Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cari Tahu Cara Menjadi Influencer yuk, Nggak Harus Terkenal Loh!

cara menjadi influencer
Ilustrasi istockphoto

Istilah influencer saat ini sudah awam di telinga masyarakat, khususnya dalam dunia yang serba digital. Menurut hemat saya, influencer adalah seseorang dengan banyak pengikut atau yang pendapatnya didengar oleh orang-orang yang mengikutinya, dalam artian influencer mempunyai pengaruh terhadap keputusan seseorang dalam melakukan sesuatu, seperti membeli produk, memilih jasa dan lainnya.

Di zaman yang serba canggih ini, Influencer berperan penting untuk meningkatkan awareness suatu brand, dan dapat menyesuaikan target penjualan yang ditentukan perusahaan yang bekerja sama dengannya.

Bagi sebagaian besar masyarakat, pun menganggap profesi seorang influncer itu keren dan tentunya bisa jadi ladang cuan. Menarik bukan? Mungkin banyak di antara kita yang ingin terjun ke dunia perinfluenceran ini. Akan tetapi, haruskah kita terkenal dulu baru bisa jadi influencer? Jawabannya, tentu tidak harus ya, bestie. Terkenal adalah bonus. Kalau belum juga nggak masalah. Nah, gimana cara menjadi influencer tanpa terkenal dulu?

Cari Tahu Cara Menjadi Influencer!

Untuk menjadi influencer kamu nggak harus terkenal dulu, kamu bisa memulai dari diri sendiri dan memulainya dari sekarang. Siapa tahu profesi influencerlah yang akan mengantarkan kamu menjadi dikenal dan terkenal.

1. Tentukan Personal Branding

Cara menjadi influencer

Personal branding itu singkatnya branding pribadi atau ciri khas diri, ingin dikenal sebagai apa dan bagaimana. Personal branding inilah nantinya yang akan membedakan kamu dengan influencer lainnya.

Contohnya Tasya Farasya seorang influencer yang dikenal sebagi beauty influencer, karena kontennya yang fokus membahas seputar kecantikan,  ada juga Tasyi, dia dikenal sebagi foodies karena kontennya yang mereview makanan, Keanu yang dikenal dengan gaya bicaranya yang ceplas ceplos.Mereka memiliki ciri khasnya masing-masing dalam dunia influencer.

Nah, sekarang kamu bisa mulai menentukan minatmu ingin kemana dan seperti apa. Kenali minatmu lebih dalam lagi, ada banyak hobi yang bisa mengantarkanmu menjadi influencer. Misalnya, Travelling, olahraga, kecantikan, kuliner, memasak, main games, fashion, menulis atau bercerita. Bayangin, dengan hobi kita bisa cuan, nikmat macam mana lagi yang kamu inginkan?

Asalkan ada niat dan konsistensi kamu pasti bisa kok, bestie. Personal branding berguna juga loh untuk meningkatkan kehadiran online kamu. Ketika ingin memulai karir, kadang orang juga melihat juga jejak digital kita. Jika fashion kamu positif, pasti jadi daya tarik tersendiri bagi perekrut. So, nggak ada salah untuk membangun personal branding dari sekarang ya kan?

2. Aktif di Media Sosial


tips jadi influencer

Untuk mempermudah jalan menjadi influencer, kamu harus banget nih aktif di media sosial kamu. Mulailah bangun hubungan dengan pengikut, misalnya saling suka postingan, saling berkomentar dan lainnya. Semakin baik hubungan kamu dengan followers, maka akan mudah pula jalan kamu untuk untuk jadi influencer tanpa perlu terkenal.

Selain itu, kamu juga perlu membuat konten kreatif yang mengundang orang-orang bereaksi. Selalu perhatikan tren dan konsisten membuat konten. Tapi ingat, tentukan jumlah postingan dan jangan melakukan spam ya. Kalau kamu posting terus/spam yang ada bukan malah menambah followers, followers yang pun bisa kabur karena ilfill, hahha. 

