang lebih melimpah. Di luar itu, face cleanser juga lebih terasa lembut di wajah, ketimbang saat kita memakaikan face wash.

 3. Face Toner

Face toner atau toner, merupakan langkah kelanjutan dalam proses pembersihan wajah, yang biasa dipakai untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Produk face toner ini mempunyai bahan dasar air dengan kandungan bahan aktif, berguna untuk mengatasi beragam macam masalah pada kulit wajah.

Selain mengurangi minyak, produk face toner ini turut berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, yang kemungkinannya masih menempel di wajah. Masuk sebagai produk skincare, face toner diakui sangat baik digunakan, lantaran fungsinya yang begitu banyak bagi kulit. Adapun fungsi face toner tak lain ialah mencegah timbulnya komedo, menyeimbangkan pH pada kulit, menaikkan daya serap pelembab, mengecilkan pori-pori, menutrisi dan melembabkan kulit, serta lain sebagainya.

 4. Face Serum

Jenis skincare selanjutnya adalah face serum. Face serum merupakan produk perawatan kulit, yang digunakan untuk menghambat penuaan, serta mengatasi penuaan di usia dini. Face serum dibuat dengan kandungan antioksidan serta peptida, yakni bahan aktif yang berguna untuk meremajakan kulit. Tekstur face serum juga sangat ringan, dan sangat mudah menyerap di kulit. Hingga tidak heran, mengapa banyak sekali orang-orang yang tidak mau melewatkan produk skincare yang satu ini.

Tergolong sebagai salah satu produk skincare, face serum mempunyai sejumlah fungsi yang perlu kamu ketahui. Fungsi face serum ini ialah mempercerah kulit wajah, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, menghidrasi kulit serta melawan tanda-tanda penuaan.

 5. Face Moisturizer

Face moisturizer atau yang akrab dikenal dengan pelembab, ialah produk kecantikan yang berguna untuk mengembalikan protein keratin di kulit wajah. Dimana secara ilmu medis, kandungan protein sangat dibutuhkan oleh kulit, agar kulit tetap lembab dan tidak kering. Manfaat skincare berjenis face serum pun tidak kalah banyak dari produk skincare yang lainnya. Maka cukup menyakinkan mengapa produk face moisture ini layak disarankan untuk dipakai oleh tiap-tiap orang.

Adapun manfaat face moisturizer ini ialah mencegah timbulnya berbagai masalah kulit pada wajah, membuat wajah tampak lebih awet muda, membantu keefektifan kulit agar berfungsi lebih optimal, serta lain-lainnya.

 6. Face Mask

Face mask adalah sebutan luar untuk masker wajah. Produk yang satu ini telah umum digunakan, baik itu oleh pria maupun wanita. Bahkan di era yang super modern ini, orangtua dan anak-anak juga mulai ikut menggunakannya. Pasalnya, memakai face mask dapat membuat kulit wajah lebih cantik, cerah, dan terawat. Meskipun berfungsi untuk menutrisi kulit, face mask tetap memiliki keterbagian masing-masing dalam jenisnya.

Bagian-bagian ini dibuat sesuai dengan kebutuhan dan keperluan dari kulit wajah masing-masing. Jadi tiap-tiap orang pun bisa menyesuaikan face mask apa yang cocok untuk kulit mereka. Produk face mask tidak hanya satu bentuk saja. Ada yang berbentuk sheet mask, clay mask, mud mask, perlu off mask, wash off mask, exfoliating mask, serta sleeping mask. Semua bentuk face mask itupun dapat dipilih sesuai kemauan dan keinginan para pemakai.

 7. Sunscreen

Sunscreen merupakan produk skincare yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar ringan matahari. Istilah pada sunscreen kini dibagi atas dua, yaitu chemichal sunscreen dan physical sunscreen. Keduanya sama-sama berfungsi untuk menjaga ketahanan kulit dari paparan matahari. Hanya saja, chemichal sunscreen dan physical sunscreen mempunyai cara kinerja yang berbeda. 

Chemichal sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar matahari, dan mengubahnya menjadi energi panas. Sementara physical sunscreen bekerja dengan cara menghalangi dan  memantulkan sinar matahari yang terkena pada kulit. Menggunakan sunscreen secara rutin, bisa memberi kegunaan yang cukup baik bagi kulit. Misalnya mencegah kanker kulit dari akibat sinar UVA, dan mencegah kulit terbakar akibat kelamaan di bawah paparan sinar matahari.

Setelah mengetahui jenis skincare dan manfaatnya masing-masing, sekiranya kita tidak lagi keliru dan merasa takut untuk mencoba memakai produk skincare ini pada kulit kita. Karena kulit cantik adalah impian yang ingin kita wujudkan.

Post a Comment for "Nggak Perlu Bingung! Inilah 7 Jenis Skincare Serta Penjelasan Singkatnya"