Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Diskip! Ini loh 4 Basic Skincare Bagi Pemula

Basic Skincare yang Wajib Bagi Pemula
Image: istockphoto

Siapa sih yang nggak punya keinginan memiliki kulit sehat dan bercahaya? Apalagi kita kaum wanita yang selalu ingin tampil cantik jelita, iya kan? Maka dari itu penting banget nih buat kita melakukan perawatan yang benar, supaya kulit kita tetap sehat dan nggak menimbulkan kerusakan hanya karena salah dalam memilih rangkaian produk skincare. Apalagi buat pemula, penting banget untuk terlebih dahulu mengetahui basic skincare sebelum kita mencoba produk skincare lainnya.

Apa sih basic skincare itu? 

Kalau kita artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu dasar perawatan kulit. Kalau dijabarkan basic skincare adalah rangkaian produk skincare yang paling mendasar, yang sangat penting dan jangan sampai kita lewatkan demi menjaga kebutuhan kulit kita.

Awalnya aku pribadi juga nggak begitu peduli dengan skincare. Tapi seiring bertambahnya usia dan mengingat buruk gaya hidup aku itu membuat diriku sadar, damage yang ditimbulkan ke kulit wajah, jadi kusam penuaan dini dan lainnya. Jadi, sebelum terlambat kita penting banget tahu cara merawat wajah kita dengan baik dan benar. Disarankan mulai dari usia remaja supaya nggak terjadi penuaan dini.

Pilihlah skincare yang tepat, terutama pahami dulu tentang basic skincare. Jangan main asal tergiur gitu aja ya, sama produk-produk yang kata orang-orang bagus, tapi kita melewatkan basic skincarenya ya bestie.

Nah pertanyaannya sekarang, apa aja sih basic skincare yang pemula wajib tahu? Simak stepnya berikut ini dan jangan sampai kamu lewatkan lagi ya.

1. Cleansing

wanita muda menghabiskan waktu di rumah - cleanser potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Perawatan wajah di langkah pertama ini, kita nggak cukup hanya mencuci dengan air saja loh girls. Apalagi sampai menggunakan body wash buat cuci muka. big no ya.

Di step ini kita  bisa menggunakan menggunakan micellar water/cleansing balm/milk cleanser/ gel cleanser, pilih antara satu produk yang disebutkan, untuk membersihkan wajah dari kotoran atau make up yang menempel di wajah.

Setelah itu, double cleansing dengan memakai produk facial wash atau sabun cuci muka, yang cocok dengan jenis kulit wajah kamu. Ini berfungsi untuk membilas sisa kotoran tadi supaya kebersihan kulit terjaga dengan maksimal.
 

2. Toner

botol dengan air pembersih tonik atau misir dengan bumbu segar dan bunga dan kapas di latar belakang merah muda, tampilan atas. konsep kecantikan, kulit, rambut atau perawatan tubuh. fokus selektif - toner potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Nah, supaya maksimal lagi hasil skincare berikutnya gunakan toner. Kamu bisa mengaplikasi toner dengan kapas atau telapak tangan secukupnya.

Adapun fungsi paling penting dari toner, ialah untuk menyeimbangkan Ph kulit setelah tahap double cleaser dan memaksimalkan step skincare berikutnya.

Ada dua jenis toner yang beredar di pasaran, yaitu exfoliating toner yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Ada juga hydrating toner yang berfungsi untuk menghidrasi kulit wajah. Jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan kulit kamu ya.

3. Moisturizer

pelembab - moisturizer potret stok, foto, & gambar bebas royalti
 

Fungsi utama moisturizer adalah untuk melembabkan kulit wajah. Ini sekaligus berguna untuk mengunci kelembaban dan bisa mengontrol minyak berlebih, juga kulit akan terhindar dari masalah kusam dan kering.

4. Protecting (Sunscreen)

wanita tangan menerapkan tabir surya di pantai - sunscreen potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Protecting adalah pelindung wajah saat beraktivitas, baik di luar dan di dalam ruangan. Produknya adalah sunscreen. Ini merupakan basic skincare yang dilarang keras untuk diskip. Semua perawatan wajah kamu akan sia-sia apabila melewatkan step yang terakhir ini, teman. Kulit wajah yang terpapar sinar matahari terus menerus tanpa perlindungan, akan membuat masalah-masalah kulit seperti kusam, kering, keriput dan lainnya merajalela.

Jadi mulai sekarang jangan lewatkan menggunakan sunscreen ya girls. Untuk tipsnya gunakan sunscreen seukuran dua jari untuk memaksimalkan perlindungan di wajah. Pastikan juga gunakan sunscreen dengan spf minimal 30 dan PA++, agar wajah terlindungi secara optimal setiap harinya.

Nah, gimana girls? nggak sulit kan untuk melakukan perawatan kulit wajah dengan benar? Cukup mengetahui dan menerapkan empat basic skincare yang wajib ini secara rutin, maka kulit wajah kita pun akan terawat dan sehat. Setelah rutin menerapkan basic skincare, kamu juga bisa menggunakan perawatan lainnya, seperti serum, cream siang malam, ampoule, dan lainnya yang sesuai kebutuhan kulit kamu tentunya.

Salam cantik!

Post a Comment for "Jangan Diskip! Ini loh 4 Basic Skincare Bagi Pemula"