3. Join Manajemen Influencer 

influencer di smartphone memegang megaphone dan berbicara dengan kelompok pengikut yang menyukai dan mencintainya. pemasaran online dengan media sosial. - influencer ilustrasi stok

Manajemen adalah media yang menghubungkan klien dengan influencer. Ada banyak benefit yang kamu dapatkan jika bergabung dengan manajemen, salah satunya yang paling terasa adalah bisa mendapatkan job endorse dengan mudah karena admin menshare banyak job klien, mulai dari Job untuk Tiktok, instagram, Twitter, Fb hingga blogger. Tergantung kualitas akun sosial media kamu ya.

Nah, tapi gimana nih cara gabungnya? Apa bisa diterima gabung manajemen kan aku masih sedikit followers dan nggak terkenal juga? Aku juga nggak tau dimana bisa gabung manajemen-manajemen gitu? Bingung banget deh, bestie.

Nggak perlu bingung bestie, aku dulu juga sama seperti bertanya-tanya soal demikian. Tapi keingintahuan yang besar bisa menjawab semua pertanyaan itu dan sekarang aku akan sharing. Gampang banget kok caranya jika mau gabung di manajemen.

  • Ketik di pencarian ig kamu “management”, di situ nanti akan banyak sekali akun yang akan muncul, kamu bisa melihat satu per satu  rules atau aturan join jadi member. Biasanya manajemen menyediakan rules join di profil ignya. Jadi, kita tinggal kepoin deh.
  • Baca dengan teliti syarat join di manajemen tersebut, biasanya ada syarat yakni ada yang mewajibkan followers minimal 1000 atau ada juga yang tanpa minimal followers. Ada yang berbayar dan ada yang gratis. Saran dari aku, gabung sama yang Free aja guys. 
  • Ikuti rules dengan benar dan daftarkan diri kamu, nanti jika sudah bergabung manajemen akan menambahkan kita ke grupnya. Tetap patuhi aturan manajemen dan jaga profesional ya bestie. 

Biasanya di manajemen akan ada banyak share broadcast job endorse/paid promote/buzzer dan lain-lain, mulai dari yang free endorse (dapat produk gratis) sampai yang ada fee-nya. Lumayan banget nambah cuan dan bisa dapetin relasi kalau bergabung di grup manajemen.

4. Join Grup Support

konsep orang - influencer ilustrasi stok

Grup support merupakan wadah untuk kamu saling support/mendukung sesama influencer yang ada di dalam grup tersebut. Support seperti apa? Misalnya saling like, komen, nonton story dan lainnya untuk meningkatkan engangement  rate.

Nah, di sini manajemen biasanya menyediakan grup support antar membernya. Inilah juga salah satu benefit jika bergabung dengan manajemen. Grup support berperan penting untuk kamu yang tengah mencari cara menjadi influencer. Nggak perlu terkenal dulu, di grup ini kamu bisa mendapatkan teman baru dan saling support untuk meningkatkan followers dan interaksi di sosial media kamu.

Jika kamu baru bergabung di manajemen dan admin tidak mengarahkan kamu ke grup support, kamu bisa nih menanyakannya, pada admin atau teman sesama infuencer yang ada di grup manajemen tersebut.

5. Konsisten

Influencer konsisten

Ini poin paling penting nih bestie. Konsisten adalah kunci dari segala hal menuju kesuksesan, termasuk juga untuk menjadi seorang influencer. Ketika kamu sudah menekuni hal di atas, kamu harus konsisten dan tidak mudah bosan dengan rutinitas.

Konsistenlah dengan kontenmu, buat rancangan konten yang lebih baik lagi, menentukan tema atau konsep hingga jadwal update postingan. Dan konsisten juga untuk rajin bergabung di grup support.

Melihat cara-cara menjadi influencer di atas nggak terlalu sulit bukan? Nggak perlu terkenal, kalau ada kemauan dan tingkat antusiast mempelajari yang tinggi, maka dengan mudah saja kamu bisa menjadi seorang influencer yang kreatif.

Yuk saling support, medsos penulis ada di ikon di atas blog ini! Jika ada yang ditanyakan, silakan berkomentar di bawah ini.

 

1 comment for "Cari Tahu Cara Menjadi Influencer yuk, Nggak Harus Terkenal Loh!"